Hola Maks, di antara emak semua, ada yang punya anak perempuan kelahiran 2010 dan setelahnya?  Katanya, anak perempuan yang lahir setelah tahun 2010 adalah generasi Alpha. Generasi yang terbiasa dengan teknologi informasi. Generasi yang kuat dan percaya diri. Btw, bagaimana sih mendidik anak perempuan generasi itu?

Mendidik Anak Perempuan Generasi Alpha Female

Jika anak kita terlahir di tahun 2010 dan tahun-tahun setelahnya, maka mereka termasuk generasi Alpha, generasi Abad 21, anak-anak yang sudah terbiasa dengan kecanggihan teknologi informasi, bahkan sejak mereka di dalam kandungan.

Ya gimana enggak sejak dalam kandungan terimbas teknologi informasi ya. Ibu yang mengandung anak-anak generasi alpha ini, merupakan generasi millenial, generasi X dan Y, yang gemar berinteraksi sosial melalui teknologi. Tak sedikit dari calon ibu dari generasi alpha ini berbagi kebahagiaan mereka di media sosial, terutama saat mengandung/hamil.

Orang-orang yang terlahir sebagai generasi Alpha ini digolongkan sebagai orang yang percaya diri dan mandiri. Kuat, tahu banget siapa dirinya, dan tentu saja pola pikir yang mumpuni.

Lalu bagaimana mendidik anak perempuan generasi Alpha ini?

Dikutip dari Babyologi, setidaknya ada 17 cara untuk mendidik anak perempuan generasi Alpha agar kuat dan mandiri. Saya sharing 10 cara ya.

  1. Puji Karakter dan Perilakunya, Bukan Penampilannya

Untuk anak generasi Alpha, dan sebagai bekal mereka nantinya (saat dewasa) berinteraksi dengan dunia, lingkungannya, orang lain, mengejar cita-cita, orang tua harus menumbuhkan karakter dan perilaku yang kuat. Karena itu, sangat penting memuji karakter dan perilaku yang positif.

Sekarang, sudah tidak zamannya lagi memuji-muji atau mendewakan penampilan. Tapi, tetap diingatkan kalau penampilan mereka harus menarik, tidak awut-awutan.

  1. Semua anak adalah istimewa. Begitu pun dengan anak perempuan. Semua anak perempuan di dunia ini mampu dan bisa melakukan hal-hal yang brilian. Orang tua harus meyakinkan anak seperti itu.
  1. Dalam mendidik anak perempuan agar menjadi sosok yang kuat, orang tua harus mendengarkan keinginan mereka dengan serius. Menghargai pikiran dan idenya.
  1. Rayakan keunikannya. Ajarkan anak untuk menjadi diri sendiri dan bangga akan keunikan yang mereka miliki. Ini ada cara terbaik menumbuhkan rasa percaya diri.
  1. Dorong anak perempuan generasi Alpha kita untuk berpikir kritis dan menjunjung tinggi kebenaran.

Anak perempuan (juga anak laki-laki) sejak dini diajarkan untuk tidak begitu saja menerima informasi, belajar bertanya dan mencari jawaban yang akurat.

  1. Banyak informasi yang didapat dari media mainstream, namun sejak dini, anak terutama anak perempuan yang diharapkan menjadi generasi Alpha yang mandiri dan kritis, dijauhkan dari media mainstream. Jangan sampai anak keasyikan dengan suguhan media mainstream.
  1. Saat remaja, tidak bisa dipungkiri kalau bentuk tubuh sangat berpengaruh pada perkembangan emosional anak. Ajari anak untuk menghargai dan bangga terhadap ukuran tubuhnya. Jangan sampai terobsesi dengan tubuh ideal. Ajak anak perempuan untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan dan fokus bahwa tubuh yang sehat lebih baik dari pada ukuran.
  1. Dalam mendidik anak perempuan Generasi Alpha, punya role model itu penting. Keluarga, Sahabat atau teman, atau orang-orang di sekitar kita bisa menjadi panutan anak-anak. Atau kalau perlu, orang tua lah yang menjadi role model kebanggaan anak. Dengan mempunyai role model, anak bisa membicarakan hal-hal menarik dengannya.
  1. Jangan membatasi anak perempuan dalam pergaulannya. Biarkan mereka yang menentukan sendiri bagaimana berinteraksi dengan orang lain. Orang tua perlu mengajari perbedaan anak perempuan dan anak laki-laki, tapi tidak melarang mereka berinteraksi.
  1. Dorong anak perempuan kita untuk mengembangkan minat dan bakatnya yang beragam.

Kita, orang tua sebaiknya tidak menentukan minat atau bakat anak-anak. Biarkan mereka berekspresi sendiri. Dengan mengeksplor minat dan bakat, mereka akan belajar, bertualang, menemukan hal-hal baru yang menarik baginya.

Sepuluh cara dalam mendidik anak perempuan agar kuat ini bisa juga diterapkan untuk anak laki-laki. Karena setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya kan.