Sumber foto: wardani.biz

Sumber foto: wardani.biz

Apa yang terbayang di benak kita saat pergi ke dokter gigi? Mungkin bagi kita yang sudah dewasa ini, pergi ke dokter gigi sama saja dengan pergi ke dokter umum, sudah biasa ya. Tapi bagi anak kecil, apalagi untuk yang pertama kalinya, pergi ke dokter gigi itu terasa menakutkan.  Dua anakku pernah pergi ke dokter gigi, dan bisa dibayangkan betapa sulitnya membujuk mereka agar mau pergi, sampai nangis-nangis segala. Anakku yang laki-laki terpaksa kubawa ke dokter gigi karena gigi baru sudah tumbuh sedangkan gigi yang lama sudah goyang tapi belum copot juga. Sedangkan anakku satunya pergi ke dokter gigi karena giginya berlubang dan sudah sakit sehingga harus ditambal.

Beberapa bulan lalu, di sekolah anakku diadakan sedikit penyuluhan tentang kesehatan gigi yang diperuntukkan bagi anak-anak oleh Drg. Emmy Khoentjoro, salah seorang dokter gigi di kotaku, merupakan orang tua murid juga yang anaknya sekolah di tingkatan yang sama dengan putri sulungku.

Ini adalah tips sederhana menjaga kesehatan gigi yang diberikan oleh beliau :

1. Menggosok gigi

a. Gosoklah gigi dua kali sehari, dengan pasta gigi yang mengandung fluoride.

b. Waktu yang tepat untuk menggosok gigi adalah sesudah sarapan dan sebelum tidur.

c. Sikatlah gigi dengan cara yang baik dan benar, yaitu dengan menjangkau ke seluruh permukaan gigi dengan arah dari gusi ke gigi.

d. Pilih sikat gigi dengan bulu yang lembut.

e. Ganti sikat gigi secara rutin setiap 3 atau 4 bulan sekali agar lebih sehat sehingga terhindar dari kuman yang mungkin menempel pada bulu sikat gigi.

f. Tiap anak hendaknya memakai sikat giginya sendiri, jangan dipakai bersama dengan anggota keluarga lainnya.

 2. Perhatikan makanan

Kurangi konsumsi makanan yang mengandung gula dan lengket seperti permen, coklat, caramel dan minuman bersoda karena dapat melekat pada gigi yang bisa mengakibatkan gigi berlubang. Kumurlah dengan air putih sehabis makan makanan tersebut di atas jika belum sempat gosok gigi.

3. Jangan takut ke dokter gigi

Jika merasa cemas berada di  ruang dokter gigi, cobalah untuk membawa alat pemutar musik dengan daftar lagu kesayangan si anak. Anak hendaknya mencoba untuk bernafas teratur, jangan menahan nafas. Dengan begitu peredaran darah akan lancar sehingga membantu anak merasa nyaman. Untuk pemeriksaan kesehatan gigi bisa dilakukan minimal setahun sekali.

Nah, itu beberapa point yang disampaikan oleh beliau. Mungkin sudah banyak para ibu yang tau tips ini ya, tips ini begitu sederhana tetapi terkadang sering lupa dan diabaikan begitu saja.

O’ya sekarang ini juga banyak dokter gigi khusus untuk anak-anak, nah ini tepat sekali buat si kecil karena biasanya lebih sabar dan telaten, sehingga anak merasa nyaman dan tidak merasa takut lagi dengan dokter gigi.

Yuk kita beri pengertian pada anak-anak kita akan pentingnya menjaga kesehatan gigi sehingga nantinya mereka akan tumbuh menjadi anak yang sehat.