Bulan ini, terpilih blog www.tianlustiana.com sebagai Blog of The Month. Selamat ya Mak Tian!

Bertagline ‘caring, sharing and posting-reaching the world with the words‘ blog Mak Tian yang bernuansa ungu dan pink ini memang bercerita tentang banyak hal. Mulai dari berbagi banyak tips, cerita keseharian Mak Tian sebagai seorang accounting yang memiliki bisnis make up and hair do sekaligus wedding organizer, kisah berbau parenting bagi putrinya Marwah, hingga drama-drama korea yang ditontonnya! hohohoho.

Yuk kita berkenalan lebih dekat dengan Emak Bandung yang satu ini.

1601317_10202300586470167_1219993074_n

Emak yang bernama lengkap Tian Lustiana ini memiliki dua blog, yaitu www.tianlustiana.com dan parentian.com. Bisa berkenalan langsung dengan beliau di akun twitter @tianlustiana atau IG @tianlustiana. Dan berikut (semacam) wawancara singkat MakMin dan Mak Tian.

MakMin: Sejak kapan mulai ngeblog? Apa motivasi awal membuat sebuah blog?

Mak Tian: Ngeblog sebenarnya udah dari lama, hmmm sekitar tahun 2006 tapi cuma curhat–curhat abegeh labil aja. Kemudian pas saya melahirkan tahun 2008 nitu kepikiran untuk membuat blog khusus seputar tumbuh kembang Marwah, jadilah pada saat itu saya membuat blog untukmarwah.blogspot.com yang kemudian sekarang sudah menjadi parentian.com.

Blog ini saya buat memang khusus untuk merekam semua keseharian dan aktifitas Marwah, agar kelak Marwah bisa baca juga. Kemudian 2009 saya mulai deh membuat blog pribadi ceritanya untuk sharing aja tentang keseharian yang akhirnya blog saya malah jadi gado – gado. Heheh.

MakMin: Apa yang menjadi inspirasi saat menulis sebuah postingan? Dari mana idenya?

Mak Tian: Inspirasi sih banyak yah, apapun sebenarnya bisa menjadi inspirasi, ide sih suka datang begitu aja. Namun kebanyakan inspirasi saya menulis adalah Marwah, anak saya. Banyak cerita tentang dia yang membuat saya ingin menuliskannya. Selain itu juga saya senang membaca dan tiba–tiba saja suka ada ide yang datang. Blog walking juga cukup memberikan saya ide lho, jadi kadang kalau lagi buntu saya suka blogwalking juga, jadi ide segar kembali dan siap menulis lagi :).

MakMin: Bagaimana menjaga konsistensi ngeblog? Apalagi Mak Tian kan punya kesibukan lain di dunia nyata?

Mak Tian: Karena saya cinta sama ngeblog, saya cinta menulis. Apa yang saya cintai pasti akan saya lakukan dong, meskipun saya memiliki kesibukan lain dilluar kecintaan saya itu. Jadi, yang penting harus cinta dulu yah, hehe :D.

MakMin: Selama ini, adakah satu postingan yang sangat berkesan? (Paling populer, paling kontroversial, misalnya)

Mak Tian: Adaaa, postingan tentang saling follow blog, viral banget seantero linimasa 😀 #lebay. Selain itu juga sih postingan tentang yang lainnya juga ada beberapa yang ngehits juga, di antaranya adalah postingan Jang Hyuk, postingan itu berkesan sekali untuk saya karena untuk pertama kalinya page view saya sampe seribu sehari hanya karena postingan tentang Jang Hyuk, berarti emang jodoh ya saya sama Jang Hyuk, uhuk.

MakMin: Apa yang selalu membuat Mak Tian menulis dan menulis di blog? Pernah bosan? Ada rencana berhenti ngeblog, mungkin? He he.

Mak Tian: Saya senang menulis, hobi ini semacam terapi gitu. Kalau saya sedih ya saya tuangkan dalam menulis, gembira pun dituangkan dalam tulisan hingga kecintaan saya sama Bob Moffatt dan Jang Hyuk pun saya umbar dipostingan blog, huehehe jadi memang udah hobi dan susah untuk dilepaskan.

Bosan? Justru saya bosan kalau ga posting, belum terpikir berhenti ngeblog :D, malah semakin ingin menjadi blogger sejati. Mungkin saya akan berhenti ngeblog kalau saya sudah menjadi asistennya Jang Hyuk atau Bob Moffatt, hihih. Pokoknya selama saya masih bisa posting dan menulis saya akan tetap melakukannya, mungkin juga sampai rambut saya memutih dan kulit saya menjadi keriput dan nafas saya terhenti, lebay to the max ya :P.

MakMin: Bagi Mak Tian, seberapa penting sih social media dalam berblogging ria?

Mak Tian: Hmm, penting ya secara saya banci sosmed juga. Apapun juga saya share di sosmed sampe linimasa tahu bahwa saya sekarang sudah teracuni oleh Mak Erry huhahah. Gara gara sosmed juga saya dapat banyak temen dan gara–gara sosmed juga beberapa orang nyinyirin saya, dan gara–gara sosmed juga saya suka dapet diskon bahkan gratisan,. Apasih.

By the way social media penting banget dalam berblogging, semacam mempromosikan gitu. Dari beberapa sosmed yang kita share pasti ada yang penasaran dan klik link blog kita, lumayan kan dapat visitor, hueheh.

MakMin: Apakah ada cerita unik, duka, menyenangkan, atau tak terlupakan selama menjadi blogger?

Mak Tian: Hmm banyak sih yang memorable banget. Mulai dari pertama kali dapat job review dan pertama kali dapat page view ribuan dan pertama kali dapat komentar banyak dan itu tak terlupakan. Sampai pernah ada blogger yang bilang saya blogger standar kok bisa dapat job review yah, sedih memang, seperti tertusuk duri dalam jantung ini, huahahah. Namun dari situ saya terpacu buat menjadi lebih baik lagi memposting dan lebih giat lagi ngeblog terutama lebih giat agar dapat job terus, Aamiiin.

MakMin: Pernah ada kendala menyiasati kesibukan Mak Tian di keseharian dengan aktifitas blogging? Bagaimana solusinya?

Mak Tian: Kendalanya pasti ada, saya sih ga pernah palingan dikomplen sama suami kalau malam–malam masih aja depan laptop. Heheh. Solusinya ya saya rayu aja bahwa isterinya ini tidak bisa hidup tanpa menuliskan sesuatu yang alay, huahah.

MakMin: Ajakan Mak Tian untuk saling follow tempo hari kan viral sekali ya, kenapa dan bagaimana hal tersebut bisa terpikirkan oleh Mak Tian?

Mak Tian: Hiihihih, iya beneran bahkan sampai sekarang masih aja ada yang komen di thread yang saya buat di KEB, itu dari tanggal 20 Juni 2015 lho padahal, warbiasaah. Kenapa ya saya bisa kepikiran buat nulis itu? Saya juga engga tahu nih makmin, ide itu muncul begitu saja sih, ya itu tadi kadang ide suka muncul begitu saja. Jadi ketika ide itu muncul maka langsung eksekusi saja, siapa tahu bisa viral hihih.

MakMin: Apa harapan Mak Tian untuk blogger –khususnya bloger perempuan—ke depannya?

Mak Tian: Saya berharap blogger perempuan bisa lebih kreatif lagi dan terus menginspirasi selalu. Karena dengan menulis kita bisa menggapai dunia, hihih kayak motto blog saya reaching the world with the words. Saya yakin banyak sekali perempuan yang keren dan hebat, perempuan yang memiliki potensi menulis yang lebih bagus. Tunjukkanlah bahwa perempuan bukan hanya dapur, kasur dan sumur tapi juga bisa meraih dunia meskipun dari rumah. Semangat selalu perempuan–perempuan!

MakMin: Menurut Mak Tian, komunitas blogger itu harusnya seperti apa sih? Apakah KEB sudah memenuhi harapan Mak Tian untuk sebuah komunitas? Ada kritik dan saran, mungkin?

Mak Tian: Saya masih buta komunitas nih, dan komunitas blog pertama saya KEB, jadi KEB sudah sangat keren di mata saya. Karena KEB juga saya mengenal mak Nchie Hanie, mak Meti Mediya, Mak Alaika dan teh Efi, karena mereka saya jadi rajin ngeblog. Tersuntik oleh semangat mereka. Sarannya banyakin acara di Bandung aja ya makpuh dan makpon plus makmin 😀 heheh. Semangat selalu KEB , muaaaaaach.

10926402_10204807006129092_3230491280587420945_n

 **

Sekali lagi, selamat untuk pencapaiannya ya Mak Tian. Teruslah menginspirasi dan berbagi. Jangan lupa kaba-kabari jika sudah berjumpa Jang Hyuk atau Bob Moffat yaa :).

885996_10206949704811924_7693940942622080871_o