Hai Mak!

Emak pasti sibuk masak nih saat bulan puasa nanti, menyiapkan aneka masakan berbuka dan sahur untuk keluarga tercinta, ya.

Jika Emak juga ingin bikin kue, pilih aja yang cepat pembuatannya, jadi nggak menguras tenaga serta bisa hemat waktu juga. Salah satu kue yang enak dan mudah dibuat adalah bolu.

Nah, kali ini aku mau share resep bolu juga, tapi bahannya dari tepung beras, bukan tepung terigu. Gara-garanya sih karena stok tepung beras habis, aku beli deh tepung beras ini di supermarket. Eh 2 minggu berikutnya aku beli lagi karena seingatku stok di rumah habis. Pelupa bener ya padahal udah beli, nggak inget sama sekali.

Bingung kan, jadi banyak stok tepung beras di rumah, mau dibikin apa coba? Akhirnya nemu resep bolu dari tepung beras resep mbak Xenia Sari. Bolunya dikukus, bukan dipanggang pakai oven. Langsung deh eksekusi!

Ini resep bolu kukus tepung berasnya, ya. Aku modifikasi dikit di gulanya. Resep asli pakai 120 gr gula pasir, aku pakai 90 gr aja udah manis menurutku.

Resep Bolu Kukus Tepung Beras

 

Resep Bolu Kukus Tepung Beras

Bahan:

100 gr tepung  beras

120 gr gula pasir (aku pakai 90 gr)

3 butir telur (pisahkan putih dan kuningnya)

100 ml minyak goreng atau butter, cairkan

¼ sdt vanilla bubuk

Sejumput garam

 

Cara membuat:

  1. Didihkan air di dandang. Oles loyang dengan margarin.
  2. Siapkan wadah. Masukkan putih telur, gula pasir, garam, vanili. Mixer dengan kecepatan tinggi sampai kental berjejak. Masukkan kuning telur satu per satu, mixer lagi.
  3. Turunkan kecepatan mixer, masukkan tepung. Aduk asal rata, jangan terlalu lama.
  4. Tambahkan minyak goreng/butter. Aduk balik hingga rata. Tuang ke dalam loyang, kukus selama 30 menit atau sampai matang.

 

Resep Bolu Kukus Tepung Beras

 

Ini sengaja aku bikinnya nggak pakai pewarna dan perasa apapun. Juga tanpa topping apapun, pengin tau aja rasa original bolu kalau pake tepung beras seperti apa. Ternyata enak kok rasanya, empuk dan lembut. Tapi kalo nggak langsung dimakan sebaiknya diletakkan di plastik atau wadah tertutup ya biar tetap lembut dan nggak seret saat dimakan.

Sesekali lah ya bikin bolu dikukus, nggak dipanggang melulu. Tepungnya juga nggak pakai terigu (non gluten). Tapi emang sih kalo ngomongin bolu, tetap bolu favoritku adalah bolu jadul, bikin nagih banget kalo itu mah. Bahannya dikit, cara bikin gampang dan tanpa pengembang apapun, tetap lembut dan enak. Mau dimakan sampai besoknya juga tetap lembut.

Yuk, cobain bikin bolunya! Selamat berpuasa ya, Mak!