Local SEO: Begini Cara Mengoptimalkannya untuk Bisnis

By Carolina Ratri on January 16, 2023

Membahas tentang Search Engine Optimization (SEO) secara umum, memang banyak sekali serba-serbinya yang perlu diketahui. Tak cukup dipelajari dalam sehari semalam saking luasnya materi tersebut. Jika dipelajari lebih dalam, SEO bahkan terbagi lagi secara khusus, salah satunya seperti local SEO.

Nah, buat Emak yang punya bisnis, wajib tahu nih tentang Local SEO, Mak. Misalnya kalau Emak punya kafe, punya toko—toko apa pun itu—dan jenis bisnis yang lebih cenderung konvensional, yang memungkinkan pelanggan datang ke lokasi bisnis tersebut.

Apa itu Local SEO?

penalti Google

Local SEO merupakan metode yang digunakan untuk menampilkan bisnis di pencarian lokal. Maksudnya adalah saat Emak sedang berada di suatu wilayah atau area tertentu, lalu mencari sebuah toko atau restoran terdekat, maka mesin pencari akan bekerja berdasarkan local SEO ini.

Local SEO menjadi hal yang penting karena berdasarkan sebuah riset, pengguna Google lebih banyak melakukan pencarian lokal, bahkan di antaranya berujung pada pembelian. Hal inilah yang menjadi sebuah dasar mengapa jenis SEO ini penting untuk sebuah bisnis.

Local SEO menjadi sebuah peluang yang bagus untuk para pebisnis karena dapat membantu calon pembeli terdekat untuk menemukan bisnis Emak dengan suguhan informasi yang lengkap mulai dari produk yang ditawarkan, jam operasional, alamat, hingga diskon yang sedang diadakan.

Sebelum mulai menggunakan local SEO, sebaiknya Emak mengetahui terlebih dahulu bagaimana caranya mengidentifikasi bisnis yang sedang Emak jalani, sekalipun lokasi bisnis Emak tidak ada di wilayah tersebut. Namun, jangkauan lokal atau area yang Emak inginkan dapat memunculkan bisnis Emak di kolom pencarian.

Identifikasi Model Bisnis

Dikutip dari MOZ, terdapat empat kategori melakukan identifikasi untuk local SEO, yaitu:

Service Area Business (SAB)

SAB atau bidang usaha jasa ini biasanya menawarkan jasa layanan rumahan seperti perbaikan pipa ledeng, lansekap, dan yang lainnya.

Emak mungkin tidak memiliki alamat jalan fisik yang spesifik atau yang digunakan sebagai kantor, tapi Emak bisa menggunakan local SEO untuk melayani calon pelanggan terdekat secara tatap muka di lokasi mereka, bukan di tempat Anda.

Bisnis Rumahan

Bisnis rumahan, misalnya seperti daycare, salon, pelatih yoga, sampai guru privat dapat melayani pelanggan terdekat di rumah, atau bisa juga Emak yang mendatangi para pelanggan terdekat di rumah mereka. Emak bisa menyebutkan misalnya jasa salon panggilan, atau kalau punya layanan servis elektronik, juga bisa dipanggil ke rumah.

Local SEO dapat membantu bisnis Emak ditemukan oleh para pelanggan yang membutuhkan jasa yang disediakan. Ada beberapa fitur yang bisa digunakan untuk menunjukkan bahwa bisnis Emak bisa juga dipanggil ke rumah pelanggan, enggak hanya melayani di rumah sendiri saja.

Bisnis Virtual

Jika bisnis yang Emak miliki dilakukan dengan metode virtual, mulai dari menelepon, menggunakan komputer, melakukan pengiriman, dan aktivitas jarak jauh lainnya, maka bisnis Emak termasuk dalam bisnis virtual.

Emak dimungkinkan untuk beroperasi di satu wilayah atau kota, bahkan memiliki banyak alamat fisik jika ingin mendapatkan perhatian para pelanggan. Local SEO telah menyediakan fitur yang menunjukkan bahwa bisnis Emak tidak berinteraksi secara langsung dengan pelanggan.

Bisnis Hybrid

Kategori bisnis hybrid salah satunya adalah restoran dengan tempat makan yang pelanggannya bisa makan di tempat ataupun memesan secara online, membayar secara langsung ataupun bisa menggunakan cashless. Atau, bisnis penjemputan di tepi jalan, dengan pelanggan datang ke lokasi tapi dapat memesan dan membayar secara online. Atau misalnya, bisnis pengiriman, pelanggan membayar secara online dan pengemudi datang ke rumah pelanggan untuk mengambil atau mengantarkan kiriman.

Model bisnis hybrid, sejak masa pandemi tahun 2020 memang menjadi lebih populer lantaran pandemi mengharuskan kita untuk menjaga jarak dan less contact.

Model bisnis hybrid seperti ini bisa ditingkatkan visibilitasnya kepada pelanggan di wilayah lokal tertentu dengan Local SEO.

Bagaimana Cara Mengoptimalkan Local SEO?

local SEO untuk bisnis

Berikut ini ada beberapa strategi yang bisa diterapkan untuk mengoptimalkan local \SEO setelah Emak melakukan identifikasi bisnis di atas, yaitu:

Optimalisasi Google Bisnisku

Local SEO memang sangat berkaitan dengan Google Bisnisku, atau Google My Business. Pasalnya, di atas 90% pengguna internet masih menggunakan mesin pencarian di Google.

Maka, mengoptimalisasi penggunaan Google My Business adalah langkah yang tepat untuk memulai local SEO. Emak bisa mulai dengan melengkapi lokasi, nomor telepon, kategori, atribut, jam operasional, hingga foto untuk memberikan gambaran bisnis pada pelanggan.

Membuat konten lokal seputar wilayah bisnis yang sedang Emak jalani

Misalnya Emak menjalankan bisnis kuliner, maka buatlah konten lokal mengenai kuliner di kota tersebut yang Google friendly.

Hal ini penting sekali untuk mengoptimalkan local SEO karena dapat membantu bisnis untuk menarik audiens lokal lebih banyak.

Buatlah website yang ramah digunakan oleh pengguna smartphone

Saat ini, kebanyakan orang menggunakan ponsel pintarnya untuk mencari sesuatu. Jika website bisnis yang Emak miliki sangat lemot alias loading lama, bukan tidak mungkin calon pelanggan Emak akan kabur karena terlalu lama menunggu.

So, buatlah website bisnis Emak lebih mobile friendly. Emak bisa menggunakan tool Google Mobile Friendly untuk membantu bagian mana yang seharusnya Emak utak atik untuk hal ini.

Perhatikan ulasan konsumen di Google Bisnisku

Hal ini memang terlihat kecil, tapi 80% para konsumen di Google akan menjadikan ulasan sebagai tolok ukur mereka memilih tempat yang tepat.

Artinya, dengan memperhatikan berbagai ulasan dan penilaian yang baik dalam Google Bisnisku terhadap bisnis Emak, akan memengaruhi SEO Emak juga.

Hal yang Harus Dihindari dalam Menggunakan Local SEO

Ada beberapa larangan yang harus dihindari oleh semua kategori jenis bisnis terkait jenis SEO ini, di antaranya yaitu:

  • Hindari secara sengaja membuat kantor virtual atau kantor tanpa staf untuk memalsukan lokasi demi membuat local SEO.
  • Hindari mengatur rangkaian lokasi menggunakan rumah staf, teman, atau anggota keluarga dalam upaya memalsukan pengoperasian beberapa lokasi.
  • Hindari menyiapkan daftar rumah atau properti kosong agar Anda bisa mencantumkan kantor bisnis Emak secara fiktif.
  • Hindari terlibat dalam pelanggaran Pedoman Google. Hal ini dapat memberikan risiko besar terhadap bisnis Emak.

Local SEO memang patut dimaksimalkan dengan baik demi perkembangan bisnis Emak. Mengapa? Karena dapat memberikan keuntungan yang besar untuk bisnis Emak dalam jangka panjang.

    Leave your comment :

  • Name:
  • Email:
  • URL:
  • Comment: