Hola Mak, yang aktif di media sosial, sering nonton tevelisi atau browsing-browsing website, sering lihat laki-laki berwajah tampan berseliweran di timeline kita? Suka kagum nggak dengan ketampanan atau kemulusan wajah para lelaki itu?  Trus mikir, kira-kira berapa besar yang biaya perawatan wajah laki-laki biar hingga tampak menarik, cerah, dan bersinar. 

Kalau para lelaki yang menjadi model atau ambassador suatu produk atau brand, wajar sih ya melakukan perawatan wajah. Kalau laki-laki biasa atau ordinary people gitu lho, pekerja biasa, perlu nggak sih melakukan perawatan wajah seperti halnya perempuan. 

Kalau perlu, apa saja yang harus dilakukan dalam perawatan wajah laki-laki? Nggak mesti perawatan wajah yang mahal atau punya anggaran sendiri untuk perawatan, yang sederhana saja, kan namanya laki-laki kalau bisa sih nggak mengalahkan perempuan dalam merawat wajah. 

Pentingkah Perawatan Wajah Laki-laki 

Laki-laki tidak hanya peduli soal bau badan ya. Wajah juga harus dipedulikan. Nggak mesti bertele-tele seperti perawatan wajah untuk perempuan, laki-laki perlu juga lho melakukan perawatan wajah biar nggak tampak kusam,  wajah nggak bruntusan atau tak mulus, komedo menumpuk atau yang berkulit gelap makin gelap karena jarang dibersihkan. 

Dari berbagai sumber, minimal laki-laki melakukan perawatan wajah seperti rajin mencuci muka setiap hari. Bukan hanya pada saat mandi lalu mencuci muka, tapi mencuci muka sendiri seperti sebelum tidur malam. 

Mengapa laki-laki juga perlu membersihkan wajah sebelum tidur setiap hari? Karena aktivitas sehari-sehari (apalagi buat pekerja laki-laki yang sering bekerja di luar ruangan, pekerja lapangan), kotoran dan keringat pasti menumpuk di kulit wajah, yang tidak tertutup. 

Berikut ini perawatan wajah laki-laki yang sederhana dan tidak ribet dilakukan. 

  1. Membersihkan Wajah. Minimal dua kali sehari membersihkan wajah. Sebelum tidur, lakukan pembersihan wajah dengan menggunakan sabun pencuci wajah yang sesuai atau cocok dengan kondisi kulit. Banyak produk sabun untuk cuci wajah yang dikhususkan untuk laki-laki. 
  2. Setelah dibersihkan, keringkan dengan handuk, lalu gunakan toner atau penyegar agar kulit segar dan lembab. Jangan lupa, di pagi hari sebelum beraktivitas menggunakan pelembab sesuai kondisi kulit . Fungsi pelembab atau moisturizer ini tentu saja untuk melembabkan kulit. Kalau yang pekerja lapangan, ditambahkan dengan menggunakan tabir surya atau sunscreen.
  3. Seminggu sekali melakukan masker wajah  karena kulit wajah laki-laki pun rentan dari bakteri dan kotoran. Kotoran tersebut bisa menyebabkan komedo dan jerawat atau pun masalah kulit lainnya. Dengan rutin melakukan masker wajah seminggu sekali, bisa terhindar dari masalah kulit. 
  4. Mencukur bulu atau rambut di wajah agar tampak bersih. Walau pun laki-laki memilih untuk berkumis atau berjenggot, tetap perlu dicukur atau dipotong biar rapi dan menjaga kebersihan kulit. Setelah mencukur jangan lupa gunakan After Save ya, biar wangi kalau bertemu dengan orang lain.

Tiga hal itu sih yang perlu dilakukan para laki-laki dalam menjaga kesehatan kulit wajah. Sebenarnya banyak perawatan wajah laki-laki yang bisa dilakukan, kalau memang mengutamakan penampilan dalam berinteraksi sosial. Ini perawatan wajah sederhana untuk laki-laki, jangan dibandingkan dengan perawatan wajah ala laki-laki metroseksual ya. Beda kelas itu.

Skincare basic untuk laki-laki juga nggak seribet perempuan. Kecuali memang ingin totalitas dalam merawat kulit wajah, seperti menggunakan serum, melakukan pencegahan keriput, atau eksfloliasi atau pengelupasan sel kulit mati.

Hal penting lainnya yang perlu dilakukan laki-laki agar kulit selalu sehat adalah menghindari rokok dan gaya hidup sehat melalui olah raga dan pola makan sehat. Perbanyak minum air putih, makan sayur dan buah-buahan.

Untuk produk perawatan wajah laki-laki sudah banyak yang jual kok, bahkan di minimarket pun bertebaran produk perawatan wajah laki-laki. Mulai dari yang harganya murah sampai yang paling mahal pun ada. Malas membeli di minimarket atau toko kosmetika?

Hidup tak perlu dibuat susah, zaman sekarang, dengan modal gadget sudah bisa berbelanja online. Pilih produk sesuai kondisi kulit, klik, masukan ke keranjang belanja, selesaikan data yang diperlukan, transfer, lalu tinggal menunggu barang dikirim. Gampang kan?

Buat para perempuan atau emak, ayo diajak pasangannya untuk melakukan perawatan wajah, kan kalau bersih dan wangi, perempuan juga yang senang kan. Punya pasangan nggak dekil-dekil amat, senang kalau jalan berdampingan.