Memilah Konsentrasi

By admin on February 22, 2012

Salamba Sirsasana

Salamba Sirsasana

Pada saat-saat hati kurang tentram, hobiku berlatih yoga – yang telah kutekuni sejak beberapa tahun sebelumnya – terasa manfaatnya. Aku bisa menyalurkan energi negatif ke dalam keinginan untuk menguasai pose-pose sulit seperti urdhva dhanurasana atau salamba sirsasana, dan lain-lain. Setiap pencapaian, betapa pun kecilnya, membesarkan hatiku dan membuatku percaya bahwa aku masih bisa meraih sesuatu. Tidak mudah stress, tidak cepat marah, tetap berusaha menyeimbangkan segala sesuatunya.

Urdhva Dhanurasana

Urdhva Dhanurasana

Manfaat lain yang kurasakan adalah aku lebih mampu berkonsentrasi bekerja di rumah. Setelah bekerja di kantor selama hampir 16 tahun, bekerja di rumah tidak serta-merta mudah. ‘Gangguan’ terhadap konsentrasi dari sekitar, seperti tetangga yang ngajak ngobrol, anak-anak dan bapaknya yang perlu ini itu serta tukang jajanan yang lewat (yang sering membuat perut keroncongan secara spontan) bisa menghambat bekerja. Akan tetapi, saat berlatih yoga (atau olah raga lain, kurasa) kita dilatih memilah, memusatkan perhatian kepada musik yang mengalun dan petunjuk instruktur walaupun tempatnya agak bising. Kalau tidak berkonsentrasi, maka hampir dapat dipastikan tidak bisa melakukan gerakan yang ingin kita kuasai. Jadi, bekerja di rumah atau di mana saja pun tidak masalah bagiku.

SOHOSelain berlatih, untuk memilah konsentrasi kita juga perlu ruang kerja. Tidak selalu harus berupa ruangan, bisa hanya berupa meja atau wilayah yang kita sebut ‘kantor’. Di samping agar keluarga atau siapa saja yang kalau melihat kita berada di sana mengerti bahwa kita sedang bekerja dan tidak mengganggu kalau tidak benar-benar perlu, wilayah ini juga menjadi tempat kita mencurahkan perhatian maksimal kepada pekerjaan. Kalau sudah terlatih, kita bisa dengan mudah beralih dari sikap bekerja dan tidak bekerja semudah menekan tombol lampu di mana pun kita berada.

Comments (14)

February 24, 2012

Hebat si MAk nih posenya..
Ada Blogger BAndung guru Yoga, dan aku mendapatkan pencerahan tentang asal muasal Yoga, memang penuh dengan konsentrasi..

salut deh buat si MAk,lanjutkan MAk..!!


February 24, 2012

Trims Mak Nichie. Yuk, latihan yoga. Di rumah sendiri juga bisa lhooo…..


February 17, 2013

gimana soh mak kalau sendiri di rumah.. ? mau deh ๐Ÿ˜€


March 23, 2013

Kalau mau, browse aja di youtube. Banyak video latihan yoga. Disesuaikan tingkatannya, ya. Yang beginner, yang intermediate dan yang advance. Kalau tanpa pembimbing jangan langsung coba yang advance.


February 17, 2013

Tantangan kerja di rumah sambil online tanpa pengawasan siapa pun, buatku adalah sulitnya fokus pada pekerjaan selama 3 jam berturut-turut.
Perlu ditiru neh strateginya mbak Dina, melakukan kegiatan di waktu luang untuk latihan konsentrasi. ๐Ÿ™‚


March 23, 2013

Betul sekali. Aku juga sering tergoda ingin tidur-tiduran, ingin jajan, ingin main Fb atau ngeblog… Tanpa disiplin dan latihan konsentrasi sulit juga menjalankan bisnis di rumah. Yang membantu membuatku tetap fokus adalah, kalau terjemahan enggak kelar-kelar gak dibayar hehehe.


February 22, 2013

wisss,….kereeennnn.
Aku jatuh cinta sama Yoga mba, meski setahun terakhir banyak kendala di tubuhku untuk maksimal beryoga. Cedera di lutut kiri yg membuat kaki kiriku gak sekuat sebelumnya. Dan RA di sendi bahu.

Ikutan yoga pun sebenarnya ya karena alasan kesehatan dan mengendalikan stress. andai bisa ikutan belajar dengan mak Dina yak ๐Ÿ˜‰


March 14, 2013

Wah, ikut prihatin.
Walau begitu bisa kok melakukan pose-pose duduk yang enggak membebani lutut dan pose-pose yang enggak terlalu membebani baku. Aku juga perna cedera beberapa kali. Pas lagi proses pemulihan aku tetap melakukan gerakan yoga yang kubisa, sekarang alhamdulillah udah normal lagi.


October 25, 2013

Nice share, mbak Dina:-) Saya numpang share pengalaman beryoga juga ya? Saya mulai ikut latihan yoga sekitar tahun 2008, dulu niatnya terapi stres karena susah hamil. Ada pengalaman menarik yg membuat saya makin senang berlatih yoga, adalah ketika saya flu&pilek berat, iseng-iseng mencoba pose-pose yoga utk flu/pilek, ga nyangka saat itu pileknya langsung surut dan sembuh. Sejak saat itu saya jadi “kecanduan” yoga, hingga saya berhasil hamil,melahirkan, dan sampai sekarang masih suka yoga. Manfaatnya sudah terasa, antara lain: selama hamil bisa tetap bugar, saat melahirkan bisa dibilang tidak sakit. Sekarang dengan kesibukan mengurus anak, dan ngurus rumah tanpa ART, seringnya malas untuk beryoga, kecuali kalau badan sudah remuk redam tidak karuan…baru deh latihan yoga.
Yuk lanjut latiannya…:-)


November 3, 2013

iya sama dengan mbak mia wify, saya sulit konsisten latihan yoga, nih.. padahal udah beli perlengkapan yoga lengkap yoga mat, balok yoga, tali, buku, vcd tapi karena exercise sendiri di rumah nggak di studio yoga jadi bikin angot-angotan nggak disiplin diri hehehe


November 5, 2013

wah… belum advanced saya… hahaha… hanya rutin surya namaskar… tapi itu duluuuu… mo rajin lagi nih… ๐Ÿ˜€ salam kenal


November 11, 2013

hihihi sama saya juga dulu rutin surya namaskar… sekarang mau mulai lagi (yang rajin).. abis ada kesibukan baru nyiapin MPASI rumahan buat si kecil sih jadi masih cari-cari waktu di pagi hari. Salam kenal mbak rarasati ๐Ÿ™‚


November 14, 2013

Cintaaaaa ama yoga..pertama ikutan jaman kuliah, teruuus lanjut ampe sekarang, walaupun ngg sekonsisten dulu karena kerjaan makin hebooh..asli bugar ya mak…yang seru sekarang kalau yoga di rumah si kecil ikut ngerecokin ikut-ikutan :D..jadi malah ngg konsen :D..TFS maaak ..


November 17, 2013

belum pernah yoga, taunya cuma meditasi tarik nafas buang perlahan…hehehe…kayaknya yoga seru ๐Ÿ™‚


    Leave your comment :

  • Name:
  • Email:
  • URL:
  • Comment: