Menjadi seorang blogger merupakan profesi yang sedang hive, akhir-akhir ini. Hal ini beriringan dengan perkembangan internet, mulai banyak yang melek dengan profesi satu ini. Profesi ini terbilang mudah dengan modal yang ringan. Dan nggak heran, banyak perempuan yang memilih menjalani profesi atau karier blogger sebagai usaha sampingan atau pekerjaan paruh waktu/freelance.

Sebenarnya apa saja sih manfaat yang akan dirasakan oleh perempuan ketika memilih untuk ngeblog? Yuk disimak listnya di bawah ini:

  1. Sarana Curhat

Perempuan itu terkenal sebagai makhluk yang suka “curhat”. Nggak percaya? Tengok saja timeline Facebooknya, pasti penuh dengan gundah gulana dan keluh kesah. Nah, daripada dipendam sendiri atau ditumpahin unek-uneknya di media sosial, mending dijadikan ide nulis untuk blog. Jangankan dunia, untuk wilayah lingkup Indonesia saja, pasti banyak perempuan yang mungkin juga memiliki masalah yang sama.

Dengan curhat di blog, perempuan punya sarana untuk membuang semua masalahnya. Asal jangan nulis kalimat yang nggak pantas, curhat di blog baik untuk kesehatan jiwa. Dan percaya atau tidak? Setelah kita menumpahkan semua isi hati kedalam tulisan, perasaan kita akan jauh lebih plong.

  1. Sarana Berbagi

Punya pengalaman menarik atau tips-tips kece? Sharing aja lewat ngeblog. Dengan kita berbagi itu akan menolong banyak orang. Menurut Molzania, setiap pengalaman itu unik. Bahkan dari satu peristiwa yang sama pun, hal-hal yang dialami oleh setiap orang berbeda-beda. Selain jadi poin plus-plus, pengalaman kita mungkin bisa menjadi inspirasi pembaca blog kita.

Tidak setiap orang memiliki pengalaman yang sama. Maka dengan membaca blog, pembaca akan memperkaya pengetahuan mereka. Molzania sendiri doyan membaca blog-blog travelling baik. Pengin banget keluar negeri, tapi belum kesampaian? Ya, baca blog dulu saja.

  1. Sarana Menambah Pengetahuan

Seorang blogger yang baik tentu saja tidak akan asal-asalan dalam mengolah konten blognya. Pembaca tentu saja ingin memperkaya pengetahuan mereka setelah membaca artikel kita. Seorang blogger dituntut untuk selalu menambah pengetahuan mereka terkait dunia blog. Misalnya saja bagaimana menyajikan konten blog yang enak dibaca, optimasi teknik SEO, referensi bacaan untuk mengolah konten, dan sebagainya.

Semua itu secara tidak langsung juga menjadi tambahan pengetahuan bagi blogger. Pengetahuan semacam ini akan berharga mahal karena didapatkan dari pengalaman dan percobaan berkali-kali.

  1. Sarana Silaturahmi

Setelah eksis nulis di blog, tak ada salahnya kita mulai jalan-jalan di blog orang lain. Istilahnya dalam dunia ngeblog itu blogwalking. Selain untuk memperkenalkan blog kita, dengan blogwalking juga menambah pertemanan. Jangan sungkan untuk ikut komunitas-komunitas blog yang bertebaran di dunia maya. Baik di Indonesia maupun luar negeri.

Komunitas-komunitas blogger perempuan ini sering banget mengadakan event bahkan kopdar dengan sesama anggotanya. Bila kebetulan satu kota, boleh banget kita ikutan hadir. Tak hanya silaturahmi, terkadang komunitas ini juga mengadakan seminar ngeblog yang bermanfaat untuk mengembangkan karier blogger kita. Siapa tahu dengan rutin mengikuti kegiatan blogger ini, kita jadi punya banyak relasi penting yang tentunya bermanfaat untuk bahasan selanjutnya.

  1. Sarana Menambah Pundi-Pundi Uang

Ini dia asyiknya ngeblog. Dengan ngeblog, kita bisa mendapatkan uang juga. Cara yang paling populer adalah lewat advertisement dan konten blog. Sebagaimana halnya koran, blog kita pun bisa dipasangi iklan. Ada banyak jaringan iklan yang bisa dipilih. Paling populer tentu saja Google Adsense.

Tau istilahnya paid review? Dengan cara itu, postingan blog kita tentang suatu produk bisa dibayar dengan uang. Besarannya tergantung kepopuleran blog kita tentu saja. Semakin populer blog kita, maka bayarannya semakin besar. Paid review seorang blogger professional bisa mencapai jutaan rupiah. Itu baru konten berbahasa Indonesia saja ya? Bayaran itu akan meningkat hingga berkali lipat bila konten yang kita buat berbahasa Inggris.

Seperti itu manfaat karier blogger bagi seorang perempuan. Jangan takut nggak bisa menulis, karena kalau tidak dimulai tidak akan tahu bagaimana hasil tulisan kita. Emaks yang sudah ngeblog, sharing ya apa manfaatnya ngeblog. Ditunggu.

***

5 Manfaat Karier Blogger Bagi Perempuan ini merupakan post trigger #KEBloggingCollab untuk kelompok Dian Sastro yang ditulis oleh Firsty Ukhti Molyndi. 

Firsty yang memiliki nama pena, Molzania ini pengelola blog www.molzania.com saat ini tinggal dan bekerja di Kota Pempek, Palembang.