Ponsel saya bermasalah lagi. Setelah beberapa bulan yang lalu, harus mengganti LCD-nya yang rusak karena terlalu sering jatuh, kali ini lagi-lagi LCD baru ini kena penyakit. Pada layarnya muncul garis-garis horisontal jika ponsel terlalu lama saya gunakan. Ini cukup menganggu aktivitas saya dalam berkomunikasi dan bermedia sosial. Pertimbangan ganti ponsel pun menghampiri pikiran.

Setelah saya tanyakan pada teknisi yang mengganti LCD tersebut, hal ini disebabkan oleh ponsel yang terlalu panas. Lalu saya tanya lagi apakah bisa diperbaiki masalah LCD ini. Ternyata jawabannya tidak. Saya harus ganti LCD lagi.

Padahal, harga LCD juga tidak bisa terbilang murah. Ironisnya, sehari sebelumnya, saya baru membeli baterai baru untuk si ponsel. Banyaknya masalah yang dihadapi ponsel saya ini, apakah ini artinya sudah waktunya bagi saya untuk berganti ponsel?

Sependek pemahaman saya, setidaknya ada 3 alasan yang menjadi pertimbangan ganti ponsel. Pertama, karena si ponsel sudah habis umur alias rusak. Kedua karena mengikuti trend. Ketiga, karena ponsel yang ada sudah tidak bisa memenuhi kebutuhan si pemakai.

Saya bisa dibilang termasuk tipe pertama dan ketiga, yang mengganti ponsel karena si ponsel sudah rusak atau tidak kompatible lagi untuk digunakan. Entah itu dari OS-nya, RAM ponselnya, jangkauan sinyalnya, hingga yang paling krusial memori ponsel yang sudah tidak bisa menampung banyaknya aplikasi yang dipasang di ponsel.

Menyebalkannya, aplikasi ini juga selalu minta pembaruan setiap beberapa waktu sekali. Semakin diperbarui, semakin berkuranglah memori si ponsel. Bahkan saat ponsel sudah di-root pun tetap saja dia teriak kehabisan ruang. Pada akhirnya mau tak mau saya pun harus berganti ponsel.

Nah dalam urusan mencari pengganti ponsel ini tentunya ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Kalau untuk saya, beberapa hal yang sebaiknya dilakukan sebelum mengganti ponsel antara lain

  1. Tentukan jenis ponsel yang diinginkan, kalau bisa pilih yang lebih baik dari yang sebelumnya

Hal pertama, kita harus tahu ingin memiliki ponsel seperti apa? Bagi blogger seperti saya, selain memiliki kualitas kamera yang bagus, kapasitas memori juga menjadi pertimbangan dalam memilih ponsel. Seperti yang saya tulis di atas, semakin hari semakin banyak saja aplikasi baru bermunculan yang tentunya memerlukan banyak ruang di ponsel kita. Tambahan lainnya, kalau bisa ponsel baru ini spesifikasinya di atas ponsel yang akan dipensiunkan.

  1. Lakukan perbandingan harga dan merk ponsel

Dulu, saat akan membeli sebuah ponsel, saya menyempatkan diri membeli sebuah tabloid yang khusus membahas tentang dunia ponsel. Dari sinilah, saya menentukan akan membeli ponsel yang mana. Seperti yang kita tahu, saat ini banyak sekali merk ponsel keluaran terbaru. Review dari ponsel terbaru pun tak sulit ditemukan di dunia maya. Tentunya kita harus memilih review dari mereka yang benar-benar mengerti gadget jadi review yang diberikan lebih profesional. Bagusnya lagi kalau kita sudah tahu/suka dengan satu merk. Tentunya akan lebih memudahkan dalam menentukan

  1. Pertimbangkan umur pemakaian ponsel

Umur pemakaian ponsel juga bisa menjadi pertimbangan sebelum mengganti ponsel baru. Jika kita adalah tipe yang tidak suka berganti-ganti ponsel dan tidak peduli dengan trend terbaru, mungkin bisa membeli ponsel mahal namun tahan lama. Namun jika kita adalah tipe yang gampang berganti ponsel karena trend terbaru, mungkin bisa memilih ponsel dengan harga menengah dengan pertimbangan usia pemakaian 1-2 tahun saja.

  1. Sesuaikan dengan isi dompet, sebisa mungkin tidak berhutang

Terakhir, dan yang merupakan penentu dari keputusan adalah sesuaikan dengan isi dompet dan kalau bisa jangan berhutang.  Kita harus realistis dalam menentukan pilihan. Misal, saya cuma punya uang 3-4 juta dan ingin memiliki ponsel Iphone, maka saya harus rela membeli yang bekas pakai. Kalau tidak ingin yang bekas, saya akan membeli ponsel kelas menengah namun dengan spesifikasi sesuai yang saya inginkan.

Itulah beberapa pertimbangan yang saya lakukan sebelum mengganti ponsel. Setiap orang tentu memiliki kriterianya masing-masing dalam memilih ponsel baru. Kalau menurut emak sekalian ada tambahan lagi nggak ya?

***

Pertimbangan Ganti Ponsel merupakan post trigger #KEBloggingCollab dari kelompok Mira Lesmana yang ditulis oleh Antung Apriana.

Antung Apriana, Blogger Banjarmasin yang juga ibu dari seorang putri. Blognya bisa dikunjungi di www.ayanapunya.com