Hello mak, siapa yang sudah tidak sabar untuk merayakan hari Raya Idul Fitri bersama keluarga di rumah? Kegiatan mudik memang sesuatu yang ditunggu-tunggu setiap tahun dan harus dipersiapkan jauh-jauh hari. Yang tinggal jauh dari rumah orang tua, mungkin dari sebelum puasa sudah memesan tiket untuk pulang. Bagi yang sedang hamil, persiapan yang dilakukan sebelum dan saat mudik tentu memerlukan perhatian khusus, terutama apabila ingin mudik menggunakan pesawat terbang. Apa saja persiapan dan tips mudik dengan pesawat untuk ibu hamil? Scroll down to read!

Mudik Lebaran

 

Pesawat terbang merupakan metode transportasi populer untuk berpergian, terutama pada saat mudik Lebaran. Pesawat merupakan metode transportasi tercepat untuk mencapai suatu destinasi dan beberapa maskapai menawarkan tiket yang cukup terjangkau bagi semua kalangan. Hal ini membuat pesawat metode yang umum digunakan saat mudik terutama apabila berpergian antar pulau.

Ibu hamil boleh berpergian menggunakan pesawat. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan berdasarkan pengalaman saya mudik tahun 2016  dengan rute Lombok-Surabaya-Madiun-Solo-Bogor). Silakan disimak beberapa tips di bawah ini ya.

Persiapan Ibu Hamil Sebelum Mudik

  1. Pilih waktu yang tepat

Waktu kehamilan terbaik untuk melakukan penerbangan adalah saat trimester kedua atau saat kandungan berumur 14 hingga 28 minggu. Namun tidak menutup kemungkinan bagi yang di luar trimester kedua untuk melakukan perjalanan. Tips mudik dengan pesawat terbang nomor satu adalah : pilih waktu penerbangan yang pas dan tidak memberatkan ibu hamil. Contohnya adalah pada saat saya hamil trimester pertama, saya melakukan penerbangan pada sore hari untuk menghindari rasa mual yang sering terjadi di pagi hari.

  1. Konsultasikan dengan dokter kandungan.

Secara umum, terbang dengan pesawat relatif aman bagi ibu hamil sampai umur kehamilan 36 minggu. Namun karena kondisi masing-masing ibu berbeda, perlu konsultasi dengan dokter kandungan mengenai rencana berpergian menggunakan pesawat jauh-jauh hari. Jangan lupa juga untuk meminta surat izin dari dokter untuk melakukan perjalanan dengan pesawat.

Tips Mudik dengan Pesawat

  1. Check kebijakan maskapai.

Setiap maskapai memiliki kebijakan yang berbeda untuk ibu hamil. Contohnya adalah perbedaan maksimum umur kehamilan untuk terbang dan kebijakan mengenai masa berlaku surat izin dokter. Silahkan check terlebih dahulu agar tidak ada kendala saat berpergian.

  1. Persiapkan semua kebutuhan jauh-jauh hari.

Buatlah list dan berkemas jauh-jauh hari dan tidak mepet dengan hari penerbangan. Hal ini dilakukan agar tidak ada barang penting yang tertinggal. Sortir apa yang perlu dibawa di dalam cabin pesawat dan apa yang bisa masuk ke dalam koper di bagasi. Ingat ibu hamil tidak boleh stress, jadi usahakan jangan terburu-buru dan terlalu mepet ya.

Agar nanti pada saat berpergian tidak ada kendala, saya punya beberapa tips mudik dengan pesawat yang bisa diterapkan pada saat berada di dalam pesawat.

Tips Mudik dengan Pesawat

  • Bawalah snack atau makanan ringan seperti biskuit, buah untuk menghilangkan rasa mual atau untuk menjaga asupan energi ibu hamil.
  • Kalau boleh, pilihlah kursi di tengah pesawat (dekat dengan sayap) untuk menghindari/meminimalisir efek guncangan/turbulensi di udara. Untuk tempat duduk bisa memilih di dekat jendela atau jika merasa akan bolak-balik ke kamar kecil, bisa memilih kursi di sebelah lorong.
  • Konsumsi banyak cairan namun hindari mengkonsumsi minuman yang mengandung gas.
  • Kenakan pakaian yang nyaman dan longgar. Gunakan pregnancy belt apabila dirasa perlu
  • Pakai sabuk pengaman di bawah perut, agar tekanan tidak mengarah langsung ke perut.
  • Apabila terbang jarak jauh, luangkan waktu untuk jalan-jalan atau streching minimal setiap 30 menit sekali untuk merenggangkan otot dan menghindari terjadinya kram.
  • Bawa selalu catatan Emergency Contactyang berisi info kontak yang dapat dihubungi (suami, keluarga dan dokter kandungan) jika terjadi hal-hal darurat.

Nah bagaimana, sudah siapkah para bumil untuk berpergian menggunakan pesawat? Semoga tips di  atas bermanfaat ya. Have a safe flight dan selamat mudik!

***

Tips Mudik dengan Pesawat untuk Ibu Hamil merupakan post trigger #KEBloggingCollab untuk kelompok Dee Lestari yang ditulis oleh Faradila Danasworo Putri.

Faradila adalah seorang millenial mom dan blogger lifestyle yang sering menulis hal-hal yang berkaitan dengan parenting, kesehatan dan kecantikan. Silahkan kunjungi blognya di www.faradiladputri.com untuk melihat berbagai tips, review dan juga reportase event.