Halo Maks, apa kabar? Semoga pada sehat semuanya, ya. Di antara Emaks semua, ada nggak yang suka nyiapin bekal sekolah anak? *ngacung. Walau nggak setiap hari, tapi dalam seminggu saat si kecil les selesai sekolah pasti dibawain bekal.

Menyiapkan bekal sekolah anak itu adalah hal yang butuh perjuangan yekan, Maks? Dimulai dari menyiapkan menu selama seminggu, bahan, masak hingga bangun lebih pagi.

Nggak hanya itu juga, menyiapkan bekal sekolah anak itu siap-siap baper. Karena, terkadang bekalnya itu hanya dimakan sedikit saja, kalau bersisa banyak jadi baper dah. Terus, di lain hari kotak bekal ludes tak bersisa, setelah ditanya eh ternyata dihabisin sama temannya. Yasalaam …. Hehehe begitulah Mamak lyfe, ya Maks.

Bagi para pejuang bekal untuk si kecil pastinya sudah memiliki trik khusus ya, agar si kecil mau makan.

 

Tips Menyiapkan Bekal Sekolah Anak

Menyiapkan bekal sekolah anak itu memang gampang-gampang susah ya, Maks. Setelah menjalani sebulan pertama, pasti sudah menemukan pola bagaimana menyiapkan bekal untuk anak.

Beberapa tips ini bisa Maks sontek untuk variasi bekal sekolah anak.

  1. Siapkan jadwal menu seminggu

Ini penting banget untuk Emaks lakukan agar ‘selamat’. Nggak pening tiap pagi mesti siapin menu apa, plus jika ada jadwal menu lebih mudah menyiapkan bahan-bahan.

Keuntungan menyiapkan jadwal ini, agar terhindar dari menu yang sama setiap harinya. Biar anak nggak bosan.

  1. Siapkan bahan sehari sebelumnya

Sudah ada jadwal menu, langkah berikut Maks bisa nyetok bahan-bahan dalam seminggu, atau sehari sebelumnya. Buatlah menu untuk besok, saat malam hari. Jadi, saat pagi hari Emaks tinggal manasin, goreng atau kukus.

  1. Sajikan makanan dengan berbagai macam warna

Anak-anak itu menyukai hal yang penuh warna, betul nggak Maks?

So, sajikan makanan dengan warna-warni. Misalnya, hias dengan wortel, daun selada, ditambahin gorengan atau makanan yang nggak sama warnanya.

Lalu, letakkan semua sajian dalam kotak bekal. Eits, kotak bekal bergambar itu disukai anak-anak loh, baiknya membeli sesuai selera anak, ya.

  1. Variasikan makanan dalam berbagai bentuk

Coba Emaks perhatiin, anak-anak itu selain menyukai ragam warna, mereka juga suka dengan berbagai bentuk. Mereka bakal excited melihat berbagai bentuk ada di kotak bekal dan lebih semangat makannya.

Bisa tuh, kreasi bento disontek, Maks. Untuk variasi bentuk makanan anak.

  1. Ajaklah si kecil untuk menyiapkan bekal

Ini bukan berarti meminta mereka untuk masak ya, Maks. No.

Tapi, lebih ke ajakan dalam memilih menu, menyajikan semua masakan ke dalam kotak bekal. Ini sebagai salah satu bentuk keterampilan dasar hidup juga membangun bonding dengan anak.

 

Kreasi Bento Untuk Bekal Sekolah Anak

Merujuk ke poin 4,5 di atas pastinya Bento adalah penyelamat!

Menuruti Wikipedia, Bento atau o-bentō adalah istilah bahasa Jepang untuk makanan bekal berupa nasi berikut lauk-pauk dalam kemasan praktis yang bisa dibawa-bawa dan dimakan di tempat lain.

Yes, sekarang ini tren bento masih terus ada karena sifatnya everlasting. Anak-anak sangat tertarik saat bekal dibuat dalam kreasi bento. Banyak anak yang awalnya nggak doyan makan tapi setelah disajikan dalam bentuk bento malah lahap makannya.

Beranjak dari hal tersebut, KEB Solo mengadakan #EventCollaboration dengan Seowiwi (Korean Restaurant) dengan topik ‘Bekal Untuk Anak.’

Di acara ini para Emaks diajarkan membuat kreasi bento langsung dari ahlinya Ibu Ambar Pudjiningsih, owner Ambosa Snack.

Acara ini berlangsung hari Minggu, 24 Maret 2019 di Seowiwi. Yang mendaftar ada 16 orang beserta anak. Yup, acara ini diwajibkan untuk mengajak anak, ya. Agar mereka bisa turut terlibat saat membuat bento juga membangun bonding.

Sekitar pukul sepuluh pagi acara pun dimulai. Di setiap meja sudah tertata rapi bahan-bahan untuk membuat Omurice dan Onigiri.

Belajar Kreasi Bento Untuk Bekal Sekolah Anak

Bahan-bahan untuk membuat bento

Acara pun dimulai dipandu oleh MC kesayangan KEB Solo, Mak Ana. Sebelum masuk ke acara inti ada sambutan terlebih dahulu oleh ketua KEB Solo, Mak Ety Handayaningsih.

Belajar Kreasi Bento Untuk Bekal Sekolah Anak

MC oleh Mak Ana, Sambutan oleh Mak Ety selaku ketua KEB Solo

Cara Membuat Bento untuk Bekal Sekolah Anak

Tiba saat Ibu Ambar menjelaskan, semua langsung diam mendengarkan dan menyimak. Ada beberapa bentuk hewan sudah dicetak untuk ditiru menjadi bento.

Belajar Kreasi Bento Untuk Bekal Sekolah Anak

Ibu Ambar tengah menjelaskan

Selama mengerjakan, para Emaks exciting banget, apalagi melihat si kecil turut membantu. Wah, luar biasa sekali.

Belajar Kreasi Bento Untuk Bekal Sekolah Anak

Kerja sama Emaks dan si kecil

 

Belajar Kreasi Bento Untuk Bekal Sekolah Anak

Inilah kreasi para peserta, keren!

Kreativitas membuat bento ini memang nggak mudah, karena mesti membuat ‘perintilan’ kecil-kecil sebagai hiasan. Makanya salut banget untuk para catering bento, juga Emaks yang suka membuat bento.

Sekitar dua jam, para Emaks ‘berjuang’ membuat bento kreativitas masing-masing. Ibu Ambar pun berbaik hati untuk turun langsung ngecek dan membantu para Emaks.

Di penghujung acara, ada dua Emaks yang beruntung mendapatkan hadiah dari hasil kreasi bento. Ada Mak Wiwied Widya dan Mak Nana Prasetyo yang menjadi juara dipilih langsung oleh tim Seowiwi. Dan pemenang foto kreasi bento terbaik oleh Mak Sui’n.

 

Ada sedikit tip dari Ibu Ambar ketika Emaks mau bikin bekal sekolah anak dengan bento.

  • Jika tak ada cetakan, cukup nasinya dikepalkan saja nantinya bisa dibentuk menjadi lebah.
  • Baiknya nasi yang digunakan masih hangat agar mudah dibentuk.
  • Sebelum memasukkan nasik ke cetakan, olesi terlebih dahulu cetakan dengan minyak goreng agar tidak lengket.
  • Untuk hasil terbaik, harus dipraktikkan terus.
Belajar Kreasi Bento Untuk Bekal Sekolah Anak

Foto bersama setelah acara selesai

Yang namanya menyiapkan bekal sekolah anak itu memang butuh usaha lebih, ya, Maks. Jangan lekas menyerah saat pertama kali si kecil nggak mau makan. Teruslah eksplor berbagai menu makanan dan buatlah bento.

Semangat selalu ya, Maks, untuk menyajikan terus bekal bagi si kecil.

Untuk Emaks yang di area Solo sekitarnya, jangan sampai ketinggalan info event KEB Solo. Follow IG @emakbloggersolo untuk info-infonya.