Usia dan penampilan selalu berkorelasi dengan baik. Semakin ketambahan umur, maka masalah penuaan kulit hingga keriput pun menjadi musuh kaum perempuan. Itulah mengapa banyak produk skincare untuk tampil awet muda laris manis di pasaran.

Awet muda adalah impian pria maupun perempuan, tapi lebih condong ke kita sih ya. Makanya, nggak heran kalau produk anti aging laku keras di pasaran.

Di tahun 2014, peneliti dari International Institute for Applied Systems Analysis mempublish satu study yang mengatakan bahwa ada banyak faktor yang bisa dilakukan untuk tampil awet muda daripada melakukan cara untuk memperpanjang umur.

Tips awet muda kali ini berasal dari Andrea Robinson, former head of beauty for Ralph Lauren and Tom Ford yang juga penulis dari buku berjudul, “Toss the Gloss : Beauty Tips and Tricks for Women 50+.”

Apa saja cara untuk tampil awet muda?

Inilah 8 hal yang perlu Emak lakukan sekarang juga untuk tampil awet muda!

  1. Gunakan produk skin care yang tepat

kandungan anti aging

Saat Emak mau belanja produk skin care, ada tiga kandungan anti aging yang harus diperhatikan untuk maintin youthful-looking skin Mama.

Pertama, cek label dari serum apakah mengandung antioxidants seperti vitamin C, yang bisa membantu kulit agar lebih cerah. Kedua, retinol, yang bisa increase cell turnover dan menstimulasi pertumbuhan kolagen. Ketiga, mulailah menggunakan alpha hydroxy acid (AHA) exfoliator untuk menyingkirkan kulit mati di bagian paling atas.

  1. Jangan lupa mengoleskan SPF SETIAP HARI

Hayo, pasti pada malas ya mengoleskan SPF di wajah?

Padahal sinar matahari di pagi hari saja udah terik banget. Kena di wajah, duh terasa agak perih gitu. I feel it, Mak. Itulah kenapa saya feeling guilty sama kulit wajah nggak mengoleskan SPF sebelum keluar rumah.

Entah di luar cuaca terik, mendung maupun hujan, sunscreen harus Emak pakai! So, masukkan produk ini di dalam rutinitas harian.

Kenapa? Agar kulit wajah terlindungi. Sejak terjadinya global warming, lapisan atmosfir mulai menipis, sinar matahari nggak hanya menyebabkan kerutan tapi juga bisa menimbulkan kanker kulit.

Gunakan produk sunscreen yang mengandung SPF 30 at least tapi kalau Emak memiliki uang lebih ‘investasikan’ untuk membeli SPF 50 atau di atasnya.

  1. Gunakan primer sebelum foundation

tampil awet muda

“Heavy foundation tends to settle on the rough patches or into the lines of the face,” ujar Robinson.

“What is needed as we age is a good transparent moisturizing foundation or tinted moisturizer. Avoid anything with a powder base,” lanjut Robinson.

Robinson juga menyarankan agar menggunakan primer terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan foundation. Karena, primes membuat foundation lebih smoothly, meminimalkan lingkaran hitam, menutupi garis dan pori-pori, plus membuat make up bertahan lama.

  1. Fake a healthy glow

Salah satu cara untuk mendapatkan warna yang aman, dengan menggunakan gradual self-tanner.

“With a gradual build, you’ll see minimal streaking, blotchiness, and buildups on ankles, the soles of the feet and knuckles,” ujar Robinson.

Untuk wajah, Emak bisa menggunakan cream blush untuk menutupi kekurangan wajah. Cream blush blend-nya lebih mudah over rough patches or lines. Caranya, aplikasikan cream blush dengan gerakan memutar menggunakan jari dan baurkan semua.

Baca juga : 7 Perawatan kecantikan terekstrem di dunia

  1. Hindari menggunakan glitter

Bright, bold eye shadow dan produk dengan shimmer dan glitter bakal membuat keriput lebih mencuat.

“These products do not flatter or look attractive on skin or lids that are beginning to show tiny line or have rough patches,” jelas Robinsin.

Sarannya lagi, skip liquid liner yang bisa menekan kulit halus seputar mata dan ganti dengan soft pencil liner.

  1. Perhatikan garis alis

tampil awet muda2

Perkara bentuk alis ini termasuk gampang-gampang susah, I feel it!

Lihat tutorial para beauty vlogger kok mudah banget yah, tinggal tarik garis dari bawah, terus dari atas, arsir lalu dirapiin pakai brush khusus alis. Done! Etapi, saat dicoba, aduhai hampir setengah jam membentuk alis saja.

Nah, daripada ribet nih Mak, saran dari Robinson, mending ke salon yang menyediakan jasa merapikan alis. Nantinya, akan disesuaikan dengan bentuk wajah Emak. Setelah dirapikan, akan mudah bagi Emak untuk membentuknya.

  1. Jangan lupakan leher!

Seiring bertambahnya usia, maka leher pun akan mulai kehilangan elastisannya dibandingkan bagian tubuh lainnya. Coba Mama perhatikan leher, sering banget ya kerutan sudah muncul terus agak bergelambir.

Nah ada 3 tips yang disarankan oleh Robinson yaitu, pakai moisturizer setiap pagi dan malam, eksfoliasi satu atau dua kali dalam seminggu dengan scrub yang halus, dan oleskan sunscren setiap hari.

  1. Selain leher, perhatikan juga tangan

Ingatlah, untuk selalu mengenakan sarung tangan ketika mencuci piring dan memakai pelembap setiap hari.

Bahan kimia dan air panas bisa menghilangkan lapisan pelindung pada kulit, dan menyebabkan iritasi juga kekeringan.

Baca juga : 10 Trik make up untuk tampilan lebih segar

Solusinya? Oleskan handbody lotion setiap kali melepas sarung tangan atau setelah mencuci, hal tersebut nggak hanya melindungi kulit tapi juga memberikan pelembap yang ekstra.

Gimana Mak, tips dari Andrea Robinson untuk tampil awet muda nggak terlalu sulit untuk dilakukan. Setelah baca ini, yuk lakukan secara rutin 8 hal di atas untuk tampil awet muda.

Selamat mencoba, Mak!