Emak pasti tidak asing dengan bahan pangan bernama tahu. Kabarnya makanan ini sudah ada sejak 2.200 tahun lalu di Tiongkok. Para perantau yang berasal dari daerah tersebut yang membawa tahu hingga akhirnya dikenal di seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia dan bermunculan berbagai kreasi tahu.

Tahu dibuat melalui proses pengolahan kedelai dengan cara pengendapan proteinnya. Selain mengandung air, protein, lemak, dan karbohidrat, tahu juga mengandung berbagai mineral seperti kalsium, zat besi, fosfat, kalium, natrium, asam folat, vitamin B, dan vitamin E. Kandungan asam lemaknya rendah dan bebas kolesterol.

Harga tahu sangat terjangkau dan aman dikonsumsi termasuk oleh bayi yang sudah boleh makan MP-ASI hingga orang yang memiliki masalah pencernaan. Beberapa manfaat tahu adalah mencegah penyakit jantung, stroke, dan pikun. Selain itu nutrisi tahu juga baik untuk pembentukan sel darah merah, pemeliharaan dan perbaikan sel-sel tubuh, serta pembentukan antibodi.

Di Indonesia banyak sekali jenis makanan yang menggunakan tahu sebagai salah satu bahan dasar. Sebut saja bakso tahu, batagor, siomay, tahu isi (tahu bunting), tahu campur, ketoprak, dan lain-lain. Makanan berbahan dasar tahu apa yang jadi favorit Emak dan keluarga?

tofu-597228_1920 (1)

Salah satu yang menjadi favorit saya adalah Tahu Masak Pindang. Bukan cuma ikan saja yang bisa dibuat menjadi pindang, tahu juga tidak kalah enaknya. Ini dia resep Tahu Masak Pindang ala keluarga saya:

Bahan:

1 buah tahu putih berukuran besar, potong-potong.
1 gelas air
1 buah tomat, potong-potong, dan buang bijinya.
1/4 bagian nanas, potong-potong.
1 batang serai.
1 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk purut.
2 cm lengkuas, digeprek.
4 buah cabe caplak merah.
6 batang kemangi, petik daunnya.
1 sdt garam halus.
1 sdt gula pasir.
1/2 sdt merica bubuk.
Minyak goreng secukupnya.

Bumbu Halus:

6 siung bawang merah.
3 siung bawang putih.
2 cm jahe.
2 cm kunyit.

Cara Membuat:

1. Goreng potongan tahu hingga setengah matang, angkat, dan tiriskan.
2. Tumis bumbu halus beserta serai, daun salam, daun jeruk, lengkuas, dan cabe caplak hingga harum.
3. Masukkan potongan tomat dan nanas, masak hingga setengah layu.
4. Masukkan tahu goreng dan air, tambahkan gula, dan merica bubuk. Masak hingga air mendidih dan tahu matang.
5. Tambahkan daun kemangi dan garam masak selama kurang lebih 3 menit.
6. Sajikan Tahu Masak Pindang selagi hangat.

Jpeg

Jpeg

Kreasi Tahu Masak Pindang ini cocok disantap bersama nasi hangat. Rasa kuahnya segar karena perpaduan nanas, tomat, dan kemangi. Tak perlu tambahan penyedap apapun kuahnya sudah enak. Aromanyapun menggugah selera, ada ciri khas bumbu dapur hasil bumi Indonesia. Menu ini cocok untuk ayah dan suami saya yang kurang suka sayur pindang ikan. Sementara untuk ibu saya yang memiliki tekanan darah tinggi, menu ini aman karena bebas kolesterol. Cukup sisihkan sebagian Tahu Kuah Pindang yang belum diberi garam atau gunakan sedikit garam rendah natrium.

Ingin membuat menu ini untuk MP-ASI? Bisa juga, lho. Tahu tidak perlu digoreng dulu, gunakan bumbu dapur dalam jumlah sedikit saja, dan tidak perlu menambahkan gula dan garam. Masak menggunakan slow cooker dan siap-siap ikut tergoda oleh aroma MP-ASI untuk si kecil.

Nah itu dia salah satu resep masakan kreasi tahu favorit keluarga saya. Bahan-bahannya mudah didapat, harga terjangkau, mudah dibuat, dan sedap rasanya. Emak punya masakan tahu favorit juga? Share yuk resepnya!

***

Resep Kreasi Tahu: Tahu Masak Pindang ini merupakan post trigger #KEBloggingCollab untuk kelompok Khofifah Indar yang ditulis oleh Heni Puspita.

Heni Puspita adalah pengelola blog www.henipuspita.net