Hai, Mak! Suka makan gorengan nggak? Aku suka gorengan, tapi makannya nggak berani banyak, ntar kolesterol naik, bahayaa! Salah satu gorengan yang kusuka adalah lumpia. Makan lumpia sambil nyeplus cabe rawit, ehhm nikmat banget. Biasanya aku beli sih lumpianya, nggak bikin sendiri, biasaaa… males ribetnya 🙂

Tapi sesekali pengin juga ya bikin sendiri. Jadilah aku beli kulit lumpia di supermarket biar praktis. Bikin sekali, habis itu udah nggak pernah bikin lagi. Sisa kulit lumpia masih banyak, kubiarkan aja di kulkas sampai lama dan hampir terlupa. Begitu inget kalo masih nyimpen kulit lumpia, kaget juga karena sudah mau expired tanggalnya. Wuah, harus cepat-cepat dipakai nih kulit lumpianya, sayang banget kalo sampai kebuang.

Kulit lumpia sebenarnya bisa dipakai buat aneka camilan, tinggal isiannya aja yang dibuat bervariasi, jadi deh aneka lumpia yang rasanya nggak kalah nikmat dari lumpia yang biasanya.

Ini 3 variasi isian untuk kulit lumpia yang bisa dicoba:

  1. Lumpia isi orak-arik saus bawang putih

Pernah nggak makan lumpia dengan saus bawang putih? Waktu aku kecil, mama sering menyajikan lumpia dengan saus bawang putih. Katanya, di Solo biasanya mama makan lumpia dengan saus bawang putih. Awalnya aku nggak mau makan bawang putihnya, karena aneh aja, biasanya lumpia kan pakai saus tauco. Tapi karena penasaran, aku icip juga, eh kok enak ya lumpianya apalagi jika ditambah acar dan cabe rawit.

Oya, lumpia bikinan mama sih biasanya lumpia biasa (isiannya wortel, rebung, ayam) bukan lumpia isi orak-arik. Ini aku bikin lumpia orak-arik karena masih ada dikit sisa orak-arik wortel buncis. Iseng deh kumasukin sebagai isian kulit lumpia hehe.

Resep lumpia isi orak-arik

Bahan:

Kulit lumpia siap pakai

putih telur untuk perekat

Bahan orak arik:

150 gr wortel

50 gr buncis

125 gr daging ayam

2 telur

3 siung bawang putih

Garam, merica, gula secukupnya

Air setengah gelas

Bahan saus bawang putih:

5 siung bawang putih

1 sdt gula

1 sdm air matang

Cara membuat orak-arik:

  1. Bersihkan wortel dan buncis, iris tipis.
  2. Potong daging ayam kecil-kecil.
  3. Tumis bawang putih sampai harum, masukkan daging ayam, aduk sampai berubah warna. Masukkan irisan buncis dan wortel tadi, aduk sebentar.
  4. Tuang air, masukkan bumbu gula, merica, dan garam sesuai selera.
  5. Jika air sudah hampir habis, masukkan telur, aduk hingga tercampur rata, masak sebentar hingga matang. Sisihkan.

Buat lumpia:

Ambil selembar kulit lumpia, isi dengan orak arik, gulung. Rekatkan ujungnya dengan putih telur, goreng hingga matang.

Buat saus bawang putih: Parut bawang putih, tambahkan air matang dan gula. Aduk rata.

Penyajian: Taruh sedikit saus bawang putih di atas lumpia, makan dengan cabe rawit dan acar.

Note: Bagi yang nggak suka bawang putih, bisa pakai saus tauco seperti biasanya.

2. Lumpia isi pisang cokelat keju

3 Variasi Isian untuk Kulit Lumpia

 

Sesekali bikin camilan berbahan pisang memakai kulit lumpia, boleh juga nih. Dengan memakai kulit lumpia, rasanya tetap nikmat dan kulitnya renyah banget.

Resep lumpia isi pisang cokelat keju

Bahan:

6 buah pisang kepok matang, pipihkan.

6 buah kulit lumpia siap pakai

Dark cooking chocolate (DCC), parut

Keju cheddar, parut

Putih telur untuk perekat

Cara membuat:

  1. Ambil selembar kulit lumpia, letakkan sebuah pisang di bagian ujung, taburi pisang dengan taburan cokelat dan keju sesuai selera.
  2. Gulung dan rekatkan sisi-sisi kulit lumpia dengan putih telur.
  3. Goreng hingga berwarna kuning keemasan. Angkat, tiriskan dan sajikan hangat.

Note: Cokelat dan keju juga bisa diletakkan di dalam pisang (pisangnya dibelah dulu) sehingga saat digoreng hasilnya bisa lebih rapi.

3. Lumpia isi apel saus cokelat 

3 Variasi Isian untuk Kulit Lumpia

Rasanya enak, seger kalo isiannya apel gini. Cobain, yuk!

Resep lumpia isi apel

Bahan:

Kulit lumpia siap pakai

250 gr apel, potong kecil-kecil

1 sdm margarin

20 gr gula pasir

2 sdm gula palem

4 sdm air

½ sdm perasan jeruk lemon

¼ sdt kayu manis bubuk (skip jika tidak suka)

50 gr dcc

Cara membuat:

  1. Panaskan margarin, masukkan gula pasir, gula palem, tambahkan air, aduk rata.
  2. Masukkan apel, masak hingga apel lunak. Sisihkan.
  3. Ambil kulit lumpia, isi dengan tumisan apel, gulung dan goreng hingga matang. Angkat, tiriskan.
  4. Buat saus cokelat : Lelehkan dcc, masukkan dalam plastik, beri lubang dikit ujungnya. Hias di atas lumpia apel yang sudah matang.
  5. Sajikan lumpia isi apel saus cokelat dengan satu scoop es krim biar tambah nikmat.

Note: Jika ada sisa saus cokelat, bisa diletakkan dalam wadah kecil. Lumpia bisa dimakan sambil dicocolkan ke saus cokelatnya. Untuk variasi rasa, bisa dicoba saus lainnya sesuai selera.

Nah, itu 3 variasi isian untuk kulit lumpia yang bisa dicoba. Jadi nggak melulu lumpia dengan isian taoge, wortel dan rebung saja. Sesekali bikin lumpia dengan isian beda. Eh ini kunamakan lumpia karena pakai kulit lumpia *bingung kasih namanya hehehe.

Ngomong-ngomong nih, Emak suka makan atau bikin lumpia pakai isian apa? Share ya di komen 🙂