Hi, Mak!

Udah punya rencana mau bikin camilan apa nih buat weekend nanti? Bikin camilan yang simple aja deh biar nggak usah capek-capek bikinnya, seperti stik kentang keju renyah ini. Camilan yang udah hits dari dulu, tapi aku baru coba bikin minggu lalu hahaha *telat banget 😀

Ceritanya nih, di rumah ada stok kentang yang udah lama beli tapi belum dipakai masak. Ya daripada rusak, harus cepet-cepet dibikin sesuatu, entah masakan atau camilan.

Kebetulan pas lihat di ig @fridajoincoffee kok ada resep stik kentang keju yang keliatannya gampang bikinnya. Langsung deh intip kulkas, cari sisa keju cheddar. Ada sih tapi tinggal dikit, jadilah aku bikin separoh resep doang. Tapi meskipun separoh resep, hasilnya tetap banyak kok.

 

Ini Cara Membuat Stik Kentang Keju Renyah

Stik kentang keju ini gampang bikin adonannya, bahannya juga sedikit, tapi perlu kesabaran menggorengnya. Persis deh kayak bikin kue kering telur gabus keju yang resepnya juga udah kutulis di blog. Tapi tetap lebih gampang bikin stik kentang keju ini sih. Ini resepnya, kutulis di bawah ini ya.

 

Resep Stik kentang keju

Bahan:

500 gram kentang kukus, haluskan

10 sdm penuh tepung maizena (150 gram)

3 tangkai daun seledri yang dicincang halus atau bisa diganti dengan oregano kering

100 gram keju cheddar, parut

Secukupnya garam

½ sdt lada bubuk

 

Cara membuat:

  1. Campurkan semua bahan,uleni sampai rata
  2. Gilas adonan, jangan terlalu tipis. Lalu potong-potong.
  3. Goreng dengan minyak panas, gunakan api kecil. Goreng hingga kecoklatan.
  4. Angkat dan sajikan hangat dengan saos sambal atau mayonaise.

 

Resep Stik Kentang Keju Renyah

 

Karena nggak punya daun seledri, aku ganti dengan oregano kering. Tapi rasanya tetap klop, enak.

Itu aku memotong adonannya kayaknya kurang panjang dan terlalu lebar juga, jadinya pendek ndut gitu hiks. Abaikan penampakan, yang penting rasanya enak dan kriuk renyah (tapi nggak keras ya).

Stik kentang keju ini enaknya dimakan hangat dengan mayonaise dan saos sambal. Yummy! Untuk anak-anak yang nggak suka pedas, stik kentang keju bisa disajikan dengan saos tomat.

Saran aja nih, sebaiknya makannya saat stik keju ini masih dalam keadaaan hangat, karena kalau sudah dingin, jadinya melempem, nggak kriuk renyah lagi. Bentuknya sih nggak kempes, sama lah seperti awal goreng itu, cuma jadinya ya rasanya udah beda, jadi empuk semua, nggak ada kriuknya hahaha.

 

Note:

 

Resep Stik Kentang Keju Renyah

 

  1. Waktu digoreng kok jadinya lengket ya, potongan adonannya nempel satu dengan lainnya?

Nyemplungin potongan adonannya ke minyak jangan langsung dicemplungin sekaligus, tapi satu-satu. Kalau aku sih, cemplungin satu, diemin agak lama, baru cemplungin satu lagi, terus seperti itu sampai habis. Jadi memang butuh sabar ya.

  1. Kenapa saat digoreng, adonannya jadi meletup-letup?

Biar adonan nggak meletup (ini bahaya loh kalo minyaknya muncrat sampai kena wajah dan badan kita), apinya jangan gede-gede ya. Pakai api kecil aja. Oya kentang sebaiknya dikukus, jangan direbus karena kalau kentangnya direbus kadar airnya lebih banyak.

  1. Kenapa stik kentang keju ini jadinya berminyak?

Mungkin minyaknya belum panas, adonan sudah dicemplungin. Nah setelah stik kentang keju ini matang, bisa ditiriskan lagi dengan tissue dapur untuk menyerap minyaknya.

 

Bagaimana, Mak? Mau coba bikin juga?

Kalo masih ragu, bisa dicoba dulu separoh resep. Ntar kalo berhasil, bisa bikin full satu resep. Bikinnya saat semua anggota keluarga lagi ngumpul aja, jadi begitu matang langsung ludes karena satu resep ini hasilnya banyaaak 😀