Hai Mak, apa kabar? Semoga sehat semua ya. Jika ada yang sakit, semoga cepat  sembuh dan segera pulih ya Mak. Yang namanya sakit, pasti serba nggak enak ya kan. Boro-boro mau ngurusin anak dan printilan rumah tangga lainnya, makan saja terasa hambar. Badan lemas, bawaannya cuma pingin tiduran sepanjang hari. Belum lagi keluhan fisik lainnya yang bikin badan makin gak nyaman. Kalau sudah begini, siapa orang yang paling diharapkan ada di samping kita? Yess.. Pasti Paksu alias suami. Iya kan? Istri sakit, butuh suami di sampingnya.

Beberapa waktu yang lalu, saya bikin survey kecil-kecilan di Facebook. Pertanyaannya sebenarnya sederhana. Tapi lumayan bikin Emak-emak jadi inget suami. Berikut isi surveynya:

Istri Sakit

 

 

Ada sekitar 30 teman di FB saya yang berpartisipasi memberi jawaban. Mungkin ada yang protes, ah cuma 30, belum bisa mewakili isi hati jutaan istri di luar sana. Tapi nggak apa ya Mak, saya tulis di sini, namanya juga survey kecil-kecilan, hihihi..

Berikut ini adalah hal yang diharapkan saat istri sakit. Saya urutkan berdasarkan jawaban terbanyak.

  1. Pijatan lembut.

Kalau sedang sakit, badan terasa lemas. Aktivitas kebanyakan di tempat tidur. Ujung-ujungnya, bukannya enak, badan malah jadi ngilu dan sakit karena tiduran terus.

Bisa saja Mak panggil si mbok pijat langganan yang memang sudah ahli di bidangnya. Tapi entah kenapa, pijatan suami – apalagi kalau dilakukan dengan lembut dan penuh kasih sayang – efek rileksnya akan jauh lebih besar dibanding sentuhan si mbok. Nggak percaya? Buktikan deh

  1. Menggantikan tugas rumah tangga.

Istri sakit akan berimbas pada pekerjaan rumah tangga, yang tadinya dihandle istri, sekarang jadi terbengkalai.

Apalagi kalau di rumah tidak punya asisten rumah tangga. Tahu sendiri kan Mak, zaman now susah sekali punya si mbak yang awet. Wuihh… bisa dibayangkan kerepotannya. Mulai dari belanja, memasak, beberes rumah, urus anak-anak, antar jemput sekolah, dan lainnya. Kalau suami bersedia menggantikan peran itu, Mak pasti lebih tenang.

Sebagai istri paham kok. Suami bukan orang yang ahli di bidang ini. Ya iyalah.. suami kan kepala keluarga, bukan pembantu rumah tangga.

Untuk suami-suami di luar sana, gak perlu takut terlihat tidak sempurna dalam mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Bersedia melakukannya saja sudah bikin istri senang kok Pak.

  1. Perhatian yang cukup.

Kalau anak lagi sakit, pasti bawaannya manja. Pinginnya diperhatikan, disayang-sayang, dikelonin, sampai disuapin juga. Perhatian terbesar itu biasanya didapat dari ibunya. Nah sekarang kalau yang sakit adalah ibunya, apa pinginnya dimanja juga? Ya iyalah. Sama aja koq. Perhatian dari siapa lagi yang bisa diharapkan? Pasti yang terutama dari suami.

Bentuk perhatian bisa dengan banyak cara. Salah satunya dengan merawat istri yang lagi sakit, menyuapi makan, mengingatkan jadwal minum obat, memandikan, bahkan menghibur istri.

  1. Ambil cuti dan stay di rumah.

Saat sakit, istri tentu berharap suaminya bisa selalu ada di dekatnya. Kalau suami bekerja dari rumah, mungkin tidak masalah. Yang jadi kendala jika suami harus masuk kerja.

Tapi boleh lah ya Pak, ambil cuti dulu sementara. 1-2 hari mungkin cukup. Dampingi istri, beri perhatian yang cukup, rawat dan hibur dia. Kalau belum memungkinkan, setidaknya suami bisa bangun lebih pagi, dan pulang kantor lebih awal supaya tetap bisa mendampingi istri. Kalau istri cepat sembuh, suami juga kan ikut merasakan.

  1. Beri pelukan hangat.

Pelukan seorang suami punya pengaruh besar untuk istri. Pelukan tersebut akan mempererat ikatan batin. Ini juga bentuk dukungan pada istri yang sedang sakit. Ini menunjukkan bahwa suami juga merasakan apa yang dirasakan istri. Pelukan tersebut akan jadi penyemangat bagi istri untuk bisa segera sembuh.

  1. Beri tambahan uang belanja.

Tsaakeppp.. Yang ini saya juga mau hahaha.. Tadinya saya sempat mikir. Apa hubungannya sakit dengan tambahan uang belanja?

Begini asumsi saya. Kalau lagi sakit, pikiran kemana-mana, bawaanya gelisah. Kalau suami saat itu memberi tambahan uang belanja, paling tidak itu akan sedikit melegakan buat istri. Kalau sudah sembuh, uang tersebut nantinya bisa dikelola istri untuk keperluan rumah tangga. Istri jadi makin semangat untuk segera sembuh dong ya..

Ayo Pak, jangan lupa kasih tambahan uang belanja ya buat istri  

  1. Berdoa untuk kesembuhan istri.

Penyakit diizinkan Tuhan hadir untuk sebuah maksud dan tujuan yang tersembunyi. Doa adalah terapi spiritual yang bisa menenangkan istri di kala sakit. Ini benar-benar permintaan tulus dari seorang istri. Harap doa dari sang suami supaya segera sembuh, bisa beraktifitas normal lagi dan kembali menjalankan peran sebagai seorang istri dan ibu.

  1. Ajak jalan-jalan – supaya tumbuh semangat baru dan segera pulih

Nah ini juga penting nih, biar nggak baper hihihi #modus. Siapa istri yang tidak suka diajak jalan-jalan? Semua pasti mau ya Mak.

Jalan-jalan akan membuat istri kembali semangat, setelah sebelumnya terbaring lemah karena sakit. Ini juga baik baik bagi suami, bisa refreshing sejenak setelah sebelumnya lelah mengurus istri dan menggantikan semua peran istri di rumah.

 

Itulah 8 hal yang diharapkan istri saat sedang sakit.

Kenyataannya memang ada saja istri yang merasa canggung menyampaikan isi hatinya, termasuk menyampaikan apa yang diharapkan dari suami saat sedang sakit.

Ngarepnya sih, tanpa diomongin, harusnya suami wajib tahu lah ya. Tapi Mak, mungkin saja suami juga kurang peka dengan keinginan emak.

Nah, semoga tulisan ini bisa membantu menyampaikan isi hati. Jangan lupa nanti di share di sosmed ya Mak, biar Paksu ikutan baca #halah

***

Istri Sakit, Butuh 8 Dukungan dari Suami, blogpost yang ditulis oleh Glentina Pasaribu.

Facebook: Glentina Pasaribu

Twitter: @GlenPasaribu

Blog: www.BacaanBunda.com