17 Agustus 1945 sangat membekas di hati seluruh bangsa Indonesia. Hari bersejarah yang selalu diperingati setiap tahun dan selalu meninggalkan cerita yang sayang jika kita terlupa. Selalu ada euphoria setiap perayaan hari kemerdekaan tanah air tercinta. Selain pemasangan Bendera Merah Putih di depan rumah masing-masing sebagai simbol menghargai perjuangan para pahlawan kemerdekaan, tentu saja berbagai perlombaan 17 Agustus di berbagai pelosok wilayah Indonesia.

7 Perlombaan 17 Agustus yang Legendaris

Setiap peristiwa bersejarah pasti meninggalkan kenangan, baik yang menyenangkan maupun menyedihkan. Kenangan selalu datang tanpa diundang. Ia sering hadir di saat kau mungkin enggan untuk mengenang. Termasuk juga kenangan akan perihnya perjuangan saat merebut kemerdekaan. Terima kasih dan doa selayaknya kita haturkan untuk mereka yang kini membuat kita merdeka.

Baca Yuk: Cerita Lain tentang 17 Agustus, Hari Kemerdekaan

Berbicara tentang kemeriahan perayaan 17 Agustus tentu saja tidak terlepas dari berbagai perlombaan yang diadakan dalam memperingatinya. Hampir di setiap RT ataupun desa selalu mengadakan lomba dalam memperingati 17 Agustus. Ada beberapa perlombaan yang sudah melegenda dan selalu ada dari dulu hingga sekarang.

Kamu anak 80an, aku anak 90an atau mereka anak zaman now semua tetap bisa merasakan keseruan perlombaan ini. Berikut tujuh perlombaan 17 Agustus yang sangat legendaris di daerahku dan aku yakin juga ada di daerahmu.

  1. Balap Karung

Ada yang pernah ikutan lomba ini? Kalau sudah lomba begini, dijamin tak ada lagi wajah murung. Mungkin kamu pernah terjatuh, tapi tetap bersemangat untuk bangkit dan melanjutkan perjuanganmu hingga garis finish. Begitu juga perjuangan merebut kemerdekaan. Pasti banyak yang terjatuh namun tetap semangat untuk bangkit hingga mencapai kemerdekaan Indonesia.

  1. Mencari Koin di Dalam Tepung

Perlombaan 17 Agustus

Muka kusam penuh tepung ini sangat membahagiakan. Dalam perlombaan ini peserta mencari uang koin yang berada di nampan atau wadah yang dipenuhi tepung. Tentu saja kecepatan dan kelincahan dalam mencari koin sangat diperlukan di sini. Kamu pernah ikut perlombaan ini? Kalau iya, bagaimana perasaanmu?

  1. Lari Kelereng

Pada perlombaan ini biasanya peserta membawa sendiri sendok dari rumah, namun ada juga yang disediakan panitia. Dalam perlombaan ini peserta akan membawa kelereng dengan menggunakan sendok yang ujung sendoknya dimasukkan ke dalam mulut. Perlombaan ini sangat membutuhkan keseimbangan. Jika kelereng yang dibawa jatuh di tengah jalan maka peserta tersebut akan didiskualifikasi dan artinya ia tidak bisa melanjutkan perlombaan.

Perlombaan 17 Agustus

 

  1. Lomba Makan Kerupuk

Nah ini nih perlombaan 17 Agustus favoritku. Bagaimana tidak? Sudah senang dan seru-seruan, kenyang pula makan kerupuk hehe. Tantangan pelombaan ini adalah kerupuk yang goyang-goyang baik karena tarikan dari peserta lain maupun hempasan angin. Tapi biar bagaimanapun, perlombaan ini sangat seru dan sayang jika terlewatkan.

 

Perlombaan 17 Agustus

 

  1. Memasukkan Pensil/Paku ke Dalam Botol

Seperti namanya, perlombaan ini prinsipnya yaitu memasukkan pensil atau paku ke dalam botol. Terlihat mudah, tapi sebenarnya tidak semudah itu. Peserta harus memasukkan pensil atau paku yang diikat tali yang telah dililitkan di pinggang peserta. Sehingga perlombaan ini sangat membutuhkan keseimbangan tubuh, konsentrasi dan kuda-kuda yang baik agar pensil atau paku bisa segera masuk ke dalam botol.

Perlombaan 17 Agustus

 

  1. Tarik Tambang

Umumnya dalam satu tim perlombaan ini terdiri dari 5-10 orang. Makna dari perlombaan ini adalah pentingnya kerjasama dan kekompakan dalam merebut kemerdekaan. Perjuangan merebut kemerdekaan tidaklah mudah, sehingga diperlukan kerjasama dan persatuan untuk mengalahkan lawan.

Perlombaan 17 Agustus

 

  1. Panjat Pinang

Perlombaan 17 Agustus

Nah untuk lomba yang ini biasanya dilakukan oleh cowok yang terdiri dari 5-10 orang dalam satu tim. Perlombaan ini tentu saja sangat banyak tantangannya, selain pohon pinang yang tinggi, lumuran oli pada pohon pinang ini sangat menyulitkan peserta untuk mencapai puncak. Makna dari perlombaan ini adalah meskipun sulit dan sering terjatuh dalam merebut kemerdekaan dan mengibarkan Bendera Merah Putih di atas puncak tertinggi, semua itu bisa dicapai dengan kekompakan dan tentunya pantang menyerah.

      Nah itu tadi tujuh perlombaan 17 Agustus yang sangat melegenda di daerahku, bagaimana dengan daerahmu? Lomba apa sih yang melegenda di sana?

***

7 Perlombaan 17 Agustus yang Legendaris, merupakan post trigger #KEBloggingCollab untuk kelompok Dian Sastro, yang ditulis oleh Puspita Yudaningrum.

Puspita adalah pemilik blog www.puspitayudaningrum dan www.ladysta.com  yang merupakan seorang mahasiswa yang sangat mencintai dunia pendidikan.

Sering update keseharian di instagram @puspitayudaningrum dan @ladysta19 dan juga ngetwit di @puspitayn19 dan @ladysta19.