Akhir tahun lalu, tepatnya 21 Desember 2019, Kumpulan Emak Blogger bekerjasama dengan Otsuka.id mengadakan acara #KEBIntimate Hari Ibu, dengan tema: Perempuan Berkarya, Perempuan Berdaya di Era Digital, dengan narasumber 3 perempuan inspiratif yaitu Ainun Chomsum (Founder Akademi Berbagi, Influencer), Suci Utami (Founder Bingah.id, Womanpreneur, Mom Influencer), dan Nuniek Tirta (Counselor, MBTI Trainer, Influencer).

Acara yang berlangsung di ruang Community Hub kantor PT Otsuka.id ini dipandu oleh JG sebagai Master of Ceremony (MC). Meski sedikit terlambat dari jadwal rundown, namun peserta, narasumber, team Otsuka dan team makmin KEB, tetap ceria mengikuti rangkaian acara.

Perempuan Berdaya Era Digital di KEB Intimate

#KEBIntimate merupakan program rutin yang diadakan oleh Makmin Emak Blogger, yang tidak hanya melibatkan anggota Kumpulan Emak Blogger sebagai pesertanya, tetapi juga mengundang/mengajak pihak lain (terutama perempuan) dari berbagai kalangan, komunitas, perkumpulan, atau pun komunitas blogger lainnya.

Tujuan diadakan #KEBIntimate adalah saling mengenal antara sesama anggota KEB, anggota komunitas lain dan peserta dari berbagai kalangan yang ikut acara ini.

Karena kali ini berdekatan dengan Hari Ibu, maka #KEBIntimate menghadirkan tiga orang perempuan yang berkompeten di bidangnya masing-masing, untuk berbagi ilmu, sharing pengalaman kepada peserta.

Seperti biasanya event Kumpulan Emak Blogger (KEB), dibuka dengan sambutan dari pengurus KEB (Makmin/Board) yang kali ini diwakili oleh Makpon Mira Sahid. Setelah itu perkenalan dari PT Amerta Indah Otsuka yang diwakili oleh Mbak Ida Malika, selaku Head of Public Relation.

Masih pada ingat kan ajang olahraga internasional yang fenomenal pada tahun 2018, ASIAN Games? Lalu ada iklan minuman pencegah dehidrasi Pocari Sweat dengan model JKT48 berlatar lagu We Will Rock You, yang menggugah kita turut bernyanyi dan menikmati iklan tersebut sampai selesai.

Atau tahu kan penyanyi tenar Tulus? Yang jadi bintang iklan dengan tagar #Soylution dalam menjalani hidup sehatnya dengan mengkonsumsi SOYJOY?

Nah kedua produk tersebut merupakan produksi dari Otsuka. Selain itu ada produk minuman Vitamin C, B dan Madu Oronamin C (ada yang tahu iklannya?) juga produk  Ion Water (low calorie ion drink).

PT Otsuka Indonesia sudah ada di Indonesia sejak tahun 1974, yang merupakan perusahaan patungan di industri farmasi dengan Otsuka Pharmaceutical Co.,Ltd., Jepang.

Ada dua pabrik PT Otsuka, di Lawang, Pasuruan, Jawa Timur, dan di Sukabumi, Jawa Barat.

Perempuan Berkarya, Perempuan Berdaya di Era Digital

Perempuan Berdaya Era Digital di KEB IntimatePembicara pertama dalam #KEBIntimate bertema Perempuan Berkarya, Perempuan Berdaya di Era Digital adalah Nuniek Tirta. Saya pertama kali berkenalan dengan beliau tahun 2010 sebagai seorang blogger dan ibu rumah tangga. 

Kini, Nuniek, demikian panggilan akrabnya adalah seorang konselor dan trainer untuk MBTI (Myers-Briggs Type Indicator). 

Tema yang dibawakan Nuniek Tirta dalam #KEBIntimate Hari Ibu adalah Kunci untuk Pikiran Tenang. Ini penting sekali apalagi member KEB adalah perempuan-perempuan yang aktif di dunia online, dunia maya, yang mudah sekali terpapar oleh hal-hal negatif dari media sosial, yang sekarang ini gampang sekali dibagi tanpa melihat apakah itu benar atau salah, baik atau buruk. 

Agar perempuan berdaya di era digital ini, menurut Nuniek Tirta harus mengoptimal pikiran positif (Positive Mind) dibandingkan Pikiran Negatif (Negative Mind) seperti  menyalahkan diri (diri), beralasan (excuse) dan denial (mengingkari). 

Dengan 3 kunci yaitu Aware, Accept dan Adapt, akan mendapatkan pikiran yang damai (Peace of Mind). Apa itu Aware, Accept dan Adapt, seperti akan dibuatkan tulisan sendiri ya, karena panjang penjelasannya. 

Pembicara kedua adalah Suci Utami. Emaks yang aktif di Instagram pasti tahulah siapa beliau ya. Blogger yang punya pembaca setia dan ratusan followers blognya, seorang selebgram dengan ratusan ribu followers. 

Perempuan Berdaya Era Digital di KEB Intimate

Dengan pengikut yang demikian banyak itu, cerita Suci Utami di event #KEBIntimate Hari Ibu, bersama dengan dua orang temannya, membuka usaha paket hampers dengan nama Bingah.

Usaha tersebut mendapat respon yang baik dari pelanggannya, yang sebagian besar adalah pengikut Suci Utami di Instagram. “Selama kita memberikan pelayanan dan produk yang baik, tanpa kita minta, pengikut kita bisa jadi pelanggan,” jelas Suci yang akrab dipanggal Amam ini. 

Memanfaatkan networking membuat Suci Utami menjadi seorang womanpreneur dan tidak tertutup kemungkinan member Emak Blogger pun bisa menjadi seperti Suci Utami. 

Networking memang penting bagi Blogger. Seperti event #KEBIntimate ini terselenggara dengan apik juga berkat dukungan dari beberapa sponsor seperti Faber Castell, Moayo (Produk Skincare) dan Mawi Collection. Terima kasih banyak untuk hampers para narasumber, goodie bag dan voucher belanjanya.

Materi yang paling ditunggu oleh peserta #KEBIntimate Hari Ibu #KEBxOtsuka adalah digital parenting yang disharing oleh mbak Ainun Chomsum atau akrab dipanggil Mbak Ai. 

Sepak terjang Mbak Ai di dunia digital sudah tidak diragukan lagi. Perempuan yang selalu asyik didengar saat bercerita ini sudah berpangalaman dalam menangani krisis digital beberapa merek atau perusahaan-perusahaan ternama di Indonesia. 

Selain bekerja sebagai pekerja digital di salah satu portal online, Mbak Ai fokus dengan bidang digital parenting di era generasi Alpha ini. 

Meski tidak semua member Kumpulan Emak adalah seorang ibu yang punya anak, namun digital parenting hal yang sangat menarik karena mayoritas anak-anak member KEB adalah anak digital. Anak yang sejak dalam kandungan sudah terpapar digital, anak yang bertumbuh dengan teknologi yang setiap saat berubah dengan cepat. 

Perempuan Berdaya Era Digital di KEB Intimate

Menurut Mbak Ai yang menyajikan tema “Smart Parenting for Digital Generation” ini, di zaman sekarang ini, mau tidak mau menjadi ibu harus melek teknologi. Gadget digunakan maksimal untuk memperkaya kemampuan dan kapasitas diri.  Begitu pun anak.  Sah-sah saja anak diberikan gadget asal tidak menyita waktu sehingga mereka lupa ada kegiatan penting lainnya. 

Anak dan Ibu harus sama-sama menyeimbangkan kehidupan di dunia nyata dan dunia maya. Orangtua dan anak harus punya kesepakatan bersama terutama dalam penggunaan gadget. Orang tua bukan mengontrol tapi memberdayakan. 

Selama pemaparan Mbak Ai, peserta #KEBIntimate Hari Ibu tampak terkesima, seakan terpatri di sanubari ya, Maks.

Perempuan Berdaya Era Digital di KEB IntimateAntusiasme peserta dengan materi yang disajikan terlihat dengan banyak pertanyaan yang diajukan kepada para narasumber. Dan dengan sabar, narasumber menjawab pertanyaan satu persatu.

Hari semakin siang, sudah saatnya mengakhiri pertemuan. Sayang memang, karena masih banyak yang ingin diketahui lagi, tapi karena ruangan tersebut dipinjam dari PT Otsuka hanya sampai siang hari, ya harus tepat waktu.

Sessi terakhir adalah foto bersama. Karena tanpa foto-foto bagi Emak Blogger tidak bisa dijadikan konten ya kan. Bahkan sessi foto-foto ini bisa jadi lebih lama dari satu jam materi yang disajikan narasumber. Blogger gitu lho.

Perempuan Berdaya Era Digital di KEB Intimate

#KEBIntimate Hari Ibu pun berakhir sudah. Sampai berjumpa lagi di kegiatan-kegiatan atau event Kumpulan Emak Blogger. Oh ya, jangan lupa lho, tanggal 18 Januari 2020, KEB akan berulang tahun yang ke-8.