Dikerjakan sejak awal tahun 2019, naskah dari 10 cerita anak dengan ilustrasinya selesai pada awal September 2019. Dan pada Sabtu, 30 November 2019 lalu, bertempat di Ruang Serba Guna Perpustakaan Nasional Institut Teknologi Bandung (ITB), Jawa Barat, diadakan Bedah Buku sekaligus Launching Buku Aku dan Alam Semesta.

Dikutip dari blog penulis buku De Laras (nama pena dari Diadjeng Laraswati), “Aku dan Alam Semesta merupakan buku solo ke-8 di tahun ke-5  De Laras dalam dunia penulisan buku. Selain menulis buku, De Laras juga aktif di dunia blogging (blog) dan fotografi.

Keseluruhan cerita dari buku Aku dan Alam Semesta ini ditulis sendiri dengan bantuan narasumber yang berkompeten menguasai alam semesta yaitu Profesor Bambang Hidayat dari ITB. Ada pun untuk ilustrasinya, dikerjakan oleh Tanti Amelia, seorang blogger yang juga ilustrator. Penulis dan ilustrator buku cerita anak berlatar belakang ilmu pengetahuan terutama alam semesta ini merupakan member Kumpulan Emak Blogger (KEB).

Launching Buku Aku dan Alam Semesta

Dalam launching buku Aku dan Alam Semesta ini, narasumber yang hadir antara lain:

  • Bapak Ir. Arief Arianto, MS.Ag, yang telah memberi kata sambutan, mewakili Prof Bambang Hidayat.
  • Pak Edi Warsidi (ITB Press)dan
  • Kang Ali Muakhir(Forum Lingkar Pena dan Komunitas Penulis Bacaan Anak)
  • Tanti Amelia, illustrator

Sedikit cerita di balik ilustrasi untuk buku Aku dan Alam Semesta diceritakan oleh Tanti Amelia, sang ilustrator. Pada saat proses penulisan buku, ia dan De Laras sering berdiskusi melalui email dan whatsapp saja, karena kesibukan ketiganya; De Laras sebagai penulis yang juga merupakan pelaksana madya di BPPT, Prof. Bambang Hidayat yang seorang saintis dan astronom terkenal dari Bosscha, dan Tanti.

Bahkan untuk memudahkan Prof Bambang mengkoreksi naskah, agar tidak salah narasi, naskah dan gambar beberapa kali dikirim melalui pos dalam bentuk hardcopy.

Mulanya, De Laras hanya membuat dua atau tiga buah cerita, namun saat dilihat ada benang merah di antaranya, diputuskan untuk membuat sebuah buku bergambar dengan sepuluh cerita. Kesepuluh cerita ini adalah cerita tentang anak-anak Indonesia dari Sabang hingga Merauke.

De Laras berniat untuk mengembangkan buku ini menjadi cerita berseri, dan gayung bersambut datang dari Ir. Ari yang juga sahabat De Laras di BPPT. Beliau mengatakan, akan membantu hingga buku ini dapat menjadi cinderamata untuk setiap anak yang berkunjung ke Observatorium Bosscha kelak.

Keberuntungan tak hanya sekali, karena pada saat acara launching buku Aku dan Alam Semesta juga disupport penuh oleh Faber Castell. Merek ternama ini, telah lama digunakan sang illustrator untuk menggambar dan mewarnai. Selain kemudahan dalam menggoreskan pensil, pena dan marker, warna-warna yang dihasilkannya juga cemerlang.

Launching Buku Aku dan Alam Semesta

 

Pada kesempatan ini, penulis juga membagikan hadiah kuis dan doorprize kepada tamu yang hadir, yaitu emak blogger dan para mahasiswa serta tamu undangan.

Acara yang diliput oleh media MQ-TV ini juga didukung oleh Faber Castle, Red Doorz Hotel, ITB Press, Harris Hotel, Musafir Guest House Solo, Dunkin Donuts, dan Tiara Book Store.

Dua orang pemenang kuis berhadiah adalah Siti Halimah Sadiah dari Forum Lingkar Pena dan Ima Rochimah dari Kumpulan Emak Blogger Bandung.

Lima orang pemenang voucher menginap adalah Ibu Ely dari Bosscha dan Ibu Maria G Soemitro untuk menginap satu malam di Musafir Guest House di Solo, Nurul Wachdiyyah untuk menginap satu malam di Hotel Harris Ciumbuleuit Bandung. Terakhir Nathalia DP dan Alaika Abdullah menginap satu malam di Hotel Red Doorz.

Launching Buku Aku dan Alam Semesta

Penulis juga menyempatkan diri menandatangani buku-buku yang dibeli oleh para pengunjung yang hadir.