Siapa yang suka terpana dengan pemandangan sore hari di pinggiran jalan kala Ramadan? Jawabnya : Saya, saya, saya. Bagaimana tidak terpana, pemandangan kala Ramadan selalu berbeda dari bulan-bulan yang lain. Di tepi-tepi jalan, yang dijadikan pasar khusus Ramadan dimeriahkan dengan aneka kuliner. Bahkan, makanan yang jarang muncul di hari-hari biasa, akan mudah ditemukan saat Ramadan. Bukan rahasia lagi, kalau para emak juga suka mengincar penganan-penganan lezat dan gurih yang jarang ditemukan di hari-hari biasa ya kan ? Apa saja penganan gurih incaran saat Ramadan?

Menu Buka Puasa yang Praktis

 

Salah satu incaran camilan saya saat Ramadan bernama mageli.

“Ih, lucu ya namanya, ada geli-gelinya gitu, kayak abis digelitikin.” Biasanya, orang-orang yang baru mendengarnya akan berujar seperti itu. Iya, sewaktu kecil saya pun sering  tertawa mendengar nama penganan ini disebut.

Mageli, sebenarnya adalah olahan gorengan dari kacang hijau dengan rasa nan gurih dan pedas. Entah darimana asal muasalnya, kini mageli menjadi penganan khas Kota Balikpapan. Sayangnya, untuk menemukan mageli original ternyata tidak mudah saat hari-hari biasa.

Nah, kali ini saya akan menuliskan resep asli mageli turun temurun yang bahannya 100% kacang hijau dan bumbu-bumbu yang sangat mudah ditemukan. Mageli, merupakan penganan gurih incaran saat Ramadan.

Tentunya Mak sudah sering mengolah kacang hijau bukan? Apalagi saat Ramadan ini, kacang hijau laris manis menjadi olahan : bubur kacang hijau, sari kacang hijau, sebagai campuran es atau kolak, dan banyak lagi. Khusus mageli, kacang hijaunya akan berasa gurih. Yuk, kita coba Mak.

Bahan :

250 gr kacang hijau

Bumbu (jumlahnya sesuai selera) :

Bawang putih

Bawang merah

Daun bawang

Seledri

Cabai rawit

Cabai hijau besar

Cabai merah besar

Cara Membuat :

  1. Bumbu
  2. Potong tipis-tipis semua bumbu, tidak perlu dihaluskan. Tujuan penggunaan bumbu adalah membantu memadatkan kacang hijau, jadi selain tidak perlu dihaluskan (karena akan berair) gunakan bumbu dalam jumlah yang cukup banyak. Sesuai selera.
  3. Kacang hijau.
    Cuci bersih kacang hijau. Rendam dengan air bersih hingga kacang hijau benar-benar tenggelam. Tunggu selama semalam hingga empuk benar.
  4. Tiriskan kacang hijau yang telah direndam, hingga benar-benar tidak ada air yang tersisa.
  5. Haluskan kacang hijau. Jika menggunakan blender, pastikan tidak menambah air.
  6. Campurkan bumbu yang sudah dipotong dan kacang hijau yang sudah halus. Tambahkan garam secukupnya dan kaldu padat bila suka. Aduk dan mulai panaskan minyak goreng.
  7. Bentuk adonan kacang hijau, bila cukup padat bisa menggunakan tangan kok. Atau bisa juga dengan bantuan sendok.
  8. Goreng hingga kecokelatan.

Penganan Gurih Incaran Saat Ramadan

Mageli pun siap dinikmati. Oya, resep mageli asli ini sama sekali tidak menggunakan tepung atau tambahan telur lho Mak. Sehingga cocok untuk Mak yang lagi diet terigu atau pun telur. Untuk Mak yang lagi berpuasa dan tidak ingin pedas, bisa mengurangi penggunaan cabainya.

Selain mudah, kacang hijau juga menyehatkan ya kan. Untuk saya, mageli juga cocok untuk santapan sahur.

Jadi, selamat mencoba membuat Mageli, penganan gurih incaran saat Ramadan dan semoga suka ya Mak 🙂

*****

“Mageli: Penganan Gurih Incaran Saat Ramadan” merupakan post trigger #KEBloggingCollab dari kelompok Retno Marsudi yang ditulis oleh Lidha Maul, emak blogger asal Balikpapan.

Lidha Maul, Ibu Rumah Tangga yang saat ini mengelola dua blog www.bulirjeruk.com dan www.elemde.web.id

IG : @bulirjeruk