4 Hal yang Perlu Kita Pahami Lebih Dulu Sebelum Mulai Ngeblog

By Carolina Ratri on November 12, 2015

Akhir-akhir ini semakin banyak saja yang menjadikan blogging sebagai pekerjaan, profesi bahkan sebuah dream job ya? Hmmm, sebenarnya ngeblog ini benar-benar dream job nggak sih? Coba kita lihat, yuk, apa saja yang menjadikan orang bisa menganggap blogging ini sebagai dream job.

Kita bisa menjadi bos dari diri kita sendiri? Checked.
Kita bisa menyuarakan apa yang ada dalam pikiran kita? Checked.
Kita bisa menulis apa saja yang kita mau? Checked.
Bisa bekerja di mana saja, kapan saja, tak terbatas ruang dan waktu? Checked.
Dapat uang? Dapat handphone? Dapat merchandise? Dapat produk dari brand-brand terkenal? Checked.

Uwow! Kelihatannya sih gampang banget yah. Seenggaknya, kalau lihat semua yang checked di atas, nggak salah dong orang lantas menganggap ngeblog itu sangat menjanjikan sebagai pekerjaan. Tinggal nulis, publish, lalu simsalabim! Dapat tawaran job review, dapat uang, dapat gadget terbaru, dapat jalan-jalan gratis.

Jadi benarkah, dengan menjadi blogger kita akan gampang mendapatkan pemasukan? Benarkah ngeblog itu gampang?

Hmmm, the reality is, however, somewhat agak sedikit berbeda. Ada setidaknya 4 hal ini yang membuat ngeblog itu bukanlah pekerjaan yang ringan. Para blogger ini bahkan sampai berdarah-darah, sampai mata jadi mata panda, yang tadinya nggak ngopi jadi ketagihan kopi dan lain sebagainya.

Heuuu, lebay, Mak! Biarin! Hahaha.

1. Ada banyak hal-hal teknis yang harus dikuasai

Seperti, bagaimana memilih template yang tak hanya disuka oleh si pemilik blog, tapi juga nyaman di mata pembaca, bagaimana menaruh banner, bagaimana meng-insert foto dengan pas. Lalu bagaimana caranya memotret hal-hal yang mendukung tulisan dan menghasilkan foto-foto yang informatif dan enak dilihat, juga ringan loading-nya. Belum lagi yang sekarang lagi trend, membuat infografis.

Seorang blogger harus tahu ilmu fotografi, tahu ilmu desain grafis, tahu coding (meski sedikit sekali), dan juga tentunya, tahu bagaimana menulis dengan baik.

2. Money won’t come quickly and easily

Uang nggak datang begitu saja kepada para blogger. Begitu juga dengan semua gadget, semua perjalanan gratis, semua merchandise yang diterimanya. Apalagi untuk yang baru mulai ngeblog hari ini, nggak mungkin banget besok sudah ditawarin job review, atau sudah dikirimin Western Union dari Google, misalnya.

Semua itu tergantung pada kemampuan blogger sebagai seorang content creator, topik yang dipilih, kemampuan masing-masing blogger untuk menarik pembaca dan audiens, juga berbanding lurus dengan waktu dan tenaga yang kita habiskan untuk membangun ‘brand’ sebuah blog.

3. Ngeblog itu Menghabiskan Waktu

Coba deh, tanyakan pada blogger yang langganan juara lomba ngeblog. Berapa lamakah mereka memikirkan konsep tulisannya? Berapa lama mereka memotret foto-foto yang mendukung tulisannya? Berapa lama mereka harus riset data ini dan itu untuk membuat tulisannya lebih berisi?

Meski kebanyakan menjadi deadliners *eheum*, tapi bukan berarti sebuah tulisan yang bagus bisa dikerjakan hanya dalam waktu setengah jam. Belum lagi, saat mereka harus share tulisan-tulisan mereka di media sosial, harus blogwalking, harus ini itu. Ugh. Belum lagi para emak blogger nih. Lagi nulis, tiba-tiba si bocah rewel, atau harus urus suami dulu. Tahu-tahu deadline lomba lewat. Aaakk!

4. You really have to be passionate about it

Ngeblog memang kelihatannya ringan. Kita hanya perlu menulis sret sret sret, dan jadi. Lalu publish. Tapi apakah pernah terpikirkan bagaimana para blogger ini menggali ide tulisan, membuatnya menjadi postingan yang layak disajikan, layak dinilai (untuk yang ikutan lomba), dan juga kemudian layak menjadi patokan ilmu dan informasi bagi para netizen?

Sebelum memikirkan “mendapatkan uang” dari blog, coba tanyakan dulu ke diri sendiri. Mau nggak tetep ngeblog, meski nggak dapat uang? Karena ya itu tadi, uang nggak serta merta turun dari langit. Blogging bukan kerja kantoran, yang rutin tiap bulan ada gaji. Kalau lagi sepi ya sepiii sampai waktu yang lama. Kalau lagi banyak job, ya berdatanganlah itu rezeki.

Nah, kalau lagi sepi? Mau tetep nulis nggak? Karena kalau sepi terus males nulis, ya gimana mau ada rezeki datang? Gimana orang bisa lihat kita blogger yang aktif nulis, kalau update blog saja tiga bulan yang lalu? Jangan-jangan nanti kalau ditawarin job, ngerjainnya tiga bulan lagi. Nah loh. 😛

 

Blogger memang menjadi boss bagi diri mereka sendiri, tapi boss yang keras. Boss yang disiplin, boss yang demand pekerjaan yang berkualitas. Itu kalau mau menjadikan blogpost-nya berharga, hingga kemudian bisa menjadi dream job. Menjadikan blogging sebagai ‘job’ tentunya membutuhkan kerja keras dalam waktu bertahun-tahun, tidak bisa hanya dalam semalam.

Yah, sebaiknya sih ketimbang memikirkan blogging sebagai ‘dream job’ kenapa nggak memikirkannya sebagai ‘seni bersosialisasi’? The art of blogging, buat saya pribadi adalah dapat teman baru, dapat ilmu baru, dapat kesempatan mengembangkan diri yang lebih luas :). Nikmati prosesnya, jangan hanya melihat hasil. Dan kita akan tahu, sampai sejauh mana kita bisa meraih sukses. Bener nggak sih? *macak motivator*

Jadi, apakah ngeblog itu gampang? 🙂 *kedip-kedip* []

Comments (55)

November 12, 2015

Setuju sama semua poin – poinnya :3
emang dream job yang satu ini sering dibilang untung – untungan 😀


November 12, 2015

Blogging with heart, friends will follow 😉 sedikit modif dari jargon yg pernah kudapat dari Mak Injul nih mak.
Setuju sekali dengan artikel Mak Carra ini.


November 12, 2015

Ahay. Modif yang keren, Mbak Uniek 😀
Makasih ya…


November 12, 2015

Setuju banget, ngeblog menghabiskan waktu. Nyari idenya aja bisa seharian lebih, belum lagi nulisnya, belum lagi bikin grafik atau fotonya…Ujung2nya cuma jadi satu postingan tapi waktunya berhari-hari hehehe…


November 12, 2015

Ngos-ngosan untuk sebuah artikel ya, Mak 😀


November 12, 2015

artikel yg mencerahkan, Mak 🙂


November 12, 2015

Terima kasih ~


November 12, 2015

Saya ngerasa megap2 waktu ngeblog

tp enjoy krn bs ketemu byk org lewat tulisannya


November 12, 2015

Masih seujung kuku nih usahaku buat blogging to the max


November 12, 2015

Iya mak. Nulis untuk post biasa aja yg non lomba non segala bisa berhari2. Gak hny nyari kalimat yg pas tapi juga takut ada opini yg salah or yg bisa bikin orang baper.
Tp yg penting tetep jadi blogger happy ya mak. Kalo udh happy dapet gak dapet duit dr ngeblog jg tetep happy *sok iyess deh gue* 😀


November 12, 2015

Huwaaahhhh ternyata ngeblog itu ga gampang dan ngeblog belakangan ini memaksa saya untuk lebih sabar dan lebih banyak belajar lagi.


November 12, 2015

waktu pertama kali ngeblog, malah ngga tau kalau ahirnya ngblog bisa ‘menghasilkan’ juga.. Dulu tahunya ngeblog ya, cuma curhat-curhat aja, nulis ya nulis aja. Makanya kadang masih suka kaya gak percaya, kalau akhirnya beberapa kali sempat ngerasain dpt job dr blog, hihi.


November 12, 2015

Noted!!!makasih mak sharingnya..


November 12, 2015

No 3 aku banget, mau buat satu postingan aja sampe berhari-hari. Lha gmn tiap liat aku pegang tablet, diminta sama anak. Kalau malem sukanya ketiduran .. Jadi ya gitu deh hehe


November 12, 2015

Bener banget Mak Carra.. prosesnya lamaaa dan butuh ketekunan… 🙂


November 12, 2015

akhirnya ada yang menulis mengenai ini,, terima kasih ya mbak 🙂


November 12, 2015

Jadi boss yang disiplin bagi diri sendiri itu tantangannya emang luar biasa. #nunjukbayangancermin


November 12, 2015

Harus sabar dan fokus 😀


November 12, 2015

Bener banget ternyata nulis buat blog pun butuh pejuangan. Saya kadang nulis bisa berhari-hari ngendon di draft aja…nggak jadi-jadi. Kadang diselingi juga dengan nulis yang lain (selain di blog). Kalo soal infografis dan apalah…apalah itu saya nggak mudeng blas, tapi ada beberapa yang pernah saya coba bikin dg kemampuan saya yang seujung kuku ireng ini…hehe
makasih ilmunya mak Carra… 😉


November 12, 2015

Saya awal ngeblog cuma iseng buat curcol aja, dan ngebangun tulisan artikel blog seperti mengubah mindset pikiran jg, bahwa blog bukan sekedar curcol.


November 12, 2015

Membangun blog itu sangat mudah. Yang agak sukar adalah konsistensi dalam mengisi artikel blognya. Pengalaman menunjukkan bahwa cukup banyak blogger begitu menggebu-gebu membangun blog dan mengisi artikelnya sampai beberapa bulan. Setelah itu tak ada kabar beritanya lagi. Blognya terbengkalai, artikelnya tak terupdate dengan baik.
Salah satu faktor penyebabnya adalah dia menulis artikel yang kurang disukai dan juga kurang dikuasai.

Blogger sebaiknya seperti pelari marathon. Langkahnya ajeg sampai ke finish.
Salam hangat dari Surabaya


November 13, 2015

Setuju banget sama tulisan ini. Dan kudu semakin sering asah kemampuan nih. Ngga bisa selalu andalkan, “ah, jadi blogger enak kok, bisa datang ke sini gratis.”


November 13, 2015

Sukses emang ibarat gunung es, orang cuma lihat atas-atasnya yang enak aja, padahal di bawahnya ada effort sampe berdarah-darah hahahahaha…..

Nice share, mak 🙂


November 13, 2015

alhamdulillah,
dengan ngeblog saya banyak dapat teman, ilmu dan … rejeki


November 13, 2015

Noted,,semua emang bener. Tidak semua yang didapatkan itu dengan kedipan mata ya. Emang butuh untuk BW sana-sini buat cari referensi. Apalagi kalau blognya sering-sering lumutan (macam saya) tapi ini jadi pecut buat saya,, makasih mak.. keren. The Art of Blogging, punya banyak teman maya loveit


November 13, 2015

Benul banget, nulis butuh tenang, terus yang lama riset sana sini, ngedit foto sana sini ulalal masih bilang blogger ngak keren, blogger tuh buang2 waktu ada yang bilang gitu, rasane kudu tak pites… tapi pas dapet hadiah dari ngeblog mereka IRI nya minta ampun mak, orang kantor terutama plus si bos ekye iri nya minta ampun, nyiniyir banget jadi bos #malahcurhat 😀


November 13, 2015

dengan ngeblog juga jadi menemukan potensi terpendam. but, yes, utk make money butuh kerja keras. *sinsingkan lengan baju*


November 13, 2015

Kalau saya, jika ada yang komentar “waaah, asik ya dapat barang gratisan!” atau “traktir dong, kan kemarin habis menang lomba…” paling saya jawab dengan senyum aja.

Because really, they don’t deserve our energy, untuk dikasih tau bahwa blogging itu ga semudah itu. Mending tenaganya buat mikirin ide postingan berikutnya. 🙂


November 13, 2015

enggak enak mbak….tapi nikmat bangeeettt hehe…. saya kapok ngeblog mbak… mending nyuci di kali ajah dah hahaha pizz….. DL Dl DL….. lanjutt Dl hehe pizzzzz


November 14, 2015

sepakat! ngeblog itu tidaklah mudah, kecuali hanya sekadar punya untuk ditinggalkan begitu saja. tapi untuk apa, yakan? sama seperti orang yang pengin punya pacar, habis jadian gak pernah ketemu lagi bahkan gak berkomunikasi baik lagi. untuk apa?

saya lebih dari enam tahun merawat blog: tidak hanya waktu, tenaga, dan pikiran, tetapi juga biaya, setelah itu baru bisa dibilang ‘enak’.


November 16, 2015

Ihhh… setuju pakai banget. Saya ngeblog sejak 2005. Mulai konsisten di 2010. Tahun 2014 mulai berdatangan itu job dan sebagainya akhirnya lumayan buat nambah-nambah uang dapur isteri 😀
Ngga ada yang Instan, semuanya butuh proses


November 16, 2015

Saya sepakat kalo duit itu gak datang secepat kilat. Semua buth proses dan gak bisa instan. Yang penting konsisten. 🙂
Salam hangat dari Bondowoso.


November 20, 2015

kalau lagi ngak mood ngeblog biasanya saya blogwalking aja sambil nyari ide nulis, kalau nggak mood blogwalking biasanya saya share2 postingan aja, kalau males semuanya biasanya saya tidur ajaaaah,,,, sambil mimipi ngeblog *lol*


November 21, 2015

Konsisten, sulit saya jalankan. Saya berusaha memecahkan rintangannya.


November 24, 2015

Saya punya 6 buah blog yang mesti diisi sesuai dengan temanya, kalau nggak diisi serasa berhutang aja, tapi ini salah satu strategi untuk membiasakan menulis..yg dipaksakan..he.he..


November 25, 2015

yap, betul sekali. ngeblog itu menghabiskan waktu. Terkadang lama juga buat mikirin themes mana yang enak buat dipake pas pertama ngeblog. Selebihnya, kesulitan ada di konsistensi dan mencari inspirasi


November 29, 2015

Ada hal yang paling PENTING sebelum kita menjadi seorang Blogger, bagi saya pribadi setiap artikel yang kita buat selalu dinanti2kan oleh para pengunjung yang benar2 membutuhkan informasi dari blog kita itu menjadi sebuah kepuasan, kebahagian tersendiri. Beda dengan mental seorang blogger yang dari awal membuat blog sudah membayangkan earning terlebih dahulu. Percayalah saat blog itu down atau tidak sesuai yang diharapkan, ownernya bakal stress berat. Beda dengan seorang blogger sejati , cepat atau lambat dia pasti sukses. Itu pendapat saya, pendapat kamu Bagaimana?


December 1, 2015

jadi inget tujuan awal ngeblog buat curhat, hehe. sekarang akhirnya balik lagi ke curhat aja biar nyaman. yang penting konsisten ngeblog ya, mak. nanti akan menghasilkan, insya Allah 🙂


December 19, 2015

yap setuju banget!


December 21, 2015

Yups..keren sekali infonya. Thanks emak


December 22, 2015

Bener banget …

Ngeblog memang menghabiskan waktu … Hehehehehe
Namun saya sendiri awal bikin blog ya hanya untuk iseng-iseng aja ibarat diary online . Heheheheheh
Bahkan gak terlintas sama sekali mencari uang via blog. ya basicnya sih gak paham alias gak bisa heheheh


December 25, 2015

Bermanfaat sekali untuk oemula seperti saya .. terimakasih mbak, salam kenal ya 🙂


January 13, 2016

waaahhh seru seru seruuu… ngeblog emang asyiiik. dpt ilmu, dpt teman baru, dapt dunia baru. semoga rejeki baru jg menyusul.
konten tulisannya inspiratif bingiitss


January 23, 2016

baca tulian ini jadi semangat lagi ngeblog, mudah-mudahan bisa konsisten ya


January 24, 2016

Susah2 gampang ya mak. Benar, baiknya nikmati prosesnya dulu. Hasil menyusul 😉


February 2, 2016

Siap, harus menikmati dulu ya mba. 😀 makasih sharingnya mba, sangat bermanfaat.


March 2, 2016

Min infonya ngebolg untuk menghasilkan uang gmn ya?


June 17, 2016

Mantap MakCar…

Memang gak gampang dapat uangnya. Kalau baru mulai mending lupakan dulu yang dapetin uangnya. Nanti aja kalau dah stabil dan konsisten.


October 26, 2016

Paling setuju yang ke-3. NGeblog ngabisin waktu. Jadi, kalo nggak kuat. Ya jangan jadi blogger. hehehehe.

Tapi, menghabiskan waktunya positif.. Makanya jadi seru-seru aja ngeblognya. 🙂


March 23, 2017

Poin ketiga tuh paling seppp, di depan PC kayak baru sebentar tahu” udah adzan aja hehehe


July 3, 2017

Bener bngt mak admin,,, lebih enakny ngeblog dengan hati,,, jadi bawaannya enjoy untuk nulis,,, walaupun sekali2 butuh ikut Lomba biar merasakan sensasi nulis


July 3, 2017

Butuh Passion Menulis di blog, supaya cantik dan enak dibaca. Nge-blog butuh rasa dan perasaan yaa Mak Cara


July 6, 2017

Makasih mba buat artikelnya, memotivasi buat makin baik lagi ngisi blog sendiri


July 15, 2017

Bener banget, mb. Buat saya yang baru 2 bulan ngeblog ini…. Aduuuh. Kirain ngeblog itu cuman nulis doang .
Eh ternyata banyak banget ilmu yang harus kupelajari. Apalagi yang bersifat teknis. Alamak,
masih kebingungan. Satu lagi, ngeblog itu ternyata mencari kawan

Salam kenal dari newbie Medan, mb


March 20, 2019

Pas banget sama yg saya rasain Mak. Ngeblog itu perlu paham banyak hal teknis dan udah pasti ngabisin waktu. Kalau masalah penghasilan sih tergantung rejeki masing2 orang ya. Jadi asyiknya ngeblog itu karena ada kesempatan mengembangkan diri, nambah teman dan nambah ilmu. Salam kenal dari depok.


    Leave your comment :

  • Name:
  • Email:
  • URL:
  • Comment: