Rutinitas dan kesibukan sehari-hari setiap anggota keluarga tidak jarang membuat frekuensi komunikasi di keluarga jadi menurun. Tapi, kesibukan tidak boleh jadi alasan untuk membuat keluarga tidak saling dekat. Untuk menebus waktu yang hilang selama 5 hari sibuk, manfaatkan waktu weekend bersama keluarga.

Bagaimana memanfaaatkan weekend bersama keluarga menjadi momen yang tepat untuk menambah bounding antara satu sama lain?

Beberapa keluarga melakukan kegiatan dengan pergi ke tempat-tempat hiburan, pusat perbelanjaan,  bertemu dengan anggota keluarga besar lainnya atau memilih beristirahat di rumah saja untuk menghabiskan waktu libur.

Mengunjungi beberapa tempat hiburan tentunya membutuh uang dan waktu, entah itu untuk makan diluar, membeli tiket dan tentunya juga mengahadapi kemacetan jalan.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan di rumah agar bounding tetap terjadi, juga kreativitas anak-anak ikut berkembang, misalnya:

  1. Membersihkan rumah bersama-sama. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan masing-masing diberi tanggungjawab untuk menyelesaikan tugas yang diberikan secara musyawarah. Tentu saja kegiatan ini melatih tanggungjawab hingga mereka dewasa dan melatih tetap menjaga kebersiham.
  2. Membuat kue. Hal ini sering saya lakukan bersama anak-anak, mencoba resep-resep baru atau membuat makanan kesukaan mereka. Anak akan terlatih dengan alat-alat dapur dan juga melatih untuk berhemat karena makan buatannya sendiri.kue ini bisa dijadikan bekal mereka ke sekolah.
  3. Berkebun, kegiatan ini selain bertujuan mengenalkan anak untuk mencintai alam dan bisa lebih menghargai sebuah proses tumbuh suatu pahon hingga menjadi buah atau berbunga, yang dengan sendirinya anak-anak akan terlatih menjaga keseimbangan ekosistem bumi.
  4. Melakukan permainan yang melibatkan seluruh angota keluarga seperti ular tangga, monopoli, lego, playdough, menyusun puzzle. Tentunya permainan ini bisa menambah daya imaginasi sekaligus kreatifitas anak.
  5. Membuat tenda di halaman rumah atau jika tidak punya halaman atau tenda kita bisa membuatnya di dalam rumah dengan mengatur kursi di ruang tamu, biarkan anak melakukan kegiatan yang dilakukan sehari-hari didalam tenda. Seperti makan, minum atau tidur, kegiatan ini akan melatih kemandirian anak-anak dan rasa percaya diri.
  6. Berburu harta karun permainan ini seru sekaligus mengajarkan anak secara tidak langsung belajar menggunakan peta.
  7. Olah raga bersama, bisa dengan jalan bersama keliling komplek, berenang atau bermain lompat tali, kalau di daerah perkotaan biasa bisa datang ke gelanggang olah raga, kolam renang yang ada di dalam komplek perumahan atau kolam renang umum yang tentunya mempunya fasilitas lengkap untuk anak-anak dan dewasa. Biasanya jalan/lari bersama bisa dilakukan diarea “car free day” yang sekarang sudah ada di beebrapa titik setiap daerah.
  8. Mengunjungi tempat hiburan yang murah meriah biasanya banyak dituju yaitu kebun binatang, harga tiket termasuk murah, selain bisa mengenalkan beberapa hewan kepada anak-anak juga bisa menyiapkan bekal untuk makan bersama di daerah lapang yang telah disediakan.

Banyak sekali ide-ide krativitas yang bisa dilakukan bersama, atau sesekali kita bisa juga menanyakan kepada anak-anak malam harinya. Kegiatan apa yang dilakukan untuk weekend bersama keluarga bisa mendorong anak untuk mengekspresikan pilhan dan pemikirannya. Dalam  melakukan kegiatan akhir pekan mungkin saja ide dari anak-anak bisa luar biasa dan tanpa kita sadari, buat list di kertas kemudian lingkari kegiatan-kegiaan yang telah dilakukan.

Tips-tips di atas semoga menjadi tambahan list untuk menghabiskan akhir pekan yang penuh kreativitas dan tentunya kebersamaan bersama keluarga. Momen yang berharga bersana keluarga dapat menambah hubungan yang harmonis dan rasa saling menyayangi satu sama lain.

***

Weekend Bersama Keluarga? 8 Tips ini Bisa Dicoba merupakan post trigger #KEBloggingCollab untuk group Nila F. Moeloek yang ditulis oleh Utie Adnu.

Utie adalah pengelola blog  http://www.utieadnu.com/