Memilih pendidikan alternatif dalam pendidikan keluarga, membuat saya punya list sendiri apa saja yang harus dipelajari anak-anak di tingkat dasar. Istilah kerennya basic skill learning. Kalau dalam pendidikan di barat sana sebenarnya basic skill learning malah ada yang sudah masuk kurikulum wajib di sekolah. Berbeda dengan kebanyakan sekolah di Indonesia yang biasanya menganggap basic skill ini tidak masuk daftar wajib di kurikulum kita. Tetapi nggak masalah juga sih. Karena tiap keluarga punya pilihan sendiri dalam mendidik anak. Seperti keluarga saya, ada lima keahlian dasar yang wajib dikuasai anak.

Baca Yuk: Jadi Orangtua Itu Repot

Keluarga saya punya daftar apa saja yang harus anak-anak pelajari dan kuasai saat mereka lulus SD. Saya membuatnya berdasarkan jenjang pendidikan sih. Jadi lebih mudah membuat parameternya. Dan nantinya bisa ditingkatkan di jenjang yang lebih tinggi.

Lima Keahlian Dasar yang Wajib Dikuasai Anak

Berikut daftar keahlian khusus yang wajib mereka pelajari:

  1. Membaca qur’an dengan fasih dan lancar sesuai tajwid.

Karena kami keluarga muslim jadi penguasaan bacan terhadap kitab suci ini wajib dikuasai anak-anak. Sementara ini anak-anak belajar di sebuah lembaga pendidikan quran dan juga saya tambah di rumah selepas maghrib dan subuh. Ngajarnya gantian antara saya dan ayahnya. Penguasaan bacaan terhadap kitab suci ini membantu banget dalam mengajari anak-anak dalam urusan agama.

  1. Berenang

Anak-anak wajib bisa berenang. Makanya saya bela-belain nganter anak-anak dan nungguin mereka berenang. Kalau tempatnya memungkinkan saya juga terjun langsung ke kolam dan mengajari mereka berenang.

Lima Keahlian Dasar yang Wajib Dikuasai Anak

 

Berenang membantu anak-anak untuk lebih percaya diri dan mengurangi rasa takut untuk berpetualang. Karena Indonesia dikelilingi lautan yang luas, saya rasa kemampuan berenang ini harusnya dimiliki oleh seluruh anak Indonesia.

Anak-anak yang bisa berenang biasanya lebih tenang saat bertemu dengan air. Dan tidak mudah panik. Mengutip perkataan pamannya Pie di film Life Of Pie “ Air itu tidak bisa membunuhmu, yang membunuhmu adalah rasa panik”.

Oh ya tambahan, anak-anak yang suka berenang biasanya pertumbuhan badannya menjadi lebih bagus. Tubuhnya lebih tegap dan posisi badannya tidak mudah membungkuk.

  1. Bela diri

Keahlian ini bukan buat gaya-gayaan sih. Tetapi lebih kepada memupuk rasa percaya diri anak dan agar anak senantiasa berjiwa kesatria. Ini penting banget. Karena zaman sekarang kalau anak-anak tidak dibekali kemampuan membela diri di saat darurat mereka sulit untuk pergi jauh dari rumah. Padahal saya selalu menasehati anak-anak ‘ semakin jauh kamu pergi dari rumah semakin luas wawasanmu’.

Ada banyak pilihan seni beladiri yang bisa diikuti oleh anak. Karena saya ingin beladiri yang ‘cantik’ alias ada nilai seninya maka anak-anak saya bergabung di pencak silat. Tetapi putra kedua saya memilih Jet Kundo untuk mengembangkan kemampuan beladirinya. Semua anak-anak saya nantinya wajib menguasai ilmu beladiri minimal untuk membela diri termasuk anak perempuan.

  1. Memasak

Ini keahlian memasak dasar. Semacam memasak nasi, merebus air, mengoreng telur dan sejenisnya. Ini bermanfaat bagi anak-anak agar mereka tidak terbiasa tergantung pada orang lain dalam urusan perut.

Saya sendiri biasanya mengajak anak-anak terlibat dalam urusan rumah tangga. Bahkan kami berbagi tugas di rumah bersama anak-anak. Jadi kalau saya ada acara di luar rumah. Anak-anak yang lebih besar bisa menyediakan makanan untuk adiknya yang lebih kecil. Meskipun kalau mau keluar rumah saya selalu menyiapkan makanan untuk orang rumah. Tapi paling tidak anak-anak bisa menyiapkan menu sederhana untuk diri mereka sendiri.

Semua anak harus bisa memasak masakan sederhana. Termasuk anak laki-laki di rumah kami. Makanya tak heran putra sulung saya, selain bisa membuat masakan dasar ia juga bisa membuat kue semacam donat dan cake sederhana.

  1. Menjahit

Ini sebenarnya keahlian dasar sederhana yang sebaiknya dikuasai oleh anak-anak. Jadi semacam menjahit kantong kemeja yang sobek. Menjahit kancing baju yang terlepas. Menjahit sobekan dari sarung bantal misalnya.

Nah Maks,  itulah lima keahlian dasar yang wajib dikuasai anak anak saya di rumah. Bagaimana di keluarga Emak? Apa yang sebaiknya dikuasai oleh anak-anak sebagai kemampuan dasar mereka selain pendidikan yang bersifat akademis. Ayuuk sharing juga di blognya ya.

****

Lima Keahlian Dasar yang Wajib Dikuasai Anak merupakan post trigger #KEBloggingCollab untuk kelompok Khofifah yang ditulis oleh Siti Hairul Dayah, narablog di www.catatansiemak.com

Keseharian Mak Irul bisa dilihat di media sosialnya:

https://www.instagram.com/siti_hairul/

https://mobile.twitter.com/sitihairul