Hai, Mak! Nggak cuma makanan yang bisa kedaluwarsa lo, tapi produk makeup juga punya tanggal batas pemakaian. So, hati-hati ya. Jangan sampai Emak membahayakan diri sendiri karena menggunakan makeup kedaluwarsa yang sudah seharusnya nggak digunakan lagi.

Hmmm. Mungkin, sekarang saatnya untuk detox meja rias kita kayaknya nih, Mak! Coba kita lihat yuk, beberapa alat rias dan produk makeup yang sering kita pakai, bagaimana merawatnya, dan berapa lama mereka bisa kita gunakan.

 

Waspadai Produk Makeup Kedaluwarsa!

Coba cek infografis berikut ini ya!

Awas, Jangan Pakai Produk Makeup Kedaluwarsa! Detox Meja Rias Yuk!

 

Nah, sekarang coba dicek, Mak, produk makeup Emak yang ada di atas meja rias. Kira-kira yang sudah melewati waktu pemakaian yang mana nih, dan segera singkirkan saja ya.

Karena menurut para ahli, pemakaian produk makeup di luar tanggal kedaluwarsa sangat membahayakan organ tubuh kita lo. Nggak sekadar iritasi kemudian gatal dan ruam pada kulit saja, namun makeup yang sudah nggak layak pakai bisa menimbulkan infeksi dan berbagai penyakit.

Misalnya nih, pemakaian maksimal maskara adalah tiga bulan, karena maskara kan dipakai pada mata, organ tubuh yang paling sensitif. Kebayang kan, kalau kemudian maskara nggak membuat mata kita cantik, tapi malah menimbulkan infeksi mata? Apalagi ditambah dengan kondisi iklim Indonesia yang lembap, kosmetik pun jadi lebih cepat cair dan berjamur. Infeksi pada mata jika semakin parah bisa menimbulkan kebutaan lho.

Untuk itulah, kenapa kita harus selalu mengecek make up kita apakah masih layak dipergunakan atau tidak.

Nah, supaya lebih aman lagi, sebelum membeli alat-alat dan produk makeup, ada baiknya perhatikan dulu beberapa hal berikut ini, Mak.

 

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Alat dan Produk Makeup

1. Cium aromanya

Kalau dirasakan ada bau aneh di alat dan produk makeup yang akan Emak beli tersebut, misal lip balm harusnya beraroma mint tapi kok malah berbau apek nggak jelas, maka hati-hati! Bisa jadi lip balm tersebut sudah ada bakterinya. Mending jangan dibeli, atau kalau sudah terlanjur dibeli ya jangan dipakai, Mak. Nanti bisa menimbulkan gatal alergi.

Begitu juga kalau ada perubahan warna pada alat dan produk makeup tersebut, atau ada perubahan tekstur. Pokoknya, kalau ada yang aneh, lebih baik jangan dipergunakan.

 

2. Perhatikan kemasannya

Saat kita membeli produk makeup, pastikan segel kemasan utuh dan nggak rusak. Harus yang masih rapi, dan jangan mau membeli makeup yang nggak punya segel resmi.

Selain mungkin terkontaminasi oleh zat lain yang kita nggak tahu, takutnya juga kalau makeup tersebut produk palsu, Mak.

 

3. Jangan membeli sampel

Yah, kalau yang gratis-gratis sih emang siapa yang bisa menolak?

Tapi hati-hati, Mak. Seandainya Emak memang tertarik untuk mencoba alat dan produk makeup yang sedang ditawarkan (apalagi yang lagi promo dan diskon), jangan gunakan langsung dari produknya. Lebih baik minta cotton bud pada si Mbak SPG lalu baru deh dicoba.

Karena kemasan tester itu biasanya udah kotor banget, kan udah dicoba oleh banyak orang.

 

4. Perhatikan juga reaksi tubuh

Saat kita menggunakan kosmetik, jangan lantas abaikan sinyal tubuh, Mak. Misalnya ada reaksi apa nih setelah menggunakan bedak merek baru, atau pelembap promosi yang lagi diskon kemarin.

Perhatikan juga, kalau kulit lagi alergi, ya sebisa mungkin bebaskan dulu dari segala macam ‘beban’ makeup ya. Misalnya, kalau lagi jerawatan ya hentikan dulu pemakaian pelembapnya. Nanti bisa makin parah.

 

5. Jauhkan dari matahari

Karena kita hidup di daerah beriklim tropis, sudahlah lembap pun masih ditambah dengan sinar matahari yang berlimpah-limpah, membuat produk makeup kadang jadi rusak lebih cepat.

Karena itu jangan lupa untuk menutup kemasan dengan rapat, dan simpan dalam suhu kamar. Kalau produk makeup yang Emak gunakan adalah produk luar negeri, ada baiknya Emak simpan di dalam kulkas agar kondisi tetap terjaga. Menyimpan kosmetik di kulkas, bisa membuat kosmetik yang belum terpakai jadi lebih awet, Mak.

 

Nah, dengan tip-tip di atas, tentunya produk makeup Emak akan lebih awet, dan juga akan lebih lama bisa dipakai. Selain itu, Emal sendiri jangan lupa untuk selalu memeriksa, apakah makeup Emak masih layak pakai atau tidak.