Hai, Mak! Sekarang saya mau share beberapa tools yang mungkin bisa Emak manfaatkan untuk membantu meningkatkan produktivitas Emak dalam membuat konten untuk blog.

Nah, permasalahan bloger itu sebenarnya sama aja sih. Bloger mana pun itu pasti ngerasain pernah ada di titik enggak produktif. Ya kan? Penyebabnya sih banyak. Dan bisa jadi solusinya juga lebih banyak lagi, karena tergantung pada penyebabnya.

Tapi di bahasan malam ini sih enggak semuanya kita bahas. Bisa jadi buku mah. Hahaha. Kita batasi pada permasalahan waktu, fokus, dan organizing ya 😉

Nah, ini dia beberapa tools yang bisa Emak pakai untuk meningkatkan produktivitas ngeblog

1. E.ggtimer.com

Tool meningkatkan produktivitas - eggtimer

Nah, ini adalah salah satu tool meningkatkan produktivitas khusus buat Emaks yang suka terdistraksi nih. Sebenarnya ada sih waktu buat nulis, tapi kadang jadi keasyikan skrol IG atau Twitter. Hehehe.

Kalau Emak sudah tahu teknik Pomodoro, nah ini nih tool yang pas buat teknik tersebut. Kalau misal nggak bisa pakai stopwatch yang di hape. Misalnya.

Free ini Mak.

Catatan aja, kalau pas lagi fokus nulis dan pake teknik Pomodoro ini yah, maka kita mesti singkirkan semua pengganggu.

 

2. Toggl.com

tool meningkatkan produktivitas - toggl

Ini hampir sama dengan Eggtimer, fungsinya time tracker. Bantu kita untuk fokus nulis dalam jendela waktu tertentu.

Paling oke untuk teknik Pomodoro.

Toggl ini ada layanan gratis dan berbayar. Pastinya yang berbayar lebih banyak fiturnya ya. Silakan dicobain saja ya, Mak!

 

3. focusboosterapp.com

tool meningkatkan produktivitas - focusboosterapp

Nah, kalau yang 2 di atas tadi web based, Focus Booster ini mobile app, Mak. jadi bisa diinstal di hape Emaks semua. Bagusnya mobile apps, ya dia punya catatan rekor kita dan bisa dilihat lagi dengan mudah.

 

4. Evernote.com

tool meningkatkan produktivitas - evernote

Evernote ini aplikasi mobil untuk mengumpulkan dan menulis segala macam catatan di handphone.

Saya juga pakai Evernote ini, soalnya ya handy sih. Apalagi ada software buat desktop dan mobile apps yang bisa di-sync-ed. Jadi catatan kita mau dibuka dan dikerjain di hape atau di laptop, asal sudah diinstal, bisa aja. Online.

Evernote juga bisa jadi bookmarking. Di Chrome ada extensionnya. Jadi tinggal klik aja. Praktis dalam 1 aplikasi.

 

5. en.todoist.com

tool meningkatkan produktivitas - todoist

Ini dia tool yang bisa bantu meningkatkan produktivitas, terutama buat bantu Emak bikin to do list nih. Biar job-jobnya nggak kelewatan deadline nih, Mak! 😀

 

6. Trello.com

tool meningkatkan produktivitas - trello

Trello adalah aplikasi manajemen proyek sebenarnya, Mak. Biasanya dipakai oleh tim-tim kreatif, terutama mereka yang bekerja secara remote.

Kalau biasanya ada yang punya kebiasaan bekerja dengan menggunakan post-it, yang ditulisin dengan tugas-tugas atau catatan-catatan, nah Trello ini bisa menggantikan semua post-it tersebut dalam bentuk aplikasi. Jadi lebih paperless kan 😀

Sssttt, saya juga pakai Trello ini loh. Hehehe. So iyes ya? 😆

Trello juga ada aplikasinya di Android, Mak. Sepertinya juga ada di AppStore. Silakan dicek ya 🙂

 

7. Asana.com

tool meningkatkan produktivitas - asana

Yang ini 11-12 sama Trello sih, yaitu tool untuk manajemen proyek tapi bisa digunakan juga untuk meningkatkan produktivitas kita dalam ngeblog. Tinggal preferensi aja mau pakai yg mana. Dua-duanya ok.

8. LastPass.com

tool meningkatkan produktivitas - lastpass

Nah, buat Emaks yang suka susah mengingat password–kayak saya–whaaaa, emang perkara banget ini ya 😆 Coba deh dihitung, berapa banyak akun berpassword yabg satu per satu harus Emak ingat? BUANYAK ya? 😀

Tapi, tenang. LastPass akan bantu mengingat semua password yang pernah Emak bikin, Mak. Karena, kan sebaiknya kita jangan pakai password yang sama ya, Mak. Tapi memang bakalan susah dong mengingat satu per satu. Nah, coba minta bantuan sama LastPass deh.

 

9. Coffitivity.com

tool meningkatkan produktivitas - Coffitivity

Nah, Mak. Kadang kita mesti bekerja di lingkungan yang bising atau crowded. Susah dong ya buat fokus? Iya. Salah satu solusi untuk meningkatkan produktivitas meski harus bekerja di lingkungan bising ini adalah pakai headphones lalu dengarkan musik. Jadi bisa ngeblok suara-suara dari luar.

Tapi, kalau dengerin musik malah jadi ikut nyanyi!

Nah, itu dia. Pilihan musiknya dong yang sesuai. Coffivity ini punya playlist lagu-lagu yang bisa bikin kita fokus. Bukan sekadar musik yang kita suka. Tapi jenis musik yang mampu menstimulasi otak.

 

Nah, itu dia beberapa tools yang bisa Emak cobain untuk membantu meningkatkan produktivitas dalam ngeblog. Ada yang mau nambahin? Sok, ditambahin. Ditulis di kolom komen ya, Mak!