Halo, Emaks semua! Keknya udah lama nih, saya enggak ngisi web syantiek ini. Hehehe *lirik Makpuh* So, here I am, mau bahas soal konten lagi. Tahu nggak, Maks, konten apa saja sih yang biasanya laris didatangi pembaca dan sekaligus dishare? Menurut Buzzsumo, ada 5 jenis topik konten paling laris dibaca dan dishare loh (konten terlaris menurut survei Buzzsumo).

Eh, sebentar. Apa itu Buzzsumo? Ada yang sudah familier dengan Buzzsumo?

Buzzsumo adalah sebuah web yang menyediakan layanan data statistik konten yangg menjadi trend, Maks. Yahhh, kurang lebih kayak Google Trend gitu deh. Kalau kepo, Emaks bisa mengaksesnya di buzzsumo.com. Emaks bisa tuh ngepoin seberapa viralnya blog Emaks di Buzzsumo.

Buzzsumo ini menyediakan 2 jenis layanan, yaitu gratisan dan berbayar. Ya, yang gratisan biasanya sih cuma kasih liat data beberapa aja sih. Terbatas 10 search result, dengan 3 kali pencarian dalam satu hari, kalau belum berubah ya. Kalau mau data lebih lengkap ya kita mesti bayar. Tapi buat saya pun, yang gratisan juga sudah cukup kok.

Kalau mau lihat-lihat, coba saja masukkan URL blog Emaks, lalu klik Search. Nanti kelihatan artikel mana saja yang paling viral, setahun terakhir.

Nah, Buzzsumo ini juga paling rajin kasih report, konten seperti apa saja yang laris dibaca dan dishare. Dengan menelusuri data dari Buzzsumo, kita bisa loh, membuat konten yang disesuaikan dengan hasil survei mereka. Siapa tahu, konten kita juga jadi ikutan laris kan?

Menurut Buzzsumo, ada 5 jenis topik konten yang selalu laris dibaca dan dishare di dunia blogsphere.

1. Productivity Hacking

Waktu sepertinya memang jadi “musuh” utama setiap orang ya, Maks. Hehehe. Setiap orang pengin mengerjakan sesuatu lebih banyak dalam waktu yang sempit ini, kayaknya. Makanya, konten yang bahas soal produktivitas selalu jadi konten laris yang paling sering dibaca dan dishare oleh netizen. Semua orang juga sibuk kali ya. Jadi butuh waktu lebih banyak lagi dari 24 jam.

Either ways, Emaks juga bisa nyobain nih, bikin artikel soal produktivitas. Tinggal sesuaikan saja dengan pembaca blog Emaks.

2. Traveling

Yups. The travel industry is booming for a reason. Becaus we love to travel! Emang ada gitu yang nggak suka traveling? Ada?

Kayaknya sih nggak ada yang nggak suka traveling ya. Meski mungkin kalau emak-emak kayak kita gini belum bisa, tapi pasti deh, ada berharap. Suatu kali nanti bisa traveling ajak anak-anak. Amin, Maks? 😀

Yes. Setiap orang suka traveling. Mungkin itulah kenapa jadi banyak yang suka baca artikel traveling. Mau review tempat, atau roundup, atau tips bikin itinerary … pokoknya yang berhubungan dengan traveling pasti laris.

Bikin konten traveling juga nggak mesti blognya berniche traveling kok. Emaks bisa tuh “memasak” konten traveling, meski blog Emaks berniche kesehatan, misalnya.

Use your creativity, Maks! 😉

3. Kesehatan

Atau kalau Buzzsumo bilang sih “Fitness”.

Hari gini, semua orang pengin sehat, yes? Sayangnya, semua juga pengin cepat. Hahaha. Jadi, konten yang membuka rahasia gimana caranya bisa dapat six pack abs dengan cepat pasti laris. 😆

Dasar millenials. Sukanya serba instan.

Yuk, yang blognya sudah banyak bahas kesehatan, yuk, dikencengin yuuuk! Coba kreatif lagi dalam mengolah kontennya. Bisa dihubungin dengan yang trending-trending sekarang, bisa tuh!

4. Artikel how-to

Nah, ini bukan sembarang how-to, Maks. Tapi how to get what you want in life. Maksudnya gimana ituh?

Maksudnya, artikel yang bisa menginspirasi pembacanya untuk meraih mimpi hidupnya. Misalnya, how to get beasiswa untuk bisa bersekolah di luar negeri Atau, how to get hamil anak perempuan. How to merasa bahagia, meski uang di dompet tinggal 10rebu. How to mendapatkan promosi di kantor padahal bosnya super galak.

Yaaa, gitu deh, pokoknya. Yang menyajikan cara-cara gimana meraih mimpi atau cita-cita, itu biasanya laris.

5. Keuangan

Makin ke sini, orang makin sadar betapa pengelolaan uang yang cerdas itu penting. Pun soal, bagaimana mengelola gaji yang pas-pasan juga kali ya? Tip investasi pun, menurut Buzzsumo, masih banyak diminati, asal yang ringan-ringan saja.

Nah, buat Emaks yang sudah banyak bahas soal keuangan, bisa difokusin lagi niche blognya tuh. Sayang lo kalau nggak dikerjain secara serius, secara ini udah jadi konten laris menurut Buzzsumo.

Nah, itu dia 5 jenis konten terlaris menurut survei Buzzsumo.

Memang ada banyak faktor yang bisa memengaruhi satu konten itu bisa jadi konten laris atau enggak. Misalnya, seperti waktu posting, waktu sharing, judul, pengaruh nama penulisnya juga, dan pastinya kontennya sendiri.

Tapi memang, semua balik lagi ke topik kontennya. Apakah memang topik tersebut adalah topik yang dicari oleh orang banyak?

Dan, pastinya, ini hanya sekadar data yang terkumpul ya, di Buzzsumo. Not all these topics will work for every blog. Kita tetap harus memperhitungkan audience blog kita sendiri juga. Dari mana kita bisa melihat demografi audience blog kita? Dari Google Analytics pastinya.

Ya memang sih, zaman now, orang suka asal ngeshare tanpa baca. Namun, Buzzsumo mengasumsikan orang akan baca dulu, suka dan baru ngeshare dalam surveynya ini. Ah. Positive thinking sekali ya, Buzzsumo ini 😆

Semoga sharing soal konten terlaris menurut survei Buzzsumo kali ini bermanfaat ya!

Keep blogging!