Bangun pagi selalu menjadi kendala bagi anak-anak untuk ke sekolah. Selalu saja ada alasan mengulur waktu untuk bergelung di balik selimut. Di lain hari, mereka dengan semangat ke sekolah. Esok harinya, Emak perlu usaha ekstra untuk membangunkannya.

Drama-drama kecil ini buntutnya membuat si kecil telat ke sekolah. Itulah mengapa Emak memerlukan trik agar anak tidak telat ke sekolah.

Saya mengalami hal ini setiap hari. Anak saya termasuk tipe yang mau sekolah tapi membangunkannya itu sesuatu banget deh. Kadang dibangunin pelan sambil peluk, dia bangun. Kadang kekeuh nggak mau bangun dengan alasan, mata berat *huffft …

Selalu ada seribu alasan yang dilontarkan oleh anak-anak. Dan alasan paling ‘ajaib’ itu, “Ma, papa kan dinas jadi kakak libur sekolah.” Saya sampai speechless mendengar alasannya.

Kejadian seperti ini pasti familier dengan suasana di rumah Emak. Walau terkesan sepele, bangun pagi ke sekolah bagi anak-anak ini menjadi tugas rumah yang penting untuk setiap Emak. Kelamaan bangunin si kecil, bisa berantakan jadwal semua. Entah itu bikin sarapan atau telat masuk kelas.

Baca juga : Smart Parenting – 9 Aturan parenting di era digital

Anak saya memang masih kelas TK dan SD, tapi membiasakannya bagun pagi tanpa harus ada drama adalah satu keharusan karena ini akan membentuk sebuah kebiasaan.

Biar nggak banyak drama di pagi hari, 9 trik ini bisa Emak lakukan agar anak tidak telat ke sekolah

trik agar anak tidak telat ke sekolah

  1. Buatlah list rutinitas pagi dalam sebuah frame lalu tempelkan di dinding

Adanya list rutinitas harian yang berisi apa saja yang mereka harus lalukan adalah cara terbaik untuk mengingatkan sekaligus membuat mereka bertanggung jawab. Untuk anak yang belum lancar membaca, gunakan icon untuk menunjukkan hal yang mereka mesti lakukan.

Emak cukup mengingatkan mereka dengan menunjuk frame yang ada di dinding. Lambat laun, mereka akan terbiasa dan disiplin melakukannya.

  1. Pastikan anak-anak tahu letak semua barang-barang dan mengembalikannya ke tempat semula setelah selesai dipakai

Kadang anak-anak suka meletakkan barang sembarangan sehingga pada akhirnya mereka sendiri juga yang kebingungan mencarinya.

Kayak sikat gigi, tempatkanlah di satu wadah yang berbeda untuk tiap anggota keluarga. Sehingga, jika si kecil selesai menyikat gigi akan diletakkan kembali di tempat itu nggak bercampur dengan yang lain.

Lakukan juga untuk hal lain seperti letak sepatu, tas maupun mainan. Jadi anak disiplin, dan trik agar anak tidak telat ke sekolah ini ampuh loh, Mak.

  1. Buatlah checklist untuk rutinitas mereka, apabila mereka berhasil menyelesaikan semua berikan hadiah

Checklistnya simple saja Mak, sebagai reminder juga bagi si kecil apa sudah dilakukan atau belum. Di penghujung minggu, apabila mereka berhasil melakukan semua berikan sebuah hadiah kecil.

  1. Biasakan agar si kecil menyiapkan tas sekolah mereka

Sering banget ya, kita suka ‘mencampuri’ urusan isi tas sekolah ini hehehe …

Mulailah membiasakan si kecil untuk bertanggung jawab dengan isi tasnya setiap hari. Saat pulang sekolah dicek apa ada makanan yang disimpan atau peralatan sekolah yang hilang maupun bukan milik mereka. Malam harinya, ajarkan mereka untuk menyiapkan jadwal harian.

  1. Aturlah pakaian anak per-harinya

trik agar anak tidak telat ke sekolah2

Emak punya rak pakaian anak kan? Coba tiap rak ditandai dengan nama hari, lalu siapkan pakaian yang akan mereka pakai setiap hari.

  1. Tetapkan waktu tidur

Pastikan anak-anak tidurnya cukup.

Anak-anak akan lebih mudah bangun pagi, jika memiliki waktu tidur malam yang tetap. Walau masih agak susah membangunkannya, tapi jika si kecil memiliki tidur yang cukup, dia akan bangun tanpa perlu merengek atau too much drama.

  1. Siapkan stok sarapan

sarapan

Membuat sarapan kadang memerlukan waktu yang lebih jika dilakukan di pagi hari. Emak mesti bangun lebih awal dan menyiapkan semuanya. Alangkah lebih baik jika Emak nyetok sarapan untuk seminggu.

Jadi, Emak bisa memilih menu yang mudah dan bisa disimpan dalam freezer. Sebelum berangkat ke sekolah, Emak tinggal menggoreng atau menghangatkannya.

Atau alternatif lain, buatlah sarapan yang mudah dan nggak bikin ribet seperti, resep roti panggang toaster isi nugget, nasi goreng, ayam goreng, buah, sereal atau oatmeal.

  1. Aturlah semua jam di rumah maju 5-10 menit dan hanya mama yang tahu!

Ini salah satu trik lawas agar anak tidak telat ke sekolah yang ampuh! Hehehe …

Membuat waktu di rumah maju 5-10 menit membuat penghuni rumah bisa  tepat waktu.

  1. Minta bantuan suami

Emak dan suami adalah teamwork dalam mengurus anak.

Jika, emak dan suami memiliki kerja sama yang baik, semua pekerjaan rumah bisa terselesaikan. Bagilah pekerjaan mengurus anak di pagi hari dengan suami. Tugas Emak mengurus si kakak, suami si adik. Dengan begitu, semua akan selesai tepat waktu.

Itulah 9 trik yang bisa  Emak lakuan agar anak nggak telat terus ke sekolah.

Bagi Emak sendiri pun harus disiplin waktu juga agar pekerjaan rumah nggak terbengkalai. Emak bisa set alarm di ponsel untuk mengingatkan apa saja yang harus dilakukan selama seharian.