Ada orang yang bilang kalau dalam bekerja yang paling penting adalah memiliki otak cerdas. Kira-kira Emak setuju nggak dengan pernyataan di atas? Dalam kenyataannya di dunia profesional, kepintaran saja ternyata belum cukup. Sebagai manusia yang pastinya berhubungan dengan orang lain kita harus bisa berpenampilan yang presentable. Tidak jarang juga kita sering melihat ada lowongan pekerjaan menuliskan “berpenampilan menarik” sebagai salah satu persyaratan untuk posisi tertentu. Betapa pentingnya menjaga penampilan dalam urusan profesionalitas ya, Mak.

Bagi saya, apapun jenis pekerjaannya, kita harus tetap berpenampilan yang baik. Misalnya bekerja di dalam kantor, tentu kita juga harus menjaga penampilan untuk menghormati teman sejawat dan juga atasan. Apalagi yang sehari-hari pekerjaannya bertemu dengan klien atau pelanggan, pasti perusahaan juga tidak mau citranya menjadi buruk karena penampilan karyawannya.

Lalu berpenampilan yang baik itu seperti apa sih?

Pentingnya Menjaga Penampilan dalam Urusan Profesionalitas?

Jadi ingat dulu saat masih baru pertama kali bekerja, mama selalu jadi polisi penampilan buat saya. Mama sering marah kalau saya pergi ke kantor dengan pakaian tidak rapi. Katanya, itu artinya tidak menghargai atasan dan rekan kerja saya.

Banyak perusahaan juga menerapkan peraturan tidak boleh menggunakan jeans dan juga sandal jepit. Untuk perusahaan konvesional sih wajar ya untuk tidak menggunakan pakaian yang casual.

Terkait dengan Penampilan, Dibaca juga ya Mix & Match Busana Agar Tampil Keren

Namun sekarang banyak juga perusahaan start-up yang walaupun dalam keseharian sering bergaya santai, tapi tetap tidak mentoleransi karyawannya yang memakai sandal jepit.

Saya dengar juga, karyawan-karyawan di industri tertentu seperti bank, mereka diberikan budget khusus untuk biaya kecantikan, terutama untuk karyawan yang berada di barisan depan perusahaan.

Ternyata sebegitu pentingnya menjaga penampilan dalam bekerja ya.

Semenjak bekerja pun saya menyadari, bahwa dengan menggunakan makeup-lah salah satu cara saya memperbaiki penampilan secara instan. Mungkin akan terdengar menyebalkan, tapi kalimat saya setelah ini mungkin ada benarnya. Bahwa tidak semua wanita di dunia ini dianugerahkan dengan wajah “I woke up like Dian Sastro or Raisa”. Hehehe.

Tapi jangan sedih, Mak. Kata orang cantik itu relatif. Tapi kalau rapi dan wangi itu absolut. Ya, gak?

Berpenampilan baik itu pun tidak selalu harus mahal dan mewah. Ada banyak cara untuk memadu padankan pakaian agar tetap terlihat cocok dengan badan kita.

Sekarang ada banyak toko online yang berlomba-lomba untuk memberikan penawaran harga yang menarik. Bahkan saya juga punya tips baru membeli baju untuk urusan pekerjaan, yaitu dengan membeli baju second yang masih terlihat baru saat dipakai.

Lalu soal makeup, sekarang sudah banyak kosmetik yang harganya terjangkau. Mau itu kosmetik lokal ataupun merek luar negeri yang dijual di drugstore, semuanya bisa dicari. Belajar makeup pun semuanya sudah mudah karena banyak video tutorial makeup yang sederhana sampai yang kelihatan mewah. Pokoknya tinggal disesuaikan.

Selanjutnya tinggal kita pintar merawat kulit saja sebagai investasi jangka panjang untuk kulit. Karena kalau kulit sudah sehat mau pakai makeup apa saja akan lebih mudah.

Buat emak-emak yang berprofesi sebagai blogger pun saya yakin selalu berusaha all out saat diundang untuk hadir ke sebuah acara. Entah itu bela-belain cari baju sesuai dengan dress code, pakai makeup agar terlihat lebih fresh, dan masih banyak lainnya.

 

Pentingnya Menjaga Penampilan

Semua memang dilakukan karena ingin menghargai tuan rumah yang telah mengundang dan juga menjaga sikap profesionalitas.

Akhir kata, walaupun tidak selalu, menurut saya first impression itu cukup penting untuk semua orang entah apapun itu profesinya. Apalagi jika ditambah dengan attitude dan kecerdasan yang baik, maka semakin lengkap deh kualitas dari dalam diri.

***

Lia Harahap, Nara Blog di http://liaharahap.com/

Instagram: @liaharahap_lh
Facebook Fan Page: Lia Harahap
YouTube Channel: Lia Harahap