Akhir pekan selalu menyenangkan dan ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Terutama bagi yang sehari-hari banyak menghabiskan waktu untuk beraktivitas di luar rumah baik seperti bekerja di kantor, kuliah atau berkegiatan typical  ibu rumah tangga jaman sekarang yaitu bolak balik antar jemput anak ke sekolah, bayar tagihan, ke pasar dan segudang kegiatan lainnya. Akhir pekan dengan liburan impian seperti oase di tengah padang yang gersang, yang bisa menyegarkan jiwa kita dari kepenatan dan rasa bosan dengan aktivitas sehari-hari.

Kenapa kita butuh liburan?

Untuk kalian yang kesehariannya melakukan kegiatan yang bersifat rutin dan itu-itu saja, pastinya akan membuat kita merasa cepat bosan dan lelah. Bekerja di kantor atau beraktivitas sebagai Ibu Rumah Tangga menuntut kita untuk jadi wanita yang bisa menyelesaikan banyak pekerjaan dalam waktu singkat dan padat. Demi keluarga tercinta kadang rasa jenuh dan lelah sering kita abaikan, padahal hal tersebut bisa menuntun kita pada kondisi yang lebih parah yaitu bisa menyebabkan stress.

Menurut banyak penelitian, liburan bisa memberikan banyak manfaat baik bagi hidup kita, salah satunya adalah sebagai obat stress.  Selain itu, juga bisa meningkatkan produktivitas dalam hidup dan dalam pekerjaan yang kita lakoni sehari-hari. Liburan juga katanya bisa meningkatkan kualitas tidur kita lho, hayoo siapa yang tidurnya nggak nyenyak??  Mungkin kalian butuh piknik.

Bahkan menurut artikel yang pernah diterbitkan di The New York Times yang berjudul “ Take a Vacation, for Your Healt’s Sake “, disebutkan bahwa perempuan yang hanya melakukan liburan sekali dalam 6 tahun atau lebih berpotensi 8 kali lebih besar untuk terkena penyakit jantung koroner dan serangan jantung dibandingkan dengan perempuan yang melakukan liburan setidaknya setahun 2 kali. Haduh serem ya Mak.

Nah mumpung lagi weekend yuk kita ngomongin liburan yang seru dan menyenangkan. Ayo Mak kita tinggalkan dulu sejenak cucian yang menumpuk dan setrikaan yang menggunung. Sekarang saatnya kita merencanaan liburan impian menurut versi kalian, para wanita setrong kesayangan keluarga.

Liburan di Dalam Kota 

Liburan atau piknik bisa bertujuan kemana saja, baik ke tempat wisata di dalam kota maupun pergi sedikit menjauh ke luar kota. Ke mana pun tujuan liburan kita nanti, intinya adalah kita berusaha untuk rehat sejenak dari rutinitas sehari-hari. Berusaha menikmati waktu dengan melakukan kegiatan yang berbeda dari biasanya. Liburan di dalam kota atau ke luar kota? Masing-masing memiliki kelebihannya sendiri-sendiri.

Liburan Impian

Pantai Akkarena Makassar

Buat kalian yang punya anak balita atau yang sedang mencari liburan low budget, liburan di dalam kota bisa menjadi pilihan yang pas.

Saat masih tinggal di Tangerang Selatan, liburan dalam kota yang jadi andalan adalah pergi ke Ocean Park di BSD,. Saya dan suami bisa menghabiskan waktu seharian bermain seluncuran air raksasa atau sekedar berenang santai menggerakkan otot yang kaku setelah seminggu bekerja.

Sekarang setelah kami pindah ke kota Makassar, wisata dalam kota yang paling sering saya lakukan adalah berburu sunset di Pantai Losari atau Akkarena.

Duduk-duduk santai pinggir pantai sambil menikmati secangkir kopi dan pisang epe saat sunset merupakan pilihan kegiatan yang murah lagi menyenangkan. Memandangi matahari terbenam secara tidak langsung menawarkan sebuah sensasi rasa tersendiri yang sulit digambarkan oleh kata-kata tapi sungguh indah merasuk kedalam jiwa. Melihat sunset bisa membuat mata relax dan hati tenang karena mensyukuri betapa indahnya nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.

Ada beberapa pilihan tempat berwisata di dalam kota, salah satunya adalah dengan pergi ke museum bersama anak-anak, wiskul (wisata kuliner), pergi ke alun-alun kota dan masih banyak lagi.

Buat saya liburan di dalam kota rasanya kurang nendang ya, mungkin karena jarak yang ditempuh terbilang cukup dekat jadi hawa liburannya kurang terasa. Walaupun begitu, liburan dalam kota punya banyak kelebihannya seperti: kalian nggak perlu repot packing, nggak perlu geret-geret koper. Lebih irit pastinya, tidak menguras energi berlebih karena setelah piknik bisa langsung ke rumah untuk bobo cantik dan nggak perlu ngabisin uang buat tidur hotel..

Liburan Impian, Liburan ke Luar Kota

Untuk saya pribadi, liburan impian yang ingin saya lakukan adalah liburan ke luar kota yang agak jauh dari rumah. Liburan yang dilakukan selama beberapa hari. Dengan begitu liburan akan lebih terasa dan berkesan, selain itu kita juga bisa melihat banyak hal baru seperti tempat wisata, kebudayaan dan kuliner yang berbeda dari tempat kita berasal.

Liburan ke luar kota memang membutuhkan budget liburan lebih besar dan persiapan yang lebih ribet. Ketika memilih hal ini ada banyak hal yang juga harus kita lakukan sebagai persiapan liburan, seperti memesan tiket transportasi, hotel, pengajuan cuti, packing outfit liburan yang kece dan hal lain-lainnya. Jangan lupa juga untuk menyiapkan stamina dengan baik, agar perjalanan bisa lakukan dengan nyaman dan menyenangkan. Jangan sampai udah bayar mahal-mahal, eh pas waktu liburan datang malah sakit, amsiongg deh.

Liburan Impian

Pemandangan sebelum Matahari terbit di Lolai – Toraja Utara

Baca juga : Lolai Sebuah Negri di Atas Awan

Di Sulawesi Selatan, terdapat banyak objek wisata luar kota yang bisa didatangi, mulai dari wisata pantai, pegunungan, peninggalan purbakala, dan wisata yang menyuguhkan kekayaan budaya bangsa. Seperti contohnya liburan impian saya ini, yaitu pergi ke Tana Toraja dan Toraja Utara, yang merupakan salah satu kabupaten di Sulsel yang memiliki tempat wisata yang unik dan eksotis. Bapak Sahrul Yasin Limpo Gubernur Sulawesi Selatan bahkan sampai mengatakan, “ Jangan mati dulu, sebelum ke Toraja..” sebagai ungkapan tentang betapa indahnya Toraja di mata beliau.

Saya bersyukur beberapa waktu lalu bisa menginjakan kaki di Toraja dan melakukan liburan singkat.  Perjalanan ke Toraja dari kota Makassar memakan waktu sekitar 8-9 jam, dengan menggunakan transportasi darat seperti mobil atau bis malam. Untuk menghemat waktu kita bisa berangkat menggunakan bis malam di hari Jumat, dengan begitu kita mempunyai waktu liburan sekitar 2 hari yaitu hari Sabtu dan Minggu. Dan melakukan perjalanan pulang kembali pada hari Minggunya.

Cape sih karena harus bisa memaksimalkan istirahat di dalam bis, eitss tapi jangan khawatir bis eksekutif tujuan Toraja nyaman semua lho. Dengan membayar Rp. 250.000-300.000 per sekali perjalanan kalian bisa menikmati perjalanan malam yang nyaman sambil bobo cantik di kursi recliner empuk yang ada di bis.  Untuk kalian yang nggak suka lama-lama berada dalam bis atau mobil, kalian bisa memilih naik pesawat komersial berjenis Fokker 50, yang ditempuh hanya 45 menit lamanya, tiketnya 2 kali lebih mahal dari tiket bis.

Liburan Impian

Wisata Lemo – Tana Toraja

Beberapa objek wisata  yang wajib kalian datangi ketika ke sana adalah Desa Kete Kesu, Wisata Londa, Lemo, Lolai, Batutumonga, air terjun tujuh tingkat dan masih banyak lagi. Beberapa objek wisata yang ada di sana pun letaknya cukup berdekatan. Seperti dari Lolai, Lemo ke Londa kemudian ke Kete Kesu semua bisa lakukan dalam satu hari.

Hampir semua objek wisata yang ada di Toraja menyuguhkan keindahan alam yang dimiliki oleh tempat yang berada di antara pegunungan ini. Para penduduk di sini menganut Aluk Todolo sebagai aturan hidup yang mengatur tata cara hidup dan kepercayaan. Karena itu di Toraja terdapat banyak sekali objek wisata religi yang unik, menarik dan berbeda dengan daerah lainnya yang ada di Indonesia.

Liburan Impian

Desa Kete Kesu – Tana Toraja

Liburan ke Toraja merupakan salah satu pengalaman yang sulit untuk saya lupakan. Di tempat ini, saya banyak melihat keindahan bumi Indonesia yang masih sangat asri dan otentik. Di sini, saya bertemu dengan masyarakat yang memiliki kepercayaan, cara hidup dan kebudayaan yang berbeda dengan saya, hal tersebut langsung mengingatkan saya bahwa inilah Indonesia yang sesunguhnya. Perbedaan inilah yang membuat kita menjadi Bangsa yang besar dan kaya.

Ini cerita liburan impian saya, perjalanan jauh dan panjang tapi meninggalkan kesan mendalam. Seperti apakah liburan impian kalian? Pilih liburan di dalam kota atau pergi jauh ke luar kota?

***

Liburan Impian, Liburan di Dalam atau ke Luar Kota ? merupakan tulisan post trigger untuk #KEBloggingCollab kelompok Najwa Shihab.

Ditulis oleh Awie, seorang blogger dan crafter tyang saat ini menetap di kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Blog yang dikelola oleh awie : http://www.fillyawie.com