Gemolong merupakan sebuah kota kecil yang termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Tempat ini terletak tidak jauh dari Museum Sangiran. Kita hanya membutuhkan waktu lima belas menit perjalanan ke arah utara dari museum. Awalnya, Gemolong merupakan sebuah district yang disebut dengan Kawedanaan. Layaknya sebuah kota, tempat ini merupakan pusat pemerintahan, pusat industri, pusat perekonomian, layanan umum  serta terdapat juga pusat perbelanjaan untuk masyarakat sekitarnya. Sekilas, tempat ini memang tidak jauh dengan kota kecil lainnya. Namun, terdapat sebuah tempat wisata yang nyaman untuk liburan keluarga. Di manakah itu? Baca selengkapnya cerita perjalanan keluarga Mak Geger Sieska , member Kumpulan Emak Blogger (KEB) ini.

Taman Edupark Gemolong, Tempat Wisata yang Asyik untuk Liburan Keluarga

Gemolong, Sragen, Jawa Tengah, punya tempat wisata yang asyik saat liburan bersama keluarga. Adalah Taman Edupark Gemolong, yang tidak hanya menyediakan tempat untuk berwisata bersama keluarga tapi juga sebagai tempat edukasi untuk anak-anak.

Taman Edupark atau lebih dikenal dengan sebutan Taman Gajah merupakan salah satu dari tiga taman besar yang dimiliki pemerintah Kabupaten Sragen. Sedangkan dua taman lainnya adalah Taman Krido Anggo dan Taman Ganesha yang terdapat di komplek Technopark Sragen.

Taman Gajah memiliki luas 1,6 hektare. Patung Gajah Purba berdiri di bagian tengah kolam berundak yang berbentuk lingkaran yang digunakan sebagai ikon taman. Taman yang terletak di perbatasan Kampung Kauman dan Bolong, Kelurahan Gemolong ini dibangun dengan menghabiskan dana APBN sebesar 4,6 miliyar pada tahun 2015 yang lalu.

Liburan Keluarga Asyik di Taman Edupark Gemolong

Sumber Foto : Koleksi Pribadi Geger Siska IS

 

Beberapa fasilitas menarik yang terdapat di Taman Gajah, antara lain :

  1. Tempat Bermain yang LuasTaman Gajah memiliki tempat bermain anak-anak yang cukup luas. Fasilitas bermain yang disediakan pengelola antara lain : seluncuran, batu terapi kaki, ayunan, jungkitan dan lain-lain.Sedangkan pada hari Minggu atau hari libur tersedia wahana bermain yang lebih lengkap seperti : mobil mini, becak mini, area melukis, arena balon, boneka karakter, gun shooter untuk anak, kolam pancing mini, dan lempar bola.

Tidak ada loket masuk taman, namun jika pengunjung ingin menggunakan wahana bermain dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000,- sampai Rp. 10.000,- untuk setiap wahana. Masing-masing wahana memiliki timing yang berbeda, misalnya untuk bermain mobil pengunjung membayar Rp. 10.000,- dalam waktu sepuluh menit atau membayar Rp. 10.000,- untuk bermain di arena balon sampai sepuasnya.

 

Liburan Keluarga Asyik di Taman Edupark Gemolong

Sumber Foto : Koleksi Pribadi Geger Siska IS

 

2. Fasilitas umum yang lengkap

Beberapa fasilitas umum yang disediakan pengelola antara lain : toilet dan mushola yang terletak di pojok barat taman. Pengelola menyediakan tempat sampah hampir di setiap titik arena. Area parkir yang disediakan cukup luas, terletak di dekat pintu masuk utama dan pintu masuk utara. Selain itu terdapat juga beberapa spot foto menarik atau instagramable yang bisa digunakan untuk selfie.3. Pengenalan floraSelain tempat untuk bermain, Taman Gajah juga digunakan untuk mengenalkan berbagai tanaman langka antara lain : Tabebuya dari Brazil, dadap merah dengan bunga warna merah mencolok, beringin karet dari India, dan tanaman lainnya.

Pengunjung bisa melihat aneka tanaman ini dengan menyusuri jalan berlapis paving block yang mengitari taman. Untuk koleksi tanaman ini memang belum lengkap dan sedang dalam proses pengembangan. Selain itu perlu adanya kesadaran dari pengunjung untuk ikut menjaga agar tanaman tersebut tidak rusak.

 

Liburan Keluarga Asyik

Sumber Foto : Koleksi Pribadi Geger Siska IS

4. Panggung terbuka

Taman Gajah juga menyediakan panggung terbuka yang terletak di pojok, tidak jauh dengan pintu masuk sebelah utara. Panggung terbuka yang dibuat permanen ini biasanya digunakan untuk acara yang melibatkan orang banyak, seperti : lomba, gathering atau fun bike. Meskipun sedang berlangsung sebuah acara, pengunjung tetap bisa nyaman karena lokasi memiliki pintu masuk dan tempat parkir yang terpisah.

5. Arena Skateboard

Khusus untuk anak muda, pengelola juga menyediakan arena untuk bermain skateboard. Arena ini biasanya digunakan sebagai tempat berkumpul berbagai komunitas skateboard pada saat week end. Tidak hanya kaum muda yang berasal dari daerah sekitar, tapi juga dari komunitas dari berbagai kota lain.

6. Banyak pilihan tempat jajan

Pengelola menyediakan tempat makan dan minum untuk pengunjung yang terletak tidak jauh dari area parkir pintu utama, bagian luar pintu barat, dan bagian luar pintu masuk utara. Di tempat ini menyediakan berbagai jenis makanan kecil dan minuman ringan. Selain itu juga terdapat beberapa warung makan yang menjual berbagai jenis menu khas setempat.

Saat ini Taman Gajah masih membutuhkan beberapa penyempurnaan fasilitas. Menurut Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati pada saat peresmian, ke depannya akan dibangun fasilitas tambahan berupa sumur dan pagar keliling yang bisa dikunci pada pukul 24.00 WIB supaya taman ini tidak disalahgunakan untuk kegiatan negatif.

****

Blog post dari Mak Geger Siska IS, nara blog www.gieska.com

Ig         : http://www.instagram.com/gieska