Hi, Mak! Pernakah Emak merasa kehabisan ide menulis? Udah duduk manis di depan laptop, buka Microsoft Word, jari sudah siap di atas keyboard, abis itu bingung. Setengah jam, satu jam… nggak ada satu kalimatpun yang dihasilkan. Buntu ide! Nah, ini yang bikin kita bengong lamaaaa di depan laptop. Nunggu dapat ide untuk postingan blog itu lho yang lama, karena begitu tau mau menulis apa, selanjutnya bakal lebih mudah, asal jangan nunda-nunda nulisnya ya Mak, ntar lupa lagi apa yang mau ditulis hahaha.

10 hal yang bisa dilakukan jika kehabisan ide untuk postingan blog:

  1. Cari ide di kamar mandi

Ih, masak cari ide di kamar mandi sih? Eeeh beneran lho, ada banyak teman-teman yang cerita kalau  saat di kamar mandi itu tiba-tiba banyak ide muncul *entah mandi atau saat BAB. Aneh tapi nyata, ya! Mungkin aja guyuran air yang segar saat mandi bikin badan dan pikiran ikutan segar juga.

  1. Traveling

Nah dari kegiatan ini pasti banyak yang bisa dijadikan ide tulisan. Mulai dari persiapan apa aja yang harus dibawa, cerita penginapannya, kulinernya, oleh-oleh khas daerah yang menjadi tujuan kita, transportasinya misal naik kereta/bus/pesawat, kejadian apa saja yang ada di sana dan lain-lain. Tuh, udah dapat deh minimal 5 cerita atau ide untuk postingan blog.

  1. Putar musik

Ada yang bilang, pengen dapat ide tulisan, putar musik aja. Kalau buatku sendiri sih nggak terlalu ngefek ya, karena justru kalau ada musik aku malah nggak bisa konsentrasi. Aku malah terbantu dengan suasana  hening, nggak ada suara musik atau suara-suara lainnya. Tapi ada yang justru saat dengar suara musik, banyak imajinasi dan ide-ide baru yang bermunculan.  Emak termasuk yang mana nih?

  1. Nonton Film/ Baca Buku

Sama dengan memutar musik, nonton film dan baca buku juga bisa memunculkan banyak ide tulisan.

  1. Melakukan hobi/kesenangan

Ini juga bisa menjadi bahan postingan di blog, bahkan banyak yang sudah mempunyai blog khusus yang berhubungan dengan hobi/kesenangannnya ini. Yang suka tema kecantikan bisa banget  reviewproduk kecantikan yang pernah dipakainya atau menulis tips seputar kecantikan. Yang suka masak bisa posting resep masakan yang dibuatnya di blog.

  1. Cerita keseharian yang ada di sekitar kita

Kalau ini nggak perlu traveling jauh-jauh, cukup jeli aja menangkap kejadian-kejadian yang ada di sekitar kita. Misalnya saat berkendara di jalan raya, melihat 4 orang berboncengan naik motor bisa menjadi bahan tulisan. Saat dalam kereta api, mengamati tingkah pola orang-orang yang duduk di sekitar kita, ujung-ujungnya bisa jadi satu tulisan.

Baca Yuk: Menulis Blogpost yang Menarik

  1. Cerita pengalaman sendiri

Curcol diri sendiri kayaknya mengalir aja nulisnya, sampai nggak terasa sudah lebih dari 2000 kata. Tulisan seperti ini kadang malah banyak yang nyari juga lho. Misal cerita saat terkena cacar air, apa saja gejalanya, bagaimana cara mengobatinya dsb. Ceritanya sih bukan sekedar curcol biasa tapi ada manfaat yang bisa diambil oleh pembaca.

  1. Obrolan

Dari cerita di group atau chat whatsapp, komen dan status di FB, Twitter atau IG bisa juga dibuat jadi postingan blog. Rumpian ibu-ibu di sekolahan, misal pada ngerumpi anak yang kurang doyan makan bisa jadi ide tulisan, seperti: Tips Membuat Variasi Makanan Yang Disukai si Kecil, Ini 5 Alasan Kenapa si Kecil Tidak Suka Makan Sayur dan sebagainya.

  1. Melihat foto-foto lama

Melihat foto-foto di album atau di laptop kita, bisa mendatangkan ide untuk menulis. Kalo diminta menulis beberapa kalimat yang menjelaskan foto tersebut, pasti bisa kan, ya. Nah, dari situ, ceritanya bisa dibikin lebih panjang lagi, jadi deh sebuah tulisan di blog.

  1. Melihat kembali folder dokumen 

Kadang kebiasaan buruk, sudah nge draftsuatu tulisan tapi nggak diselesaikan. Nulisnya cuma separuh, habis itu ditinggal. Coba Emak lihat kembali folder dokumen di laptop, jangan sampai kaget kalo ternyata banyak drafttulisan yang numpuk. Ambil satu draft tulisan, lalu selesaikan. Jadi deh satu postingan blog.

Nah hal-hal ini yang biasa kulakukan jika sedang kehabisan ide menulis untuk postingan blog.

Kalo Emak bagaimana cara menggali ide untuk postingan blog? Sharing ya di komen 🙂