Hai, Mak! Kali ini saya mau sharing soal Instagram nih. Soal apanya? Algoritma? Hmmm, iya katanya sih sudah ada beberapa rencana pembaruan lagi, termasuk fitur-fiturnya. Saya sih paling nungguin fitur repostnya yang dari Instagram langsung, biar nggak usah install aplikasi lagi. Hehehe.

Tapi bukan soal itu yang mau saya bahas sih. Masalah yang mau saya share kali ini sempat dialami oleh beberapa orang dekat beberapa hari yang lalu.

Sebenarnya sih, biasa aja. Yang bersangkutan ini unggah foto ke Instagram, terus dikasih hashtag-hashtag yang dikiranya relevan, dengan harapan bisa menambah like atau impressionlah minimal.

Turns out, postingannya malah tak muncul di explore. Penasaran, cek juga itu hashtag-hashtagnya. Ternyata nggak ada foto dia muncul di explore Instagram. Bingung sih, tapi dia sedikit paham bahwa mungkin dia kena shadowban. Cuma, masalahnya di mana, nggak tahu juga.

Akhirnya ketemulah penyebabnya. Beberapa hashtag yang dia pakai ternyata termasuk hashtag yang “terlarang” di Instagram.

 

Tentang Hashtag Instagram

Nah, hashtag di Instagram memang bisa “membantu” postingan kita untuk ditemukan oleh pengguna yang lain yang search dengan hashtag yang sama, atau bahkan juga bisa dimunculkan di feed orang lain yang punya minat sama. Apalagi kalau hashtag itu difollow oleh banyak pengguna. Kesempatan untuk terekspos pun lebih besar kalau kita bisa menemukan hashtag yang pas.

Memang penting banget sih ini hashtag Instagram. Yekan, Mak? Nah, yang perlu benar-benar diingat bahwa sebaiknya kita harus berhati-hati dalam memilih hashtag di Instagram ini.

 

Hati-Hati Memilih Hashtag Instagram

Kenapa? Karena update terbaru algoritme Instagram beberapa kali kemarin itu termasuk juga nge-ban beberapa hashtag dan dilarang penggunaannya di Instagram.

Lalu emangnya kenapa kalau kita tetap pakai semua hashtag yang dilarang penggunaannya di Instagram itu Emang ngaruh gitu?

Wiiihhh … ngaruh banget! Ada beberapa kemungkinan efek yang akan terjadi pada kita, kalau kita nekad menggunakan hashtag yg dilarang tersebut. Di antaranya:

  • Kita kena shadowban
  • Penggunaan 1 hashtag terlarang maka hashtag lain yang dipakai pun nggak akan berfungsi

 

Tentang Jumlah Maksimal Hashtag Instagram

Nah, hal lain yang perlu diketahui adalah kita memang punya maksimal 30 hashtag untuk kita pakai dalam 1 postingan Instagram. Namun, kalau 30-30nya dipakai semua, itu juga jadi overuse, yang bisa berakibat nggak terlalu bagus juga. So, ada yang nyaranin 5 hashtag saja sebenarnya sudah cukup untuk di Instagram, dan ini yang paling aman dari jebakan spam.

Terus, bayangin deh.

Kita udah “patuh” nih cuma pakai 5. Tapi ternyata salah satunya adalah hashtag yang terlarang. Maka yang 4 lainnya, nggak guna lagi. Tetap aja nggak akan nongol di search kalau hashtagnya diklik.

Efek yang paling langsung terasa ya, likes turun drastis. Engagement pun terpengaruh.

Dan ternyata, sampai saat ini ada 114.000 hashtag telah di-ban oleh Instagram, dan bahkan di dalamnya ada beberapa hashtag yang kayaknya “baik-baik” saja. Seperti desk, book, dan beautyblogger.

 

Cek Dulu “Keabsahan” Hashtag Sebelum Pakai

Nah, sebelum saya kasih liat hashtag apa saja yang terlarang di Instagram dan sebaiknya dihindari, saya akan kasih tip dulu gimana caranya melakukan hashtag research di IG ya.

  1. Emaks ke bagian Explore (yang ada simbol kaca pembesarnya)
  2. Ketikkan hashtag yang akan dipakai di bagian Search.
  3. Nah, selanjutnya kan mestinya kita lihat ada hashtag yang nongol. Tapi kalau nggak nongol, berarti hashtag tersebut di-ban.
  4. Kalaupun semisal hashtagnya nongol, tapi kemudian ada pemberitahuan kalau hidden gitu.

Nah, kalau sudah begini, sebaiknya sih jangan dipakai, Mak. Berarti ada “ketidakberesan” dalam hashtag Instagram tersebut. Ketimbang postingan kita nggak keeksplor, mending ganti hashtag yang lain aja.

 

Hashtag Instagram yang Di-ban

Sebenarnya Instagram mulai nge-ban beberapa hashtag sejak tahun 2017. Ada 2 macam banned hashtag, ada yang masuk ke kategori RESTRICTED, yang kadang postingannya masih muncul sih di Explore, tapi cuma yang Top Posts. Yang Recent di-hide.

Dan yang masuk ke kategori COMPLETELY BANNED hashtag, yaitu yang benar-benar di-ban dari Instagram. Postingan dengan hashtag ini nggak akan muncul di Explore, dan penggunanya terancam di-ban juga.

Dan, berikut ini adalah beberapa hashtag yang di-ban oleh Instagram tahun 2018 kemarin. Diurutkan berdasar abjad ya.

Nah, semua capture hashtag di atas saya ambil dari situs The Preview App.

Dan, ternyata, setelah ditelusuri lagi ada beberapa hashtag yang belum masuk di list milik The Preview App ini, padahal termasuk yang kena ban.

List yang berikut adalah dari situs Plann That, Mak.
Ada yang sama, ada yang enggak.

Nah, kalau mau lihat, mendingan capcus aja ke artikel dari Huffington Post ini ya, Mak.

 

Cek Secara Realtime di Google Dulu Sebelum Dipakai

Terus, kalau Emaks mau cek secara real time, hashtag Instagram apa saja yang kena ban, Emaks juga bisa ngecek sendiri di Google.

Caranya begini: Buka google.com lalu ketikkan di kotak search-nya:

site:instagram.com Recent posts from are currently hidden because the community has reported some content that may not meet Instagram’s community guidelines

Nah, selamat menelusur ke halaman-halaman Google ya 😀

 

Tip Penggunaan Hashtag Instagram yang Aman

Mungkin Emaks bertanya-tanya ya. Kok hashtag ini di-ban? Kok yang itu di-ban? Padahal rasanya nggak ada masalah.

Iya, saya sendiri juga gagal paham untuk beberapa hashtag, Mak. *pegangan tembok* Memang sesuatu banget ini. Dan, kita nggak mungkin menghafal sedemikian banyak hashtag untuk dihindari kan? Makanya, research dulu.

Nah, terus kesimpulannya apa nih? Well, ada beberapa kesimpulan terkait #HashtagIG ini, Mak.

  1. Jangan sampai overuse. Saya sih saranin mendingan tak lebih dari 10 hashtag deh, kalau 5 terlalu sedikit. Kalau bisa 5 hashtag saja sudah cukup. Banget.
  2. Search dulu hashtag-nya sebelum dipakai. Ngeceknya ke bagian Explore, ketik hashtag-nya. Kalau nggak ada yang muncul, berarti hashtag tersebut di-ban.
  3. Termasuk cek juga hashtag yang berbahasa Indonesia ya. Instagram juga sudah mulai nge-ban beberapa kata dalam bahasa Indonesia yang “sensitif”.
  4. Setiap kali, daftar hashtag yang di-ban ini mungkin tidak akan sama, karena tergantung pada update Instagram yang sewaktu-waktu. Jadi bisa saja ada hashtag tidak termasuk dalam daftar di atas, tapi ternyata di-ban oleh Instagram currently. Atau ternyata ada hashtag yang termasuk di daftar di atas, tapi dipakai sekarang enggak masalah. Jadi, keep checking dulu sebelum diposting ya, Mak.
  5. Untuk menyesuaikan dengan algo terbaru, masukkan hashtag ke caption. Jangan di komen ya, Mak. Karena hashtag di komen akan dianggap spamming.

Oke, itu dia beberapa update hashtag Instagram yang penting untuk kita ketahui. Yang mau diskusi lebih lanjut, kuy! Boleh langsung ditulis di komen ya 🙂