Reportase mak Elisa Koraag

KEB

Indonesia biasa memperingati Hari Ibu setiap tanggal 22 Desmber tetapi Mother day International diperingat setia tanggal 11 Mei. Latar belakang adanya Hari Ibu di Indonesia dan Mothers Day berbeda. Namun apapun yang melatar belakangi hingga ditetapkan suatu hari sebagai hari Ibu adalah penghargaan buat kaum ibu/perempuan/wanita.

Tabloid Nova yang punya slogan “Sahabat Wanita Inspirasi keluarga” menyelenggarakan kegiatan rutin Nova Inspiring Day pada bulan Mei dengan tema Tribute For Mom. Dengan dress code nuansa hijau, permandangan isi gedung Graha Jala Puspita, Jl. Gatot Subroto Kav 101, nampak cantik dan mempesona. Hampir semua pengunjung mengenakan busana bernuansa hijau sehingga terlihat menyejuk. Ada juga sih yang salah kostum lantaran tidak memperhartilkan detil undangan. Tidak apa, tahun lalu saya pun demikian. Ketika dress code oranges dan saya dengan percaya dirinya memasuki ruangan memakai baju casual, jeans biru dan blouse berbahan kaos dengan warna senada. Maka saat kemarin, kalau saya datang dengan busana serba hijau karena bertekad tidak mau salah kostum.

Saya, satu diantara beberapa Emak Blogger yang mewakili Komunitas KEB (Kumpulan Emak Blogger.) Kalau mendengar penjelasan pembawa acara saat menyampaikan ucapan terima kasih ada 24 komunitas yang diundang. Wuih keren yah. KEB satu diantaranya. Nah sudah pada jadi anggota belum. Segera daftar, syaratnya cuma perempuan dan mempunyai blog. Manffat gabung di komunitas sangat banyak. Setelah anda bergabung, silahkan rasakan manfaatnya.

Balik ke acara Nova Inspiring day. Sesuai nama acaranya, kegiatan kali ini masih tetap menampilkan ibu Rieny Hasan, psikholog yang punya rubrik tetap di Tabloid Nova. Sehingga tak heran, begitu banyak yang berebutan untuk bertanya. Kapan lagi bisa ngobrol langsung dengan ibu Rieny. Secara kalau konsultasi di tabloid Nova, dalam satu terbitan cuma satu atau dua surat yang di bahas. Berarti antrinya bakal lama banget.

Tema yang diangkat diskusi seputar tugas seorang ibu. Topiknya lebar sekali. Jadi pertanyaannya juga mulai dari Bagaimana menjaga komunitas pasangan agar tetap harmonis sampau bagaimana menghadapi anak yang di bully. Tadinya aku mau ikutan menjawab dengan mengusulkan gabung aja di KEB, silahkan Blog Walking. Pasti pertanyaan-pertanyaan itu terjawab semua. Siapa yang nggak tahu kalau blog-bloh anggota KEB berisi banyak ilmu?

Tribute for mom.

Tribute for mom.

Dari diskusi berlanjut ke demo memasak. Bersama Chef Yuda Bustara yang mempunyai program memasak di salah satu stasiun tv swasta. Menu yang di demokan, sederhana dan gampang menurut saya. Sayang nggak sempat icip-icip. Salah satuanya bisa buat sarapan pagi berupa campuran beberapa macam buah yang disiram yougurt plain dan madu. Simpel kan? Minuma segarnya juga ok. Buah kiwi Cuma dihancurkan kasar jadi bukan di haluskan. Campurkan dengan sari buah leci. Plus es batu. Cara menghancurkan buah kiwinya juga cuma di masukkan ke gelas blender tapi di kacau-kacau dengan garpu saja. Atau di tutup dan di kocok-kocok sebentar. Menurut Chef Yuda supaya sewaktu dinikmati si buah kiwi masih bisa di kunyah-kunyah.

Usai demo masak, bagi-bagi door prize. Kebayang deh serunya cari dor prize. Kejuatan yang bukan kejutan sebetulnya. Soalnya sama seperti yang lalu, door prizenya ada di kolong kursi. Tapi nggak beruntung, dari KEB nggak ada yang dapat.
Angel Pieters jebolan Idola Cilik mempersembahkan dua lagu. Dua-duanya bernuansa ibu. Salah satunya dari Melly Goeslaw: Bunda. Suasana sempat terhanyut dengan suara merdunya. Namun segera teralihkan dengan tampilnya kelompok paduan suara sekaligus bermain angklung. Tapi maaf saya tidak mendengar dari mana. Soalnya sound dan posisi saya nggak ok banget. Tampi lagu Kasih ibu, selalu menggelitik setiap telinga yang mendengar. Apalagi di nbawakan dengan iringan angklung yang langsung mereka mainkan.

Anak-anak bermain angklung.

Anak-anak bermain angklung.

Mengikuti kegiatan yang penuh inspirasi selalu menyenangkan. Pun bertemu kawan-kawan. Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Mengikuti kegiatan sekaligus bersilahturahmi. Wonderfull day.

Elisa Koraag