Mak, ketinggalan #ArtikelBerbagi Senin malam tanggal 1 Februari lalu? Tenaaaang, sila simak baik-baik yaa. Tapi jangan lupa lho, tiap dua minggu sekali, #ArtikelBerbagi rutin diadakan di Facebook, don’t miss it!

Nah, kali ini MakMin Yuniarti Nukti yang akan berbagi tentang Seluk Beluk Blogger Berbayar. Selamat menikmati :).

*

Job.. Job.. dan Job.. *kibas-kibas duit cepek’an*

Bahas job blogger memang tiada habisnya. Ngomongin job seperti Emak-emak yang haus diskonan belanja 😀 Apapun bentuk job nya, ibarat nemu obralan tas LV original harga seratus ribu rupiah! haha..

Dapat job review ibarat seorang blogger dikontrak menjadi bintang iklan dimana tugasnya menyebarkan edukasi produk kepada khayalak. Yang diharapkan dari edukasi tersebut adalah produk yang dikampanyekan dapat diketahui masyarakat, dipahami, serta memicu masyarakat menggunakan produk tersebut. Agar edukasi produk dapat diterima oleh pembaca, cara paling efektif adalah membungkus artikel secara halus dan apa adanya. Sebisa mungkin blogger membalut artikel job review dengan menciptakan momen yang didalamnya menyisipkan produk yang diiklankan tersebut.

Percaya tidak percaya job pertama kali yang saya kerjakan nilainya $2. Waktu itu kurs rupiah tak setinggi sekarang, kurs yang saya dapat saat itu nilai tukarnya tak lebih dari Rp. 10.000,-, yang jika dirupiahkan hasilnya Rp. 20.000 kembali 400 perak :v

Apakah saya menyesal?

Tidak! Saya malah senang nerimanya. Bukan nilainya yang saya lihat, tetapi kepercayaan advertiser terhadap blog saya sehingga memutuskan ajak kerjasama. Yang saya yakini saat itu adalah bahwa memang benar, bahwa blog dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah. Hal ini juga semata-mata saya kerjakan demi menjadi blogger profesional yang berkomitmen agar rajin update postingan.

jenis-jenis Job review

Semakin menyelami dunia blogger, secara perlahan saya memahami seluk beluk seputar job review. Sependek pengetahuan saya, ada beberapa macam job review yang selama ini beredar. Antara lain:

  1. Job review produk

Sesuai judulnya, job review produk memang mengharuskan seorang blogger untuk mereview sebuah produk. Misalnya menulis produk perlengkapan rumah. Penulisan review seperti ini sebisa mungkin berdasar pengalaman. Jika seorang blogger belum pernah mengalami, langkah yang dikerjakan minimal mengetahui produk yang akan ditulisnya. Caranya bisa dengan membaca referensi seputar produk melalui bermacam media. Namun ada advertiser yang meminta blogger harus mencoba produknya lebih dahulu lalu diulas dalam tulisannya. Biasanya advertiser seperti ini akan memfasilitasi blogger dengan memberikan sample produk terlebih dahulu. Biasanya fee job review produk nilainya terbilang besar. Minimal diatas Rp. 500.000,-. Woww!! Beberapa agensi bahkan mematok nilai minimal Rp. 1.000.000,-! Woww lagii!! hehe… Lumayan buat nambah-nambah membeli Tas LV. Whattt!! 😀

  1. Job artikel backlink

Job artikel backlink seperti yang saya tau adalah tulisan review di blog yang hanya dikhususkan sebagai tempat menitip link saja. Biasanya ada 2 sampai 3 link dengan kata kunci tertentu yang wajib disematkan dalam tulisan. Untuk job review backlink ini biasanya advertiser terkesan pilih-pilih blog. Tidak semua blog bisa diterima, mereka akan memilah blog berdasarkan kustom domain, angka alexa, atau angka domain authority. Khusus job review backlink ini kualitas pemahaman produk tidak begitu diperhatikan, asalkan tidak copas, dan seluruh kata kunci dan link yang dipasang benar, maka tulisan itu akan lolos. Fee yang didapat untuk job review backlink ini rata-rata berkisar antara Rp. 100.000 hingga Rp. 300.000,-.

  1. Job konten artikel

Job konten artikel merupakan penugasan bagi mereka yang ingin menulis artikel berbayar. Tidak peduli artikel itu nanti digunakan untuk apa, namun pembuat review artikel harus menulis sesuai kata kunci yang diberikan oleh sang pemberi job. Untuk job seperti ini fee yang patok relatif murah, sebagai jasa penulisan artikel patokan tarifnya antara Rp. 8.000,- hingga Rp. 10.000,- dengan panjang tulisan antara 300-500 kata. Yang membuat job ini menarik adalah pesanan review yang diberikan tidak 1 atau 2 artikel, tetapi minimal 10 artikel sekaligus dengan tenggat waktu yang di sesuaikan perjanjian kedua belah pihak.

  1. Job Content Placement

Content Placement akhir-akhir ini marak di tawarkan untuk blogger. Nilainya tidak besar, paling-paling, antara 50ribu – 200ribu. Enaknya job ini blogger tidak perlu membuat artikel. Susahnya, blogger harus mengedit tulisan supaya enak dibacanya. Dari beberapa pengalaman mengerjakan content placement, saya harus mengubah hampir keseluruhan kalimat karena pembuat artikel terkesan asal-asalan, buat mereka yang penting memenuhi kriteria 300 kata.

 

Sebagai blogger sendiri tentunya akan lebih menarik jika menerima job review produk. Selain bayarannya lebih tinggi, cara menulisnya pun lebih bertanggung jawab. Iya dong, dibayar tinggi kalau nulisnya asal-asalan bisamengecewakan advertiser. Namun penulisan bagus juga tidak harus membaik-baikkan produk dengan menuliskan review yang berisi bagusnya produk saja, akan tetapi bagaimana mengulas produk dengan gaya bahasa apa adanya namun tampak menarik dibaca.

 

cara mendapat job review

Laaluuu bagaimana agar blog kita dibayar dan mendapatkan pendapatan dari job review?

Terus terang mendapat job review memang tidak mudah. Bisa dibilang dapat job review adalah karena SAP alias Sesuai Amal Perbuatan hehe.. iya lho, saya beberapa kali mengalami hal begitu. Kalau ditunggu-tunggu job review nggak datang-datang. Tapi kalau diharap, eh tiba-tiba mak bedunduk, datang secara tiba-tiba.

Namun ada beberapa catatan yang dapat saya simpulkan bagaimana caranya agar blogger bisa mendapat job review:

  1. Menulis artikel dengan gaya sendiri sehingga keunikan kemampuan yang kita miliki tersalurkan sempurna. Tuliskan sisi pengalaman unik yang tak dirasakan orang lain
  2. Sering update blog dengan isi postingan yang bersifat informasi yang sesuai dengan pengalaman pribadi. Misalnya pengalaman menggunakan produk kebutuhan keluarga seperti shampo, sabun, detergent, dan lain-lain.
  3. Berbaur dengan banyak orang termasuk gabung dengan komunitas. Komunitas ini penting bagi keberlanjutan blog kita. Karena dari komunitaslah seringnya advertiser mencari bakat blogger lalu diajak bekerja sama.
  4. Mengakrabkan diri dengan banyak blogger secara personal. Keakraban blogger secara personal sangat penting, selain untuk mengenal lebih dekat terkadang dari merekalah kita mendapat rekomendasi job review.
  5. Rajin mempromosikan blog, baik melalui online maupun offline. Promosi melalui online bisa dengan ngeshare link di sosial media yang kita punya atau meninggalkan komentar di blog teman. Sedangkan promosi offline dapat dilakukan dengan mencantumkan alamat blog di kartu nama.

Keep Blogging!

*

Eh, udah selesai, Mak, materinya! hahahaha. Apppah? Banyak pertanyaan? Tunggu part 2-nya nanti yaa ;).