Rambut selalu identik dengan bagian tubuh paling berharga bagi kaum hawa. Keindahannya bisa membuat penampilan menjadi lebih memesona. Ada banyak cara untuk membuat rambut cepat panjang dan sehat. Namun belum semua perempuan mengetahui hal ini.

7 Tip Agar Rambut Cepat Panjang dan Sehat

Pertumbuhan rambut setiap perempuan berbeda-beda sehingga sulit membuat mereka mendapat rambut panjang dengan cepat. Ada yang butuh waktu berbulan-bulan untuk mencapai beberapa sentimeter. Rambut yang sulit panjang bisa dipengaruhi banyak faktor, Misal, kurangnya nutrisi di bagian akar, kerontokan, atau kesalahan memilih produk perawatan rambut.

Untuk  memperoleh rambut yang sehat sekaligus panjang tak harus mengeluarkan banyak uang. Emak dapat memanfaatkan bahan-bahan alami yang dapat menutrisi kesehatan kulit kepala. Hampir semua wanita memang ingin rambutnya seperti itu. Bahkan di antaranya rela perawatan di salon berjam-jam demi hasil yang optimal.

Jika Emak mengalami kondisi yang demikian, beberapa hal di bawah ini akan bisa membantu untuk membuat rambut lebih panjang dan sehat.

(1) Cucilah dengan Air Dingin

Air dingin bisa membuat rambut anti kusut. Selain itu, kegunaannya bisa untuk melindungi pori-pori kulit kepala agar tetap tertutup sehingga mencegah kotoran masuk. Dikutip dari Cosmopolitan, rajin mencuci rambut memakai air dingin dapat memberikan kekuatan tambahan agar rambut cepat tumbuh. Fungsi lainnya yakni bisa mencegah hilangnya hambatan, kelembapan, dan kerusakan yang disebabkan oleh panas.

Air dingin pun bisa meningkatkan sirkulasi darah sehingga kulit kepala serta akar mendapat nutrisi sehingga menjaga tetap sehat. Bagi Anda yang punya kulit kepala berminyak, sebaiknya rajinlah mencuci rambut dnegan air dingin. Kunci pertumbuhan rambut yang cepat yakni kulit kepala yang sehat.

(2) Jangan Asal Memilih Shampoo

Tidak semua shampoo cocok di kulit kepala. Selain bisa membersihkan, shampoo juga membantu untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Shampoo bagus yang mengandung bahan-bahan alami sehingga mampu mencegah rambut rusak.

Dikutip dari TheCut Dr. Dominic Burg, menganjurkan agar menghindari zat-zat yang tidak dibutuhkan rambut yang ada di dalam shampoo, seperti paraben, silicon, SLES dan SLS yang sering dilihat sebagai ‘dimethicone’ pada label.

Bahan-bahan ini jika menumpuk di kulit kepala dapat menyumbat folikel rambut sehingga mencegah pertumbuhan dalam waktu lama. Jika Emak sudah menemukan shampoo yang tepat, jangan berganti lagi ke shampoo lainnya.

Hindari juga mendiamkan shampoo terlalu lama di kulit kepala. Hal ini bisa menyebabkan kulit kepala kehilangan minyak alami yang bisa menyebabkan rambut rapuh dan memicu kerusakan. Rambut juga akan sulit tumbuh.

(3) Rangsang Pertumbuhan Rambut dengan Vitamin

Vitamin rambut yang tidak sesuai dengan kebutuhannya justru mampu merusak rambut. Emak  dapat menggantinya dengan vitamin yang dibuat dengan bahan alami.

Salah satu cara bisa dengan mengonsumsi makanan yang seperti vitamin D dan B sehingga merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat. Vitamin bisa menciptakan folikel atau pri-pori kulit kepala baru. Sehingga mampu meningkatkan ketebalan rambut serta mengurangi kerontokan.

Tak hanya itu, kegunaan vitamin D yakni membantu mengaktifkan kembali folikel yang tidak aktif sehingga pertumbuhan rambut dapat berjalan kembali. Emak bisa mendapatkan asupan vitamin B dan vitamin D dari makanan, seperti ikan salmon, jamur, dan biji-bijian.

7 Tip Agar Rambut Cepat Panjang dan Sehat

(4) Jangan Pakai Handuk untuk Mengeringkan Rambut

Dalam mengeringkan rambut, tanpa disadari mampu menghambat proses pertumbuhan. Terlebih jika kita terbiasa mengeringkan rambut dengan handuk secara kasar seperti menggulungnya dengan kuat atau menggosok bisa menyebabkan cepat kusut dan memicu kerusakan.

Sebaiknya pilih handuk yang memiliki bahan lembut dari microfiber. Jangan mengusapnya terlalu keras agar tidak rawan rontok. Jika Emak punya rambut yang cenderung keriting, maka dapat memilih handuk dengan bahan katun.

Cara jitu lainnya yakni dengan mengeringkan rambut memakai udara dan biarkan saja hingga kering. Cara pengeringan alami seperti ini dapat membantu rambut terhindar dari kusut. Lebih mudah lagi rambut mudah diatur serta menguatkan akar rambut. Sehingga kelembapan terjaga dan rambut terasa halus.

(5) Gunakan Kondisioner sebagai Tambahan Perawatan

Kondisioner cukup berperan dalam perawatan rambut, yaitu membantu memanjangkan rambut, Ketika keramas, konsioner membantu mengembalikan kelembapan rambut sehingga terhindar dari berbagai masalah rambut.

Peran kondisioner yang lain yakni mengganti lipid dan protein dalam batang rambut serta menjaga kutikula luar sehingga mampu menyehatkan rambut. Sehingga rambut indah dan sehat mudah didapatkan.

Tak hanya itu, kelembapan juga bisa kita dapatkan dengan paket komplit dengan penambahan elastisitas dan kekuatan rambut, serta pertumbuhan batang rambut yang cepat dari waktu ke waktu. Agar hasil yang didapat optimal, Emak bisa mengaplikasikan kondisioner ketika rambut masih basah seusai keramas. Kemudian biarkan kondisioner bekerja dengan mendiamkan 15-20 menit sebelum dibilas.

Jangan lupa memilih jenis kondisioner yang tepat, gunakan kondisioner dengan zat yang membantu pertumbuhan rambut, seperti Zinc dan Biotin.

(6) Gunakan Bantal yang Tepat

Rambut cenderung berantakan ketika tidur, sehingga saat kita bangun rambut kering dan kusut. Hal ini bisa memicu kerusakan rambut yang kompleks. Agar terhindar dari hal tersebut, maka kita perlu memilih bantal yang tepat. Salah satu caranya dengan memakai sarung bantal berbahan sutra yang lembut.

Bahan sutra dapat menjaga kelembapan alami pada kulit kepala dan akar rambut. Meskipun tidak ada pengaruh langsung pada pertumbuhan rambut, memakai bantal ini akan membuat rambut lebih teratur dan menjaga tetap sehat sehingga memicu pertumbuhan rambut dengan baik.

(7) Hindari Perawatan yang Merusak Rambut

Perawatan rambut ada yang menyehatkan dan ada juga yang merusak. Mungkin Emak bertanya-tanya masa sih ada perawatan yang justru merusak rambut?

Ada, Mak. Banyak. Ibarat perlakuan kita ke rambut, misalnya saat menggunakan hair dryer, atau meluruskan dan mewarnai rambut dengan bahan kimia. Sebaiknya Emak menghindari hal-hal tersebut.

Selain itu, lindungi rambut dari sinar matahari saat siang hari. Paparan sinar matahari dapat membuat rambut rusak dan kulit kepala kering. Struktur protein rambut akan berkurang sehingga rambut cepat kering dan mengurangi elastisitasnya.

Rambut yang rusak akibat sinar matahari biasanya ditandai dengan ujung yang pecah atau bercabang, penipisan rambut, helai rambut kering dan rapuh. Agar kerusakan rambut tidak terjadi, kita dapat memakai produk perawatan rambut yang memiliki kandungan bisa melindungi dari sinar UV.

Emak juga bisa menggunakan topi atau payung saat berada di bawah sinar matahari yang terik. Dengan begitu kesehatan rambut tetap terjaga dan tak akan mempengaruhi pertumbuhan serta kesehatan rambut.

Selain cara di atas, disarankanEmak juga mengonsumsi protein agar rambut cepat panjang dan sehat. Memperbanyak konsumsi protein bisa menjadi salah satu cara membuat rambut cepat panjang. Orang yang memiliki asupan protein yang cukup biasanya memiliki rambut yang bagus dan sehat.

Emak juga bisa menambah dengan mengimbangi dengan berolahraga rutin, minimal satu minggu sekali.

Bagaimana tipnya, Mak? Semoga bermanfaat ya.