Untuk sebagian besar wanita, salon atau rumah kecantikan tentu bukan tempat yang asing ya, Mak? Hampir semua wanita pasti mengenal tempat ini. Entah untuk sekadar potong rambut atau creambath dan hair spa, atau perawatan menyeluruh, seperti facial, hair spa, lulur, meni pedi, dan lain-lain. Pernahkah Emak mendengar mengenai perawatan akupuntur wajah?

Ya, barangkali memang ada Emak yang secara rutin mengunjungi salon ya, Mak? Tapi, buat saya pribadi, salon hanya untuk potong rambut dan perawatan rambut saja. Saat merasa jenuh dengan model rambut, atau butuh perawatan hair spa atau creambath, baru deh saya menyambangi salon. Untuk perawatan wajah, kita memang bisa sih mendapatkan paket lengkap di salon. Tapi, khusus bagi saya, untuk perawatan wajah, saya lebih memilih ke ahli akupuntur kecantikan.

Yup, akupuntur wajah ini sudah saya lakukan sejak sekitar 1 tahun setengah lalu, meskipun tidak serajin yang dianjurkan satu minggu 1 kali . Saya hanya melakukan akupuntur wajah minimal dua kali sebulan dan maksimal 3 kali.

 

Seperti apa sih akupuntur wajah itu?

Akupuntur wajah

Sumber: Photobucket

Dari yang saya rasakan, akupuntur wajah ini membuat wajah saya lebih cerah dan sehat lo!

Ya, awalnya tentu saja sedikit ngeri ketika membayangkan jarum-jarum itu menusuk wajah saya, Mak. Tapi setelah saya merasakan manfaatnya, semua itu sudah tak pernah saya pikirkan lagi.

Adapun peralatan yang digunakan dalam proses akupunktur wajah antara lain:

  • Jarum dengan ukuran yang bermacam-macam, mulai 1/2 cun (ukuran jarum akupunktur) sampai 1 cun (khusus untuk wajah).
  • Alat khusus untuk mengaliri listrik yang ditempelkan ke jarum di wajah kita.

Nah, prosesnya sendiri tak terlalu makan waktu lama.

Setelah wajah kita dibersihkan, lalu ditusuk dengan kurang lebih 12- 20 buah jarum. Setelah itu, jarum-jarum tersebut akan dialiri listrik selama sekitar 30 menit. Usahakan kita dalam kondisi rileks saat proses pengaliran listrik ini.

 

Manfaat akupuntur wajah

Dalam dunia kecantikan sendiri, akupunktur wajah memberikan manfaat yang sangat berarti, yaitu untuk menjaga, mengobati, dan mempertahankan kecantikan kulit.

Masalah wajah seperti jerawat, flek hitam, mengecilkan pori-pori, mengencangkan wajah dan keriput dapat diterapi juga dengan akupunktur ini, Mak.

Untuk wajah, penusukan dilakukan di dahi, pelipis, bawah mata, hidung, cuping hidung, sudut mulut, dagu,dan pipi. Di tempat saya biasa melakukan akupuntur wajah, setelah ditusuk dan dialiri listrik, wajah saya dipijat atau ditotok secara perlahan.

Hasilnya bisa dirasakan langsung lo, biasanya setelah selesai akupuntur wajah menjadi terasa kenyal dan lebih cerah. Jika dilakukan rutin, wajah dan kulit kita akan jauh lebih sehat karena peredaran darah dan titik-titik syaraf menjadi lancar.

Memang sih. Kecantikan fisik bukan segalanya, terpenting dari semua itu adalah kecantikan yang terpancar keluar dari dalam diri.

Tapi merawat apa yang dianugerahkan Tuhan juga bukti rasa syukur kita pada kebesaran-Nya. Betul kan, Mak?

Lagi pula saya tidak terlalu suka dan pandai bermakeup. Jadi lebih baik saya memastikan wajah saya sehat dan tampil percaya diri meski tanpa makeup tebal, dengan alternatif pilihan perawatan kecantikan dengan akupuntur wajah.

Emak mau cobain juga?