Penulis : mak Enny Mamito

Penggemar sepakbola bukan mak ?.. Kalo aku suka banget nonton pertandingan bola mulai pertandingan klub bola dalam negeri juga luar negeri. Mungkin juga karena sedikit ‘ketularan’ Zidan & papito yang hobi banget sama bola hehe..
Tapi kadang jadi ilfill kalo liat supporter yang suka saling ejek & akhirnya tawuran. Pertandingan yang bagus kadang jadi terhenti gara-gara suppoter yang berantem bahkan sampai turun lapangan. Apalagi kalo liat wajah persepakbolaan di tanah air sekarang ya mak..hedeehh sedih juga. Tapi apapun dan bagaimanapun keadaan sepak bola Indonesia sekarang daku tetap dukung trs kok 😀

Kembali soal supporter nih mak..aku punya pengalaman yang bikin aku sempat campur aduk rasanya, antara kesel. takut, marah..
Sekitar sebulan yang lalu aku, papito & zidan pulang dari Jember mau pulang ke Tulungagung. Kami lewat Malang. Mobil kami sempat terhenti karena ada iring-iringan motor supporter yang habis nonton pertandingan sepakbola. Lengkap dengan atribut biru2nya mulai baju bola, syal sampai bendera. Satu ruas jalan penuh dipakai iring2an motor supporter itu.
Kami & beberapa mobil di depan kami sengaja memilih berhenti & menepi di pinggir jalan sampai para supporter td selesai konvoinya. Waktu itu aku sih santai aja lihat iring2an tadi karena pikirku wajar aja mereka konvoi, bernyanyi, berteriak merayakan kemenangan tim sepakbola idola mereka. Tapi tak berapa lama aku sempet kaget & agak takut karena beberapa dari mereka lewat sambil berteriak mengacungkan jari tengah ke arah kami. Lalu berteriak & mengumpat..” bone* ******..!!!!..” lho kok bone* (sebutan supporter untuk kota S ). Akupun tersadar karena plat mobilku kota S. Dan kejadian mereka mengumpat dan bahkan beberapa kali memukul mobilku dengan tongkat bendera bikin aku marah. Apa gara2 plat mobil terus jadi alasan mereka mengumpat & memukul mobilku ?!.. iih gak masuk akal bangett..gak nyambung.. terus terang aku keselll banget..aku juga khawatir kalo tiba2 mereka jadi beringas.. Karena saat itu anakku tertidur dikursi belakang.

Aku sangat menyayangkan kejadian seperti ini. Seharusnya para supporter sepakbola kota manapun bisa lebih bijak & gak berlebihan merayakan kemenangan tim sepakbola kesayangan mereka. Apalagi sampai bertindak anarkis & merugikan orang lain. Piss menn…
Disayangkan juga pihak yang berwenang gak terlihat mengatur & mengamankan jalan saat ada puluhan atau bahkan ratusan supporter konvoi memenuhi jalan hingga pengguna jalan lainnya terganggu.
Aku berharap banget kejadian seperti ini gak terulang & timbul kesadaran dari semua pihak agar semuanya tertib, aman, nyaman.. Setujuuu kan mak… 😉