Saat Emaks mulai ngeblog, seharusnya sih Emaks mulai kenalan dengan Google Analytics juga, Maks. Ada yang masih belum tahu, apa itu Google Analytic? Atau, malah baru dengar sekarang?

Google Analytics adalah layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web.

Dan, yes, sebagai blogger, ya kita mesti wajib harus tahu statistik pengunjung blog kita. Karena statistik pengunjung itu bisa memberi kita gambaran, apakah blog kita disukai? Apakah blog kita banyak dicari? Juga, apakah blog kita memuat informasi yang diperlukan? Topik apa saja yang bisa kita bahas?

Ya, memang. Google Analytic memuat banyak sekali informasi yg bisa kita gunakan utk meningkatkan performa blog kita. Nggak cuma sekadar syarat untuk Sponsored Post, yes?

So, mari kita kenalan lebih jauh dengan Google Analytics ini!

Siapa saja yang bisa memanfaatkan data Google Analytics ini?

Data dari Google Analytics bisa dimanfaatkan oleh semua yang berkepentingan dengan blog kita. Tapi, yang pertama dan utama, adalah kita sendiri dulu yang harus bisa memanfaatkannya.

Cara kita memanfaatkan Google Analytics ini gimana?

Catatlah angka-angka dan statistik artikel tertinggi, Mak, karena berarti di situlah letak interest pembaca blog kita. Dengan mengetahui interest pembaca blog, maka selanjutnya kita bisa menulis lagi topik-topik sejenis dengan statistik tertinggi tersebut. Kita pun bisa menemukan niche blog, atau fokus topik blog kita melalui data dari Google Analytics ini, Mak.

Pihak lain yang bisa memanfaatkan data Google Analytic adalah klien kita yang sudah bekerja sama untuk Sponsored Post. Biasanya mereka memang akan meminta data Google Analytics, untuk melihat bagaimana efek tulisan kita. Data Google Analytics akan mereka gunakan sebagai pengukur, apakah usaha marketing yang mereka jalankan berhasil atau enggak.

Tentang Sponsored Post

 

Kalau terbukti sukses, next ada campaign lagi, mereka bisa saja akan kembali ke kita untuk bekerja sama lagi looo~

Nah, makanya penting ya, Maks, untuk mempromosikan artikel Emaks agar pageview-nya bagus. Bisa jadi itu menentukan, apakah Emaks akan dapat next job lagi apa engga. Ehe~

Kenapa Google Analytics?

Kenapa harus Google Analytics sih? Kan platform blog mana pun punya statistik sendiri-sendiri yang bisa dipakai? WordPress ada, blogspot pun ada. Kan bisa pakai statistik bawaan itu saja. Nggak repot. Ribet ah, mesti instal Google Analytics.

Yha! Platform blog memang punya statistik sendiri-sendiri, dan masing-masing punya standar dan cara penghitungan statistik yang berbeda-beda. Nah, terus kalau beda-beda, gimana cara menetapkan standar, mana yang berhasil baik dan enggak? Lagipula, sejauh ini, memang Google Analytic yang diakui paling realtime statistiknya, Maks.

Contoh saja, di statistik blogspot. Berbagai spam bots dan kunjungan diri sendiri juga ikut dihitung di situ. Jadi, pasti kalau dibandingkan, stat di blog bisa akan jauh lebih tinggi daripada Google Analytics.

Tapi, siapa yang mau ikut ngitung spam bots dan kunjungan diri sendiri untuk mengukur tingkat kesuksesan artikel kita? Misalkan, mau tahu berapa tamu yang datang ke acara pernikahan kita. Ya, masa kita mau hitung berapa sering kita keluar masuk ruang pesta sih, Maks?

Gimana dengan WordPress? Mereka juga punya algoritma sendiri, Maks, yang pastinya berbeda dengan blogspot. Nah, WordPress ini, sejauh ini ya, yang sering Makmin alami justru lebih rendah daripada Google Analytics.

Sekarang, bayangin, dengan standar yang berbeda-beda itu, gimana kita bisa mengukur keberhasilan artikel kita deh? Nah, itulah pentingnya kita instal Google Analytics di blog kita, terutama untuk Sponsored Post ya, Maks.

So, kalau klien minta data Google Analytic, jangan disodorin statistik dasbor blog ya 😀

Lagipula, laporan Google Analytics lebih mudah digrab dan didownload ketimbang statistik bawaan blog. Pasti lebih enak buat para klien untuk collect-nya yah. Memudahkan klien itu kan bagus kan ya, Maks? Iya.

Terus, di mana bisa mendapatkan Google Analytics ini?

Nggak jauh-jauh, cukup sign in ke Google Analytics ini saja, Maks. Klik Sign In, lalu pilih Analytics.

Ada yang belum tahu cara install Google Analytics?

Tenang saja. Google menyediakan halaman support untuk kita yang belum tahu gimana caranya install Google Analytics.

Bisa Emaks baca di Support ini ya, Maks.

Google Analytics Support

Makmin kira, uraiannya cukup jelas tuh, Maks. Cukup mudah diikuti. Kalau Emaks bingung, pokoknya 4 poin teratas ini dulu deh, Maks, yang dilakukan.

Poin ke-4 itulah yang paling penting untuk dilakukan terlebih dahulu, yaitu memasang kode pelacakan atau tracking code. Ya, kalau Emaks bingung, yang penting lakukan dulu poin 1, 2 dan 4. Poin 3 bisa kita lakukan sambil jalan nanti.

Nah, itu dia acara kenalan kita dengan beberapa dasar Google Analytics kali ini. Gimana, masih bingungkah?

Tapi, pastinya sudah tahu sekarang ya, kenapa Google Analytic itu penting kita pahami sebagai blogger, dan apa perlunya kita instal di blog kita–terutama buat Emaks yang sering dapat job review atau Sponsored Post.

Untuk cara membaca dan cara mengambil laporan Google Analytics, kita akan bahas di artikel berikutnya yah.

Dengan memahami apa saja yang ada dalam Google Analytics, maka kita akan bisa memanfaatkannya untuk performa blog yang lebih baik.