Hai, Mak! Kali ini kita akan bahas tentang beberapa niche blog yang konon sangat populer dan profitable.

Eaaa … (((profitable))) Langsung melek deh mata yah? Hihihi ๐Ÿ˜†

Tapi apa ya niche blog itu?

Yang belum tahu apa itu niche, dan mengapa niche itu sampai ada dan penting untuk dipertimbangkan jika pengin sukses ngeblog, bisa cek artikel yang sudah ditautkan ya.

Jadi ini dia 6 niche blog yg paling populer belakangan ini, dan juga profitable, berdasarkan survei ini The Blog Millionaire Podcast yang dipublish di bulan November 2018.

Wuih! Ada niche “Mommy” di situ yak? *mata langsung melek* Ini maksudnya kali blog emak-emak macam kita-kita ini ya, Mak? ๐Ÿ˜€

Dan, kalau di luar sih memang biasa ya, blogger naruh laporan keuangannya di blog gitu. Jadi orang tahu aja, berapa income dan expenses-nya. Kita nggak ada yang berani ya? ๐Ÿ˜† Inilah penghasilan rata-rata per bulan setiap niche blog tersebut.

profit niche blog

 

Nah, The Blog Millionaire Podcast sendiri punya skor tentang seberapa cepat tumbuhnya masing-masing niche blog ini. Dan ternyata, personal finance yang punya skor tertinggi pertumbuhannya.

skor profit niche blog

Nah, itu menurut penelitian The Blog Millionaire Podcast ya, Mak. Tapi ada nih perbedaan juga dengan sumber yang lain.

Kalau menurut situs fulltimenomad.com, ada 5 most profitable blog niche yang akan berkembang di tahun-tahun mendatang. Mari kita lihat satu per satu.

5 Niche Blog yang Akan Berkembang Terus

1. Travel blog

Dari data yang ada saja, di tahun 2016, orang-orang spent money untuk traveling sebanyak $564.87 miliar dalam setahun, dan berkembang menjadi $755.94 miliar di tahun 2019 yang lalu.

Nah, untuk travel blog ini nichenya bisa dipecah lagi menjadi beberapa microniche. Misalnya:

  • Personal travel blog
  • Region-specific travel blog (konon yang diprediksi bakalan laris itu adalah regional Asia)
  • Adventure travel blog, dan lain-lain.

Sumber penghasilan travel blog ini dari mana? Beberapa di antaranya adalah dari:

  • Hotel reviews
  • Review produk traveling yang dipakai (afiliasi)
  • Tulisan travel guide

2. Health blog (blog kesehatan)

Menurut situs fulltimenomad tersebut, niche ini laris karena cakupannya yang lumayan besar. Kita bisa memasukkan topik health care, healthy food, healthy lifestyle, … semuanya itu ke dalam niche satu ini.

Lagi pula, brand yang bergerak di niche ini juga bejibun. Jadi, kalau mau partneran tuh, opsinya banyak, gitu katanya.

Beberapa microniche yg populer dalam niche blog Health adalah:

  • Kesehatan wanita
  • Healthy eating
  • Yoga blog, dan lain-lain

Dari mana penghasilan utk niche health ini berasal? Ada beberapa, di antaranya:

  • afiliasi produk kesehatan
  • cookbook, terutama untuk healthy eating blogs
  • workout plan, untuk blog yang bahas kebugaran

3. E-Learning

Wah, ternyata ada juga niche blog E-Learning ini ya?

Niche ini adalah niche blog yang menawarkan kelas-kelas online gitu deh, Mak. Ternyata sekarang bertumbuh luar biasa lo ini.

Nah, beberapa microniche yang masuk ke niche E-Learning ini, Mak. Yang paling populer itu ternyata:

  • Photoshop Tutorials
  • Guitar lessons
  • English language lessons
  • Web development classes

Nah, kalau E-Learning blog ini rata-rata pada punya produk sendiri untuk dijual.ย Misalnya seperti ebook tutorial, atau kursus-kursus online gitu. Webinar juga bisa jadi sumber penghasilan. Bahkan one-on-one coaching juga bisa. Nggak tergantung pada produk orang lain ini mah. Asal kita konsisten, kita akan selalu bisa jualan.

4. Fashion blog

Bisnis fashion memang menjadi bisnis terbesar online hingga sekarang. Tak kurang dari $1.66 miliar dibelanjakan rata-rata setiap bulan untuk beli baju di seluruh dunia.

Makanya, niche blog fashion juga berkembang pesat. Apalagi didukung dengan munculnya media sosial seperti Instagram dan hestek OOTD-nya. Makin tumbuhlah niche ini menjadi salah satu niche blog terkuat.

Beberapa microniche yang masuk ke niche Fashion ini adalah:

  • Personal fashion
  • Makeup Tutorial (yes, ini dimasukkan ke dalam niche fashion, ternyata)
  • Men’s fashion, dan lain-lain

Beberapa sumber penghasilan yang biasanya didapatkan oleh fashion blog:

  • Job review
  • Sponsored posts
  • Afiliasi
  • Tutorials

5. Tech & Gaming

Waini nih. Niche yg diem-diem bae emang, tapi menghanyutkan. Kapan itu saya juga pernah ikutan semacam kelas, yang menyebutkan niche ini sebenarnya paling cepat menghasilkan dibanding niche-niche lain. Tapi, glamornya memang nggak seheboh yang lain ๐Ÿ˜€

Ada nggak nih, Emak di sini yang punya blog tech & gaming ini?

Beberapa microniche untuk niche blog Tech & Gaming ini adalah:

  • Video games review
  • App review
  • Gadget review
  • Video games tutorials and cheats

Sumber penghasilan niche Tech & Gaming ini antara lain dari:

  • Job review
  • Ads

Nah, itu dia 5 niche blog paling populer dan profitable menurut situs fulltimenomad, selain yang tadi saya juga sudah share hasil penelitian dari The Blog Millionaire Podcast.

Hanya saja, saat ini travel blog sepertinya agak meleset dari prediksi ya, Mak, lantaran imbas dari COVID-19. Kita lihat saja, bagaimana pergerakannya ke depan nanti, sesuai dengan kondisi new normal.

Kira-kira, yang menarik minat Emak, niche blog yang mana nih? ๐Ÿ™‚