Dulu ya, saat saya bekerja selama 10 tahun di stasiun televisi Indosiar, hampir tiap hari itu nonton drama Korea, drama Jepang – Dorama, dan drama Asia lainnya seperti Cina, Taiwan, Thailand dan India. Nyaris mabok nonton drama yang memang harus diverifikasi dulu sama kantor sebelum ditayangkan di televisi. Kala itu, nonton mesti melalui VCD atau DVD, kaset yang segede gaban itu. Kalau zaman sekarang sih enak ya, nonton drama bisa kapan pun dan di mana pun dengan perkembangan teknologi digital pada siaran-siaran televisi. Bisa dibilang, banyak banget aplikasi nonton streaming di gadget yang dimiliki. Salah satu yang lagi hive dan kebetulan saya juga berlangganan, adalah aplikasi VIU. Nonton drakor sangat memuaskan di aplikasi nonton online itu.

Sejak senang nonton drama, terutama drama Korea, saya sukanya nonton yang bergenre thriller, romantis dan family yang lebih berhubungan dengan keluarga, apalagi masalah keluarga yang berhubungan dengan anak-anak. Ini mungkin sesuai dengan umur ya, semakin bertambah usia, semakin memilih tontonan yang lebih mencerahkan, ketimbang membuat kita julid dan nyinyiran. Salah satu drama Korea favorit yang saya sampai tonton dua kali (di televisi dan di aplikasi VIU), drama Korea Sky Castle, produksi tahun 2018.

Nonton Drakor Sky Castle yang Tayang di Aplikasi VIU

Penggemar drama Korea, pasti tahulah Sky Castle ini. Drakor yang berhasil mengalahkan pamor Goblin dalam beberapa tahun terakhir, dalam perolehan rating penonton dan mendapat berbagai penghargaan industri drama, salah satunya adalah penghargaan seni Baeksang Art Award, dengan meraih 4 kategori penghargaan, yaitu Sutradara Terbaik, Aktris Terbaik tahun 2019, Aktor Pendukung Terbaik, dan Aktris Pendatang Baru terbaik yang diraih oleh Kim Hye Yoon, yang dalam Sky Castle berperan sebagai Kang Ye-Seo, anak perempuan dari Han Seo-Jin dan Kang Joon-Sang.

Berikut ini, ulasan singkat tentang drama Korea Sky Castle dan tokoh perempuan yang ada dalam drakor tersebut yang menurut saya bisa menjadi inspirasi untuk perempuan. Catatan ya, walau pun tokoh perempuan ini ini karakternya antagonis, tapi ada sisi-sisi positif yang bisa dicontoh, terutama untuk perempuan yang sudah berumah tangga dan memiliki anak, terutama anak dengan usia remaja. Walau drama ini tergolong drama lama, tapi bisa ditonton dengan cara download aplikasi Viu di gadget Emaks.

 

Inspirasi Tokoh Perempuan Drakor Sky Castle yang Tayang di Aplikasi VIU

Drakor Sky Castle Download di Aplikasi VIU

Plot Sinopsis diterjemahkan dan bersumber dari Asian Wiki: 

Sky Castle bercerita tentang 4 orang perempuan yang tinggal di lingkungan eksklusif Sky Castle. Keempat perempuan ini bertetangga dan masing-masing memiliki suami yang sukses dan anak-anak yang membanggakan.

Adalah Han Seo Jin yang menikah dengan dokter Ortoped, Kang Joon-Sang. Pasangan ini memiliki dua anak perempuan yang cantik dan cerdas. Kehidupannya yang sempurna, ternyata Han Seo Jin memiliki rahasia hidup.

Lee Soo-Im, penulis buku cerita anak. Menikah dengan seorang dokter Hwang Chi-Young. Soo-Im memiliki anak sambung laki-laki.

No Seung-Hye, menikah dengan seorang profesor hukum, Cha Min-Hyuk, yang sangat peduli dengan masalah hukum dan selalu tampil bahagia, sesungguhnya memiliki sisi kepribadian yang berbeda. Pasangan ini memiliki seorang anak perempuan dan dua anak laki-laki kembar.

Jin Jin-Hee, seorang perempuan dari keluarga terpandang, namun memiliki kepribadian yang lemah. Dia sangat mengidolakan Han Seo-Jin dan berusaha sepertinya, termasuk kesukaan Seo Jin. Dia menikah dengan dokter ortopedi, Woo Yang-woo.

Tokoh Perempuan yang Menginspirasi Tapi Antagonis, Kenapa Tidak?

Dalam suatu plot cerita, ada tokoh-tokoh yang dijadikan tokoh utama, tokoh utama kedua dan seterusnya, tokoh pendamping atau sekilas peran.

Tokoh-tokoh cerita tersebut dibagi dalam dua karakter: antagonis dan protogonis. Umumnya, tokoh cerita yang antagonis, diyakini sebagai tokoh yang mempunyai sifat dan sikap yang negatif, sedangkan yang protogonis, sosok tokoh yang baik dan memiliki sikap dan sifat yang positif. Untuk tokoh antagonis biasanya menjadi sumber kebencian para penonton, sedangkan protogonis dipuji-puji. Apakah tokoh antagonis bisa menjadi idola dan menginspirasi para penonton atau penikmat cerita?

Itulah yang bergejolak di hati saat menonton drakor Sky Castle setelah Download Aplikasi Viu. Masa sih, terinspirasi dari sosok-sosok antagonis di drama bergenre family, education dan psychology ini. Masukkan ke kantong sikap-sikap dua tokoh utama di drama Korea ini, yang mengesalkan dan rasanya ingin bolak-balik menabok mereka.

Tokoh utama di Sky Castle yang menginspirasi saya dan boleh juga untuk ibu-ibu lainnya yang merasa “relate” dengan keadaan itu, adalah Han Seo-Jin  yang diperankan dengan apik oleh aktris Korea Selatan Yum Jung-Ah. Seo-Jin juga merupakan tokoh sentral dari lima tokoh perempuan di drama itu.

 

Sky Castle di Aplikasi VIU

 

Awalnya, sosok Han Seo-Jin panutan, seorang ibu yang selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk kasih sayang, peduli keluarga, mendukung karir suami, bahkan dalam lingkungan tempat tinggal, bertetangga, jarang bikin kesal dan peduli lingkungan. Untuk anak-anaknya, layaknya ibu-ibu di penjuru dunia ini, sama dengan saya juga, ingin anak-anak tahu kalau mereka sangat disayangi, berusaha memberikan yang terbaik bagi bekal masa depan anak-anak nanti. Ingin memberikan pendidikan terbaik, apalagi kalau anak kita berprestasi, pasti dong sebagai seorang ibu mendukung anak untuk terus dan mempertahankan prestasinya. Semakin berprestasi, semakin membanggakan hati ibu kan.

Mengapa terinspirasi dengan sosok Han Seo-Jin yang mempunyai kepribadian abu-abu ini?

Buat emak-emak seperti saya, Han Seo-Jin itu ibarat aplikasi, sikap-sikapnya emak-emak banget. Ingin anaknya menjadi kebanggaan keluarga, berprestasi di sekolah, menjadi idola teman-temannya, anak yang mandiri, percaya diri, dan kalau anak perempuan yang tidak hanya cantik wajah tetapi juga hati. Kalau anaknya laki-laki, ya tampan dan panutan anak muda zman sekarang. Benar kan seperti itu? Siapa orang tua terutama ibu yang nggak bangga punya anak seperti anak Han Seo-Jin?

Begitu pun dalam hubungan dengan suami dan keluarga lainnya, walau memang hubungan dengan mertua perempuan turun naik perasaannya, tapi siapa sih menantu yang tidak ingin menjadi menantu idola mertua perempuan?

Memang sosok Han Seo-Jin di beberapa episode terakhir Sky Castle menjadi sosok tokoh cerita yang membuat hati kesal, tapi begitulah manusia, tidak akan sempurna dan selalu ada sisi salah atau negatifnya. Dan, harus siap menerima segala akibat dari perbuatan-perbuatan yang tidak baik tersebut. Sebagai tokoh perempuan walau hanya dalam drama, yang menginspirasi atau yang baik, bisa diterapkan dalam kehidupan kita.

 

Aplikasi VIU

 

Nah, itu sih tokoh perempuan dalam drama Sky Castle yang untuk kedua kalinya saya tonton di Aplikasi VIU. Sejak mendaftar di VIU, kalau nggak dijaga waktunya, bisa bablas nonton streaming setiap hari. Kenapa berlangganan VIU? Ini ulasan singkatnya.

Satu Aplikasi, Beragam Konten

VIU itu ibaratnya satu dunia dalam genggaman. Saya yang suka menonton tidak hanya terbatas drama Korea, merasa terpenuhi dengan konten-konten di VIU. Selain drakor, ada Anime, Drama Jepang, Drama Asia lainnya, dan nggak terbatas drama tetapi juga ada Film, Variety Show, Documentary dan Lifestyle. Satu aplikasi, beragam fungsinya. Paling penting lainnya, di VIU subtitlenya ada bahasa Indonesia, kalau kita merasa lelah membaca teks bahasa Inggris.

Saya menyarankan sih lebih baik berlangganan atau menjadi anggota dari VIU Premium. Bukan apa-apa, kalau gratisan itu, suka bikin nyesek saat menonton. Lagi seru-serunya, tiba-tiba ada iklan, walau sebentar tapi suka menghilangkan rasa penasaran. Dengan berlangganan, sepadanlah uang yang kita anggarkan dengan berbagai fasilitas yang kita dapatkan sebagai member VIU Premium. Apalagi di masa-masa sekarang ini, masa kita lebih banyak beraktivitas dari rumah, dan butuh hiburan banget.

Jika dihitung-hitung, berlangganan VIU ini, lebih worth it dengan kita beli semangok bakso. Eh ini si pemikiran saya ya. Kan harga semangkok bakso untuk satu orang Rp 12 ribuan (di tempat saya), sekali makan belum tentu kenyang. Sedangkan untuk berlangganan VIU Premium, ada berbagai promo dan bisa kita pilih waktu berlangganannya. Misalnya nih ambil paket promo berlangganan 2 bulan, nggak sampai ratusan ribu.

 

Aplikasi VIU Promo

 

Dari pada nonton streaming drama atau film di web ilegal yang bisa membuat gadget kita terkontaminasi scam atau pun pop up-pop up yang banyak tidak senonoh, lebih baik download aplikasi VIU ini di Google Play Store atau pun Apple Store untuk iOS. Resmi dan antiribet!