Hi, Mak! Kita ngobrol soal makanan aja ya kali ini. Sebutkan 5 makanan favorit Emak!

Eh, kok seperti lagi ngerjain PR sekolah aja. Hahaha. Sebenarnya sih, aku melihat ada sebuah tempat makan di deretan pertokoan, biasanya tampak sepi pengunjung. Ada 3 kali tempat makan itu berubah menu makanannya dan nama tempatnya juga *entah pemilik sama atau beda orang* Masih tetap sepi. Nah saat ke-4 kalinya ganti, barulah terlihat mulai agak ramai. Menunya apa kali ini? Mi ayam!

Dari situ aku mikir, ehm benar juga, mi ayam termasuk salah satu makanan favorit orang Indonesia. Banyak juga lo, penggemar mi ayam. Iseng, aku tanya ke beberapa teman, apa menu makanan yang biasanya disukai orang Indonesia. Ternyata jawabannya hampir sama semua.

 

Inilah 5 makanan yang banyak disukai orang Indonesia

1. Mi ayam

Mi ayam punya penggemarnya sendiri. Jenisnya juga banyak, mulai dari mi ayam biasa sampai mi ayam level super pedas seperti mi setan. Untuk tambahan lauknya biasanya ada bakwan dan pangsit. Makannya juga sesuai selera, ada yang diberi saus tomat atau kecap.

Kalau aku suka putihan aja, nggak diberi apa-apa kecuali sambal dan acar. Ditambah taburan daun bawang dan bawang goreng yang banyak, serta kuah kaldu di mangkuk terpisah. Wah, sedaaap!

 

2. Bakso

Siapa sih yang nggak suka makanan satu ini? Hampir semua pasti suka, nggak hanya anak-anak, orang dewasa juga masih suka makan bakso. Abang penjual bakso keliling juga laris manis diserbu pembeli, dari anak sekolah sampai pekerja kantoran.

Jenis bakso juga macam-macam, ada bakso halus, bakso urat, bakso kotak, bakso gepeng, bakso tetelan, bakso telur, bakso beranak, sampai bakso yang ukurannya gede.

Aduh, aku malah ngeri kalau mau makan bakso yang gedenya ngalahin mangkuk baksonya sendiri. Hahaha.

Makan bakso dengan ditambah kecap, saus tomat dan sambal saat hawa dingin, hmmm … nikmat bener. Cuma memang ada bakso yang lebih banyak tepung daripada daging sapinya.

Aku paling suka makan bakso yang dagingnya kerasa, jadi tepung dikit aja. Apalagi jika sedapnya kuah bener-bener dari kaldu asli, bukan dari micin.

 

3. Sambelan

Orang Indonesia banyak yang suka pedes. Jadi makan kalau nggak ada sambalnya rasanya ada yang kurang.

Makanya tempat makan yang menyajikan makanan dengan sambal biasanya selalu laris manis. Apa aja lauknya asal diberi sambal, seperti ayam goreng, ikan, tahu, tempe, terong, atau sayur lalap lainnya. Makannya dengan nasi anget, dijamin deh bakal pengin nambah terus.

 

4. Nasi goreng

Nah, ini menu paling disuka oleh anak kos. Hahaha. Waktu aku kuliah, makanan inilah yang paling sering ditunggu-tunggu oleh teman-teman kos.

Penjual nasi gorengnya keliling perumahan, harganya sangat terjangkau dengan porsi yang banyak. Ternyata nggak cuma anak kos yang doyan makan nasi goreng, banyak juga yang suka dengan menu yang sederhana ini.

Nasi yang digoreng dengan variasi menu seperti nasi goreng ayam, nasi goreng sosis, nasi goreng seafood, nasi goreng merah, nasi goreng hongkong, nasi goreng mawut, dan lain-lain. Ini enak banget!

Aku sendiri kalau nggak ada lauk di rumah, asal ada telur, ya masak nasi goreng aja. Praktis, masaknya cepet buat sarapan anak sekolah.

 

5. Sate

Makanan satu ini juga banyak jadi makanan favorit, mulai dari sate ayam, sate kambing atau sate daging sapi. Makan dengan lontong atau nasi yang diberi kuah gulai. Nikmat banget!

Tapi biasanya nih, apa pun yang ditusuk dengan tusukan sate sering disebut sebagai sate, jadi banyak aja jenis satenya. Misalnya sate telur puyuh, sate usus, sate tempe, sate rempelo ati. Sate usus biasanya disajikan sebagai pendamping soto.

 

Nah, itulah 5 makanan favorit yang banyak disukai orang Indonesia. Tambahan lainnya sih mi instan *nggak boleh sering-sering makan nih, tapi kadang bikin kangen ya. Hahaha*, dan satu lagi untuk makanan ringannya yaitu kerupuk. Siapa yang nggak suka makan kerupuk? Ada lo anak temenku, makan harus dengan kerupuk baru mau makan. Ada juga yang makan nasi dengan kerupuk aja, rasanya sudah nikmat bener. Enak sih, tapi kalo cuma kerupuk aja kan gizinya kurang.

Apakah dari kelima makanan itu ada yang merupakan makanan favorit Emak? Atau mungkin malah suka kelimanya ya? Yuk, share! 😀