Kali ini saya mau share tentang pengalaman saya dalam merawat anak, tepatnya tentang cara mengatasi biang keringat nih, Mak.

Ya, tau kan, Mak? Yang namanya anak-anak, apalagi anak-anak usia toddler, biasanya mereka lagi seneng-senengnya bereksplorasi dengan sesuatu yang baru, sesuatu yang menarik bagi mereka. Nah, saat lagi seru-serunya bermain sambil belajar, karena mungkin aktivitas yang tinggi atau cuaca yang panas, keringat pun bercucuran. Tapi, kok malah muncul merah-merah, dan rasanya gatal?

Si kecil yang tadinya asyik bermain jadi rewel deh. Nah, itu dia tuh, si biang keringat muncul mengganggu keseruan belajar si kecil.

 

Apa itu biang keringat?

Biang keringat, atau dalam istilah kedokteran sering disebut miliaria, biasanya muncul pada anak-anak yang mempunyai aktivitas yang berlebih. Gatal-gatal dan kulit kemerahan pada anak, kadang kala lantas membuat mereka menjadi tidak nyaman dalam beraktivitas, apalagi jika kita tinggal di daerah tropis.

Biang keringat ini bisa muncul di seluruh tubuh, terlebih lagi di area wajah, leher, punggung, dada, serta bagian paha. Kalau pada bayi, biang keringat ini biasanya muncul pada lipatan-lipatan tubuhnya, seperti lipatan siku, ketiak, dan selangkangan.

Kalau Emak mengalami hal ini, sama juga dengan saya, Mak. Sejak bayi, anak saya, Athar, sering mengalami masalah dengan si biang keringat ini. Maklum, kami tinggal di Semarang, yang memiliki suhu udara relatif sama dengan di Jakarta. Panas, dan lembap!

 

kayu secang

Sebenarnya kondisi munculnya biang keringat ini sangat normal terjadi, dan tidak memerlukan tindakan khusus dari medis. Biang keringat biasanya hilang dengan sendirinya kalau kulit si kecil sudah mendingin dan kemudian menghindari udara panas untuk sementara waktu.

Namun, ya namanya emak-emak, rasanya kita wajib banget menolong si kecil yang terkena biang keringat ini kan, Mak?

Tenang, Mak. Ini saya ada cara mengatasi biang keringat secara alami nih, yaitu dengan memanfaatkan kayu secang.

 

Cara mengatasi biang keringat secara alami

Ada yang belum familier dengan kayu secang, Mak? Secang adalah tanaman perdu yang termasuk dalam kategori tanaman herbal atau obat-obatan. Biasanya kayu secang ini dipakai sebagai bahan pewarna alami (agak kemerahan). Secang mengandung brazilin, yang bersifat antioksidan, antibakteri, anti-inflamasi, bahkan juga bermanfaat untuk kita yang mau awet muda lo!

Wih, hebat kan kandungan kayu secang ini?

Nah, kayu secang ini ternyata juga bisa kita manfaatkan untuk mengatasi biang keringat pada anak nih, Mak. Caranya mudah kok, Mak.

 

Cara mengatasi biang keringat dengan kayu secang

  • Rendam kayu secang dalam 300 ml air panas (uk. 1 mug), kurang lebih selama 15 menit
  • Saat air berubah warna menjadi merah, ambil ampas kayu secangnya.
  • Campurkan air kayu secang ke dalam air untuk mandi. Perbandingannya, 1 mug air kayu secang untuk 10 liter air.
  • Terus dipakai mandi deh.

Niscaya, biang keringat si kecil lebih cepat hilang.

Oh iya, ampas kayu secang yang tadi digunakan masih bisa digunakan berulang-ulang kok, Mak. Biasanya sih bisa sampai 3-5 kali pemakaian. Kayu secang ini biasanya dijumpai di toko-toko jamu, Rp.10.000,- untuk 1 kantong plastik.

Mudah kan, Mak?

Selamat mencoba!