Mau tampil muda nggak selamanya mesti mengonsumsi kolagen atau produk make up yang high end. Sebenarnya Emak bisa menyiasatinya dengan melakukan beberapa trik make up agar kekurangan bisa tertutupi.

Coba deh Emak perhatikan, biasanya riasan tebal suka dilakukan demi menutupi flek hitam, kerutan maupun tanda-tanda penuaan lainnya.

Nggak hanya itu salah riasan atau pemilihan warna yang nggak tepat justru akan mengakibatkan wajah Emak nampak lebih tua dan tidak segar.

Beberapa trik make up ini bisa Emak aplikasikan agar nampak segar, tidak tua dan saat berjalan dengan suami, Emak nggak disangka kakaknya!

trik make up

  1. Alas bedak dan bedak

Semakin bertambah usia, ada baiknya Emak memerhatikan penggunaan bedak dan alas bedak.

Hindari penggunaan alas bedak untuk sehari-hari agar riasan nggak menjadi berat. Tapi, jika mesti menggunakan alas bedak, gunakan yang berbentuk cair ya, agar ringan di kulit.

Pemilihan warna alas bedak sebaiknya senada dengan warna kulit asli ya, Mak. Sama halnya dengan concealer, usahakan warnanya satu warna di bawah warna kulit Emak.

Hindari bedak padat (compact), atau bedak yang sekaligus berisi foundation. Pilihan terbaik ada di loose powder dengan kandungan bahan mineral agar wajah nampak lebih lembut dan segar.

Pemilihan spons bedak pun mesti diperhatikan. Sebaiknya Emak memilih yang sedikit berbulu dan tekan secara pelan ke seluruh wajah.

  1. Eyeshadow

Warna netral adalah pilihan terbaik!

Seperti pink muda, krem, peach atau cokelat muda agar mata tidak terlihat lelah.

Hindari warna terang seperti biru muda, hijau. Karena menggunakan warna tersebut mama seperti balik ke tahun ’80-an

  1. Blush on

Jangan menggunakan blush on terlalu berlebihan!

Apabila kulit Emak tipikal sawo matang, pilih blush on berwarna peach, sedangkan untuk kulit putih, pilihlah warna pink.

Agar daerah tulang pipi seakan ‘terangkat’ dan nampak penuh, coba deh sapukan tipis-tipis blush on di pipi bagian atas tepatnya di bawah mata.

Psst, trik make up ini juga dapat membuat Emak nampak lebih sehat, memudarkan kantong mata dan bola mata terlihat lebih putih.

  1. Alis

Tau nggak Mak, ternyata alis mata itu akan menipis seiring bertambahnya usia. Jadi, jagalah bentuk alis dengan pensil garis atau perona mata warna cokelat dengan kuas alis.

Tips make up : pilih warna senada dengan warna rambut, hindari warna gelap seperti hitam atau cokelat tua. Kedua warna ini membuat wajah Emak akan nampak ‘garang’ dan lebih tua.

  1. Bulu mata

Bagi EMak yang nggak terlalu fanatik dengan eye shadow, maka penggunaan maskara merupakan langkah yang tepat untuk penampilan muda seketika.

Sebaiknya pilih maksara berwarna bening agar mata nggak terkesan terlalu berat dan bulu mata tidak terlihat tebal.

Yang mesti mama perhatikan adalah bentuk dari ujung maskara tersebut. Pilih yang berbentuk lurus agar memberi kesan bulu mata panjang dan lentik.

  1. Bibir

Pemilihan warna lipstik itu penting loh Mak.

Jika Emak menggunakan warna bold which is lagi tren, memang sih akan terlihat dewasa tapi untuk sebagian orang ternyata nggak cocok dan justru meninggalkan kesan ‘tua’.

Warna nude atau pink muda itu akan memberikan kesan muda loh Mak. Jadi, sebaiknya warna ini mesti ada di dalam jejeran koleksi mama.

Baca juga : 7 Perawatan kecantikan terekstrem di dunia

Selain 6 trik make up di atas, 4 trik ini juga nggak boleh dilewatkan!

trik make up2

  1. Model rambut

Sudah berapa lama nggak potong rambut, Mak? Setahun? Atau lebih?

Untuk penataan rambut ini, jangan memilih potongan medium justru disarankan agar ekstrem sekalian. Entah itu panjang maupun pendek.

Apabila Emak memilih rambut panjang, bagian poni bisa dipotong agak sedikit pendek ya. Jangan ada volume di bagian kiri atau kanan. Lebih bervolume bagian atas itu lebih baik.

Sebaliknya jika memilih rambut pendek, nggak perlu potongan yang terlalu rumit. Jika, rambut Emak tipis sebaiknya memakai poni.

  1. Warna rambut

Emak ingin mengecat rambut mesti perhatikan poin ini.

Untuk kesan awet muda, warna seperti burgundy, sedikit merah tua atau cokelat muda adalah pilihan yang tepat. Warna-warna tersebut bisa menonjolkan seseorang berjiwa aktif dan dinamis.

  1. Parfum

Ada yang mengatakan, pilihlah parfum sesuai mood atau when something happen in your life bukan karena bertambahnya usia.

Jangan memilih parfum karena merasa aroma cocok dengan usia Emak!

Sebaiknya memilih eau de toilette beraroma bunga dengan kadar alkohol tinggi beraroma ringan, nggak tajam sehingga praktis bila digunakan pada setiap acara.

Sedangkan eau de cologne, bisa Emak gunakan sehari-hari selesai mandi agar tubuh terasa ringan dan segar sepanjang hari.

  1. Cat kuku

Oleskan cat kuku yang berwarna lembut seperti pink tua atau rich red. Warna ini akan memberikan kesan cerah dan seolah selalu rutin merawatnya.

Well, ternyata trik make up untuk tampil segar, dan muda nggak terlalu susah untuk dilakukan ya Mak.

Ada garis penghubung dari semuanya, yaitu pemilihan warna yang cerah! So, mulailah membeli produk make up berwarna cerah ya, Mak.

Dan jangan berpikir karena udah di rumah nggak perlu dandan, big No Mak! Tetep dandan dong, pakai BB cream dan lipstik warna nude itu oke.

Tentunya jangan lupa juga menggunakan skincare seperti serum, face oil agar kulit lebih sehat.

Selamat mencoba!