Artikel mak Istiana Sutanti

Sudah paham ya pastinya dengan kehadiran foto akan menambah postingan blog lebih menarik dan hidup. Nah, kalo kita gak punya stok foto buat postingan yang kita mau bikin gimana donk? Pasti googling, hehe.
Tapi terkadang kualitas gambarnya tidak sesuai harapan kita yaa. Nah biar lebih aman nyarinya di situs2 stok foto yang emang gratis atau punya lisensi creative commons aja. Selain banyak pilihan yang berkualitas bagus, hampir pasti foto-foto tersebut bisa digunakan secara cuma-cuma alias gratis. Creative commons itu artinya foto yang kita cari memang bebas untuk dipergunakan dan diedit sesuai kemauan kita.
Nah, ini beberapa situs pencariun stok foto yang bagus dan ciamik menurut saya.
Compfight
Pada dasarnya sih ini mengambil dari Flickr.com. Tapi, kita gak mesti jadi anggota kok untuk bebas mencari gambar yang creative commons. Foto-foto atau gambar yang ditampilkan juga bagus-bagus. Saya pakai ini untuk referensi tambahan gambar saat menulis di blog.
Tampilan depan juga sangat memudahkan dalam pencarian. Karena di tengah-tengah langsung disodorkan dengan kotak pencarian. Tinggal kita isi deh kotaknya lalu mencari yang creative commons. 😉

Clik to see the picture source.

Halaman depan Compfight. 

pic2

Pencarian dengan kata kunci “elephant”
Tinggal pilih deh gambar mana yang disuka. Jangan lupa tetap mencantumkan sumbernya ya!

Dreamstime
Kalo yang ini sih pernah diomongin panjang lebar di blognya mak Shintaries, hehe. Intinya kita mencari gambar yang gratis di antara stok2 gambar bagus yang berbayar. Tapi tenang, ada channel tersendiri kok untuk foto-foto yang gratis. Dan gak kalah bagusnya sama yang bayar

Walaupun tampilan halaman depannya juga simple, dan langsung mengajak kita untuk bisa langsung mencari gambar. Tapi untuk bisa mendownload dan menggunakan gambar yang diinginkan, kita harus login dulu. Jadi, kita harus terdaftar terlebih dahulu dalam dreamstime ini. Signup-nya free kok. 😉

pic3
Nah, untuk bisa mendownload gambar yang gratis, tinggal pilih deh tab “Free Images” di bagian menu. Nanti ada kotak pencarian lagi khusus gambar-gambar yang gratis.

Freeimages
Namanya freeimages yaa, jadi ya emang untuk mencari gambar2 yang gratis, hehe. Ini yang sering saya pakai untuk stok foto saat membuat dummy website untuk klien. Soalnya foto-fotonya banyak yang kualitasnya bagus. Ya dari segi tampilan, juga dari segi ukuran.

pic4
Freeimages ini juga mengharuskan penggunanya untuk login, sama seperti Dreamstime. Tapi lebih mudah pencariannya, karena pada dasarnya gambar yang ada adalah gambar-gambar yang tidak berbayar. Jadi, saat kita melakukan pencarian, langsung deh muncul gambar-gambar yang bisa kita pakai secara gratis.

Sekali lagi, jangan lupa mencantumkan image credits yaa 😉

Ketiga situs tampilan gambar itu selain menampilkan image yang gratis, hampir selalu di atas atau di bawah hasil pencarian, mereka menampilkan stok photo yang berbayar juga sebagai perbandingan. Siapa tau kita nanti lebih cinta sama yang berbayar gitu maksudnya, hehe.
Kalau ada yang mau menambahkan, silakan lho yaa. ^^