Tidak banyak orang yang menjadikan aktivitas blogging sebagai pekerjaan utama. Ada yang menjadikannya sebagai pekerjaan sampingan atau sekadar hobi pelepas penat selepas bekerja. Apa pun itu, ngeblog tetap saja membutuhkan konsistensi agar selalu produktif. Sekali terlena dengan godaan hiatus, susah sekali untuk mengumpulkan energi dan bangkit lagi. Memulai, memang selalu menjadi perkara yang tidak mudah. Lalu bagaimana meningkatkan produktivitas ngeblog?

Salah satu alibi yang sering dilontarkan oleh blogger, tidak produktif menulis di blog adalah kesibukan di dunia nyata. Sibuk sibuk sibuk. Padahal sebenarnya sih bukan perkara sibuknya, tapi prioritasnya. Kalau blog adalah sesuatu yang masuk dalam daftar prioritas, tentu sesibuk apa pun, masih akan menyempatkan diri menengok rumah maya itu. Dan menurut pengalamanku, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan produktivitas ngeblog meskipun diterjang kesibukan di dunia nyata.

Meningkatkan Produktivitas Ngeblog

 

6 Alasan Ini Bikin Kamu Asyik Ngeblog, Dibaca Ya

  1. Punya Bank Ide

Siapa yang punya kebiasaan ketika buka laptop, bukannya nulis malah bengong, hayo? Niat hati sih pengen nulis. Apa daya, ide nggak punya. Akhirnya bengong menatap layar kosong, lalu akhirnya pindah haluan, buka online shop aja deh daripada bengong berkepanjangan.

Memang sebel ya, kalo udah semangat 45 buat nulis, tapi ide justru mampet di saat yang tidak tepat. Karena ya begitu lah si ide ini. Muncul dan perginya nggak bisa diprediksi. Tapi masalah seperti ini bisa diakalin kok. Caranya, saat ide muncul, langsung ditangkap, diikat dalam tulisan, masukkan dalam bank ide. Jadi ketika punya waktu luang lumayan panjang, tinggal ketak ketik, beres deh. Bisa merampungkan satu dua postingan sekali duduk kan lumayan. Lumayan banget malah.

Coba deh, bawa note kecil kemana-mana buat nampung ide. Atau, kalau misalnya malesan bawa-bawa note, ya udah bisa install aplikasi note di smartphone. Banyak pilihan aplikasi yang gemay-gemay (gemas, red) untuk dicoba.

Meningkatkan Produktivitas Ngeblog

 

  1. Mengurangi Intensitas Membuka Media Sosial

Di zaman sekarang ini, info job blog maupun buzzering, gampang ditemukan di media sosial. Kalau tidak buka medsos, walah.. bisa ketinggalan job dong. Betul. Tapi nggak berarti juga tiap jam harus buka media sosial. Cukup maksimal 3 kali saja dalam sehari. Update ini itu, stalking akun ini itu, memang menyenangkan, tapi sayang sih waktunya. Karena buka media sosial itu seolah candu. Scroll up, scroll down, eh tau-tau udah sejam dua jam berlalu. Kalo dipakai buat nulis, udah dapet berapa lembar, sist?

Daripada terlalu sering buka medsos, lebih baik sering-sering nyiapin bahan blogpost. Buka medsos diganti dengan aktivitas cari bahan tipis-tipis buat blogpost. 15 menit kali 5 kali waktu senggang aja dalam sehari udah lumayan banget buat ngumpulin bahan. Yoi, keputusan ada padamu, mau memanfaatkan waktu senggang untuk melakukan aktivitas berfaedah, meningkatkan produktivitas ngeblog atau sekedar buka-buka medsos sampai capek?

Meningkatkan Produktivitas Ngeblog

 

  1. Mengikuti Program Share Link di Grup Komunitas

Di komunitas blogging biasanya punya program share link blogpost terbaru, sekalian blogwalking dan share link di media sosial. Dan aku suka sekali mengikuti program share link ini, karena sukses ‘memaksa’ untuk rutin menulis setidaknya dua kali dalam seminggu. Rugi dongs tidak ikut program kece macam begini. Sekali ikutan biasanya bisa menjaring cukup banyak komentar. Blogger mana sih yang tidak senang blogpostnya dibaca dan dikomentari? Jadi semacam moodbooster agar ngeblognya lebih semangat.

Tapi ya kalo berani ikutan program share link ini, nggak boleh curang. Harus kunjungan balik, komen balik, melakukan balasan share link. Jangan maunya dikomen, tapi tidak mau komen. Hoho. Beda cerita kalo di luar program grup yas, mau komen di blogpostnya siapa pun yang disuka & sesuai selera sih bebas, tidak wajib ada balas-balasan.

Meningkatkan Produktivitas Ngeblog

 

  1. Mengikuti Lomba/Giveaway Menulis

Wah, ini sih tips andalanku sekali dalam meningkatkan produktivitas ngeblog. Karena lomba/giveaway memberikan tantangan baru yang minta ditaklukkan. Kalau untuk lomba, biasanya nulisnya lebih serius, risetnya juga gak main-main. Sampai ke urusan pernak pernik blogpost seperti foto & video juga dikerjakan dengan lebih semangat. Selain mengincar hadiah, biasanya artikel lomba juga mendatangkan pageviews yang lebih tinggi. Bonusnya adalah menemukan teman-teman baru yang juga ikutan lombanya, karena biasanya saling intip artikel lawan ya kan hehe.

Oh iya, dulu, saat awal-awal ngeblog di tahun 2012an akhir, aku belajar cara masang backlink, insert gambar, embed video youtube ke postingan blog, semuanya berkat ngelomba. Yang awalnya nggak tahu, jadi semangat mencari tahu. Yang awalnya nggak bisa, jadi nyari celah gimana caranya biar bisa. Ngelomba itu sungguh banyak manfaatnya.

 

Meningkatkan Produktivitas Ngeblog

 

  1. Selalu Ingat Tujuan Awal Ngeblog

Punya tujuan ngeblog itu penting, biar ngeblognya semangat & nggak ngeblur. Mau cari uang jajan tambahan, mengabadikan moment, memeluk kenangan, ingin melatih skills menulis, ingin sharing dan lain-lain, bebas tujuannya, bebas. Goals ngeblog menjadi semacam pondasi yang menguatkan, biar jadi blogger tangguh. Males males dikit masih bisa lah dimaklumi, tapi kalau betah sekali merawat kemalasan, nah itu yang mesti dilawan. Kadang ya nulis itu mesti dipaksa, meski memang hasilnya akan seadanya.

Tapi, kamu pilih mana? Tulisan yang tidak sempurna namun adaatau tulisan yang sempurna tapi sekedar bercokol dalam imajinasi?  Nulis saja dulu, editing punya bagiannya sendiri. Kita bahkan nggak bisa mengedit tulisan yang tidak pernah ada.

 

Meningkatkan Produktivitas Ngeblog

 

 

Nah, jadi itulah 5 tips untuk meningkatkan produktif ngeblog yang aku terapkan selama ini. Kalau tidak bisa mengais-ais semangat dari dalam diri, mungkin kita perlu melihat ke luar, berteman dengan lebih banyak blogger biar kecipratan semangat & produktivitas ngeblognya. Semangat menulis, semangat berbagi yay!

***

5 Tips Meningkatkan Produktivitas Ngeblog Meski Sibuk, merupakan post trigger #KEBloggingCollab untuk kelompok Dian Sastro, yang ditulis oleh Intan Novriza Kemala Sari.

Intan adalah nara blog di www.inokari.com dan www.ketimpukbuku.com, sehari-hari bekerja sebagai radio announcer bertemakan serba serbi budaya Indonesia.

Sering update keseharian di Instagram @inokari_ @inokaridotcom & bicara serba serbi buku di @ketimpukbuku. Sesekali  ngetwit di @inokari_ tentang blog & lifestyle.