INACRAFT: Pameran Kerajinan Tahunan Terbesar Indonesia

By admin on April 19, 2012

Presiden secara khusus membentuk Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mengelola potensi bangsa yang diharapkan ikut mendorong pertumbuhan ekonomi negara. Salah satu sektor terpenting dari Ekonomi Kreatif adalah kerajinan. Inacraft adalah pameran kerajinan terbesar Indonesia yang diadakan setahun sekali di JCC Jakarta tiap bulan April. Untuk Inacraft 2012 akan diselenggarakan pada tanggal 25-29 April 2012.
Kerajinan sangat penting karena tidak hanya dikuasai oleh industri berskala besar, namun juga bisa dijalankan oleh orang-orang kreatif dengan skala rumahan. Dengan demikian, kerajinan bisa menggerakkan perekonomian bangsa dari berbagai segmen.
Inacraft akan diikuti oleh pengusaha kerajinan atau pengrajin itu sendiri dari pengrajin kecil hingga pengusaha besar dari seluruh Nusantara. Maka emak-emak nanti akan melihat betapa beragamnya kreasi anak bangsa.
Di pameran nanti, akan ada banyak sekali produk dari aksesoris perempuan, busana, interior, eksterior, souvenir sampai mainan. Bahannya-pun tidak terbatas, seperti dari batu, kayu, kain, tenun, serat alam, batik, dan sebagainya. Brand yang akan tampil-pun berbagai macam dari yang belum terkenal sampai yang sudah terkenal seperti Qonita dan Dian Pelangi. Oh ya Mak, Qonita bahkan bagi-bagi diskon untuk 25 pengunjungnya lo. Coba cek website-nya, siapa tahu masih ada kesempatan.
Selain bisa melihat dan membeli hasil kerajinan yang bagus-bagus, mungkin emak-emak bisa terinspirasi untuk mengembangkan usaha sesuai dengan hobi yang selama ini ditekuni. Bukannya tidak mungkin suatu saat kelak ada emak-emak disini yang menjadi salah satu peserta Inacraft mendatang.
Banyak cara untuk ikut dalam pameran ini. Selain mandiri sebagai pengusaha atau berkolaborasi dengan pengusaha lain, juga bisa melalui mitra binaan instansi atau tergabung dengan asosiasi. Jadi tidak harus mereka yang bermodal selangit yang bisa ikut pameran ini.
Nah, emak-emak yang mau datang ke pameran Inacraft 2012 silakan kalau mau janjian barengan. Untuk emak-emak yang mungkin malah menjadi peserta, ayo dong beritahu kita letak stannya, kita datangi ramai-ramai. Jika ingin tahu lebih banyak tentang Inacraft 2012, silakan ke blog saya di http://www.burselfwoman.com/ .
Salam sayang….