Mak, sudah kenal belum dengan BoTM bulan ini? Yup, Mak Suria Riza menjadi penutup BoTM di tahun 2015 yang cemerlang ini. Saya yakin banyak emak di sini yang sudah kenal baik dengan Mak Echa, postingan di blognya sangat variatif. Dari kecantikan (MakMin sangat takjub dengan make up Halloween Avatar itu, by the way :D), parenting, gadget dan techno, kesehatan, hingga curhat khas emak-emak pun ada. Dan tentu saja tidak ketinggalan kecintaannya pada si Cucuth, alias kucing kesayangannya, bahkan akun twitternya pun bernama @catatansicucuth lho hihihi.

Yuk ah, kita ngobrol-ngobrol dengan Mak Echa ;).

image1 (1)

Mak Echa sejak kapan sih ngeblog? Dan kenapa masih bertahan menjadi seorang blogger hingga sekarang?

Semenjak jaman kuliah ada multiply trus friendster trus akhirnya ke blogspot tahun 2008. Waktu itu gabung ke komunitas blogger bogor dan nyerap ilmu banyak di sana. Isi blognya standar saja tentang curhat sehari-hari dan sesuka hati.

Lalu saya kenal dunia kuis hunter lebih dulu dan sering ikutan lomba karena bisa disambi sambil kuliah dan kerja. Waktu nikah dengan bapake Raffi, saya memang niat berhenti kerja dan mulai intens nulis blog.

Ngeblog awalnya curhat (sampe sekarang seh) wkwk… Apalagi ngeblog bener-bener pengisi waktu dan penghibur saya yang sering menginap di rumah sakit hampir sebulan sekali. Saya bisa cerita apa saja di blog. Saat sepi diem gitu, malah banyak ide nulis.

Tetep jadi blogger soale seneng aja. Apalagi lomba banyak, jadi saya niat memang lebih fokus ke lomba hehehe. Sampe kadang curhat dibilang review atau lomba :). Masalah mau dibilang blognya iklan lomba mulu biar aja… 😀

Biasanya dari mana inspirasi Mak Echa untuk ngeblog?

Darimana saja, apa aja yang dialami. Kalau blogku ngikutin fase. Dulu pas single galau hore, karena suka kucing cerita cucuth, pas nikah cerita cinta, pas hamil cerita hamil, pas lahiran cerita bayi dan perkembangannya. Kalau sekarang lebih seneng ke DIY mainan anak gitu.

Dengan seorang putra yang sedang lincah-lincahnya, bagaimana Mak Echa mencari waktu untuk ngeblog dan blogwalking?

Ngeblog saya malem pas anak tidur. Kalau ikut lomba bisa begadang.
konsep-konsep yang dibuat Mak Echa

konsep-konsep yang dibuat Mak Echa

Postingan Mak Echa kan biasanya super kreatif ya, dengan infografis dan sebagainya dan sebagainya, itu idenya nemu di mana sih, Mak? 

Mungkin karena saya awalnya kuter, jadi prinsip kreatif kuter saya usung ke blog. Makanya mungkin itu yang bikin beda dari blogger lain. Anggap saja ciri khas. Saya selalu mengonsep tulisan dulu. Mulai dari foto, detail tulisan sampai sudut pandang tulisan. Menang nggaknya seh tergantung selera juri seh ya 😀

Saya dari dulu memang suka mencoba aplikasi, yang sekiranya cocok ya saya pakai. Saya idenya belajar dari berbagai postingan orang dan temen-temen blogger. Yang cocok saya ambil tapi tetep dibuat sesuai khas saya.

Saya juga tidak pernah berusaha menyenangkan atau disukai orang. Jadi diri sendiri dengan ciri saya sendiri, termasuk postingan ciri khas saya untuk dibaca para pembaca blog, mau baca monggo nggak ya wes :D.

Sejauh ini, apa sih pencapaian tertinggi sebagai seorang blogger buat Mak Echa?

Pencapaian tertinggi pas kemarin di Blogger Nasional. Dapet blog kategori parenting dan family, kaget juga padahal nggak ikut acaranya. Tapi seneng, rasanya bangga gitu *ehem. Apalagi di blantika blogger-blogger yang spesialis ngulas parenting family, blog saya kan jauuuuuuh dari sempurna. Jadi saya seneng banget dapet itu.

Selain itu, punya beberapa teman baik dari blog juga pencapaian tertinggi buat saya :”).

Kalau social media, penting nggak sih, Mak, untuk seorang blogger?

Penting… mau gak mau kalau terjun ke dunia blogging
Mak Echa kan lumayan sering ikut lomba blog ya, Mak, dan sering menang juga, apa sih rahasianya

Aku kan awalnya dari kuter mak. Buat aku surga banget jadi kuter. Caranya gampang hadiahnya gede hehehe. Dan saingannya kreatif-kreatif kalo kuter. Saya belajar dari kuter, dan ikut lomba blog prinsip kreatif kuter saya bawa. Makanya pas nulis lomba blog kadang rasanya rada aneh mungkin bagi orang lain kan :D. Cuma gimana ya, seneng saja kalo bikin postingan foto lucu dan nyentrik gitu.

Tapi, tergantung selera juri juga seh ya. Udah all out ternyata juri nggak suka mau gimana lagi.

(rasanya jawaban ini mirip sama yang diatas wkwk)

Menyambung pertanyaan sebelumnya, kalau menang lomba sih pastinya bahagia ya, tapi pas kebetulan kalah gimana nih, Mak? Hehehehe

Saya mah cengeng, kalau kalah lomba suka pundung dan nangis :D. Tapi abis itu saya selalu belajar dari para yang menang. Saya fair kok kalah dan ngakuin bahkan nyelametin orang yang menang kalo yang menang bagus, asal lombanya jujur gak ada settingan. Ya itu kudu damai sama diri sendiri, nerima kalau kalah :D.

Kalau kalah biasanya saya diem dulu 1-2 hari, abis itu mulai lagiiii nyari lomba lainnya :D. Oh iya, yang saya pelajari dari kuter jadi blogger itu mental tangguhnya yang pantang menyerah. Dan itu sama sekali nggak mudah *masih kudu belajar juga*.

Kan hidup kudu belajar terus ya 🙂

Apa peran komunitas KEB bagi Mak Echa? Kesan dan kritik membangun untuk KEB dong.

Kenal KEB karena ikut lomba. Pas lihat orang-orangnya kebanyakan kenal, jadi ngerasa enak aja walaupun saat itu grupnya baru.

Di KEB, saya nemu beberapa teman baik yang bener-bener baik. Di KEB, saya belajar ngeblog itu gimana. Di KEB, saya belajar menghargai perasaan wanita emak-emak. Di KEB, saya belajar jadi ibu super :v. Di KEB, saya belajar nggak baper walau masih baperan :v karena isinya emak-emak semua. Tapi yang pasti, terima kasih buat KEB untuk kado penyemangat akhir tahun ini, makasih banyak.

Saran : sering adain offline event yang orangnya nggak perlu ngetwit tapi kudu ngobrol. Sebulan sekali rutin kalau bisa seh. Isinya bisa sharing ilmu, sharing parenting, sharing apa aja wes ngobrol-ngobrol ae juga gapapa. Saya kangen di mana kalau ngumpul pada nggak pegang hape :D.

Sama … banyakin lomba juga :D.

***

Seru yah ngobrol sama Mak Echa. masih belum puas? Cuss deh mampir ke blognya www.echaimutenan.com atau lihat foto-foto kreatifnya di IG @echaimutenan. Teruslah menginspirasi dengan blogging ya, Mak, sukses terus bersama pak suami dan Raffi, dan semoga tahun 2016 yang segera menjelang akan menjadi tahun kita semua yang lebih bersinar. Aamiin.