Pernah tidak merasa ingin beli produk kecantikan yang kita lihat reviewnya di media massa, tapi urung membelinya karena ternyata harganya di luar dari budget kecantikan kita? Kalau pernah merasa seperti itu jangan langsung bersedih hati. Karena harga produk yang mahal belum tentu cocok dengan kebutuhan kulit kita. Ada banyak cara kok supaya kita tetap bisa tampil dengan cantik dan tentunya punya kulit yang sehat. Untuk itu saya akan berbagi pengalaman saya ketika belanja produk kecantikan menyesuaikan dengan budget yang terbatas. Disimak ya, Mak!

Belanja Produk Kecantikan Menyesuaikan dengan Budget

Cek Kebutuhan

Buat saya, apa yang kita mau itu terkadang jatuhnya bukanlah apa yang kita butuh. Wanita kan punya penyakit kalau lihat sesuatu yang lucu atau cantik, rasanya ingin memiliki. Banyak dari kita juga kalap beli produk kecantikan karena lihat kemasannya yang bagus.

Lagi-lagi permasalahannya adalah apa yang dibeli belum tentu kita butuhkan. Maka dari itu hal terpenting yang perlu disadari sebelum ingin mengambil keputusan belanja produk kecantikan adalah memastikan apakah kita membutuhkan produk tersebut.

Sebaiknya beli barang yang memang perlu dimiliki sebagai kebutuhan dasar terlebih dahulu. Contohnya seperti kebutuhan kulit wajah yang membutuhkan produk skincare dasar dulu, seperti sabun wajah, pelembap, toner, dan sunscreen, sebelum heboh bolak-balik ribut ingin beli eye shadow kit berbagai warna.

Kalau sudah paham dan benar-benar ingin menjalankan prinsip ini, nanti saat ingin beli sesuatu pasti yang dipikirkan dulu adalah, “Apakah saya butuh barang ini?”.

Post Lain tentang Belanja: Ingin Barang Branded? 

Belanja Produk Kecantikan

Tentukan Budget

Setelah meminimalisir produk-produk kecantikan yang tidak kita butuhkan, sekarang saatnya tentukan budget belanja kita. Menurut Prita Ghozie, alokasi ideal budget gaya hidup dalam sebulan adalah 10% dari total jumlah penghasilan. (Baca informasi tentang cara mengatur keuangan lainnya di tulisan saya di link ini ya).

Tinggal diatur deh alokasi biaya gaya hidup dalam sebulan apa saja dan berapa persennya yang boleh dialokasikan untuk belanja produk kecantikan.

Tidak perlu sedih kalau ternyata setelah dihitung budgetnya benar-benar mepet banget. Di jaman sekarang ada banyak cara kok mengakalinya. Jawabannya ada di poin selanjutnya.

Pilih Tempat Berbelanja

Beruntunglah kita hidup di zaman sekarang yang semuanya serba terbuka. Melalui internet, kita bisa tahu segala macam produk kecantikan dari yang harganya murah sampai yang harganya tidak jauh beda sama harga tiket pesawat ke luar negeri.

Belanja Produk Kecantikan

Dari internet jugalah kita bisa mengetahui review produk yang kita butuhkan. Bahkan sekarang banyak juga reviewer yang memberikan informasi produk-produk dengan harga terjangkau yang serupa dengan produk mahal namun kualitasnya hampir mirip.

Dan terakhir yang paling saya rasakan manfaatnya adalah sekarang bisa berbelanja secara online. Keuntungan belanja secara online adalah saya bisa melakukan riset harga terlebih dahulu di beberapa toko online tentang harga produk tersebut. Terkadang juga malah banyak tawaran promo-promo menggiurkan yang tentunya menyenangkan kantong.

Oh iya, di toko offline juga banyak kok yang menawarkan promo diskon. Seperti promo favorit saya, yaitu tambah seribu rupiah maka akan dapat dua barang. Ada yang suka juga tidak sama promo ini?

 

**

Itu dia tips belanja produk kecantikan menyesuaikan dengan budget yang terbatas ala saya. Tidak perlu merasa malu kalau produk yang kita pakai adalah produk yang murah. Jaman sekarang banyak produk dengan harga terjangkau tapi kualitasnya pun tidak kalah dengan produk lainnya yang lebih mahal.

Tips lainnya tentang berbelanja produk kecantikan anti boros bisa dibaca di blog saya ya, Mak.

Selamat berbelanja 😊