Siapa sih yang nggak bosan dengan rutinitas harian?

Pagi dibuka dengan kesibukan mengurus si kecil, dilanjut di dapur, belanja ke pasar, masak, temani anak belajar online, mengerjakan pekerjaan sampingan, bermain dengan anak, siapin makan malam, tidurin anak. Huft, panjang juga ya list kerjaan sehari kita di rumah. *nyender di dada babang Song Jong-ki

Eits, list itu untuk Emak yang di rumah, kalau Emak yang kerja kantoran? Bakal tambah panjang lagi.

Tiap hari berhadapan dengan rutinitas harian yang sama pasti bikin kita jenuh, otak terasa panas, bosan.

Dan kadang kita suka nggak perhatian lagi dengan diri sendiri. Mulai dari rambut yang potongannya udah nggak keruan, nggak ada perawatan wajah maupun tubuh, tersentuh make up pun jarang banget.

Well, saatnya Emak keluar sebentar dari rutinitas harian dan memberi ruang bagi diri sendiri untuk melakukan perawatan agar bisa tampil lebih fresh.

Lakukan 5 hal ini untuk lepas sejenak dari rutinitas harian dan menjadi the new you, Mak!

  1. Ubah gaya rambut

rutinitas harian

Mengubah gaya rambut adalah salah satu cara yang paling mudah untuk tampil ‘baru’ dan memberikan efek seketika.

Apalagi di pandemi sekarang ini, di rumah terus rasanya model rambut udah gak keruan, ya. Belum lagi udah ada muncul uban. Hiks

Memang sih banyak orang yang nggak berani mengubah gaya rambutnya secara drastis karena takut perubahan tersebut nggak cocok dengan dirinya.

Jika ini masalah Emak, ada baiknya sebelum memotong rambut, konsultasikan dengan hair styling di salon yang Emak datangi atau cari informasi dari teman atau majalah wanita.

Selain memotong rambut, Emak juga bisa mewarnai rambut loh. Demi menyamarkan uban yang mulai muncul di sela-sela rambut.

Coba deh tren warna terbaru tapi sesuaikan dengan wajah dan kulit Emak yes. Kalau belum pede, coba konsultasikan dulu dengan penata rambut agar bisa memberi saran yang terbaik untuk warna rambut.

  1. Gunakan Make Up Setiap Hari

Banyak perempuan yang mengsampingkan make up. Barangkali Emak di antaranya?

Biasanya sih karena malas, nggak punya waktu atau memang tidak terbiasa mengenakannya.

Jangan menganggap make up sebagai beban, melainkan sebuah berkah dan kelebihan perempuan yang nggak bisa dimiliki pria. Perlakukan make up sebagai alat bersenang-senang.

Make up bisa meningkatkan percaya diri juga loh Mak dan membuat kita merasa lebih baik.

Selain itu, memakai make up ternyata ikut melindungi kulit dari serangan polusi lingkungan karena make up membuat polusi tersebut tidak langsung mengenai kulit.

Mulailah dengan make up sederhana Mak, seperti mengusap kuas eye shadow ke mata, lipstik matte ke bibir, menggunakan foundation ringan setiap hari untuk membuat warna wajah Emak terlihat lebih rata.

Sayang loh make up Emak nggak dipakai karena udah jarang keluar rumah, mending dipakai di rumah saja sebagai rutinitas harian baru.

  1. Perbaiki Rutinitas Perawatan Kulit

Banyak perempuan sering mengeluh tentang kulitnya yang bermasalah. Tapi, pernahkah Emak berpikir, masalah itu muncul karena kurang merawatnya dengan baik?

Perhatikan seksama apa sebenarnya tipe kulit Emak. Berminyak, kering, sensitif atau sebagainya. Jika ini sudah Emak ketahui akan lebih mudah menentukan perawatan kulit yang sesuai.

Shu Uemura pernah berkata, “Make up yang cantik dimulai dari kulit yang cantik.”

Dan untuk mendapatkan kulit yang cantik, haruslah dimulai dari kulit yang bersih. Nah, kita sering kali menyalahartikan bersih dengan tidak adanya kotoran, sehingga membersihkan wajah terasa cukup hanya dengan sabun biasa.

Baca juga : Review face oil lokal untuk wajah berjerawat

Padahal yang dimaksud kulit bersih adalah bersih hingga ke bagian terdalam dan juga seimbang. Seimbang berarti pembersih yang Emak gunakan memberikan kelembapan yang dibutuhkan kulit dan tidak membuatnya kering.

  1. Luangkan Waktu Pergi ke Spa

Percayakah Emak, memberikan waktu bagi tubuh untuk relaks sangat penting, selain berguna bagi pikiran juga kecantikan.

Di dalam spa, selain mendapat pijatan yang membuat tubuh rileks, Emak bisa melakukan scrub menyeluruh. Bagian-bagian yang biasanya nggak bisa Emak jangkau saat men-scrub sendiri bisa dijangkau orang lain saat spa. Selain itu, Emak bisa meminta masker tubuh dari bahan-bahan natural seperti masker dari buah.

Di masa new normal, sudah ada spa yang buka kembali dengan menerapkan protokol kesehatan. Atau kalau khawatir mau keluar rumah, bisa minta tukang pijat ke rumah untuk scrub sekalian massage.

  1. Periksa Kesehatan Secara Rutin

rutinitas harian2

Memeriksakan kesehatan di rumah sakit sebelum terserang penyakit adalah cara yang baik untuk hidup sehat.

Dengan melakukan pemeriksaan secara teratur, cikal penyakit yang bersembunyi di dalam tubuh bisa diketahui sejak awal. Jangan mengulur waktu karena akhirnya Emak akan malas melakukannya.

Dua pemeriksaan yang nggak boleh dilupakan seorang perempuan adalah pap smear dan mammogram. Setidaknya setahun sekali Emak harus melakukan pemeriksaan terhadap organ kewanitaan ini.

Namun, sekarang masa pandemi tentunya untuk ke rumah sakit sangat berisiko. Emak bisa konsultasi pribadi dengan dokter dulu, atau cek up ke klinik.

Baca juga : Kapan sebaiknya pergi ke dokter?

Melakukan 5 hal di sela rutinitas harian selain memberikan efek yang baik untuk kesehatan, pikiran Emak bisa lebih fresh lagi. Emak pun siap beraktivitas kembali dengan semangat baru.

Ketika Emak merasa fresh, rasa bahagia pun melingkupi. Yakin deh, mood jelek yang sering datang pasti akan hilang! Dan suami pun akan senang, melihat Emak tampil lebih semangat, kurang ngomel dan ceria.