Siapa yang tak kenal kota Bandung. Kota metropolitan terbesar dan ibukota Propinsi Jawa Barat yang mempunyai julukan Kota Kembang ini, menjadi incaran para wisatawan sebagai tempat favorit kuliner dan fashion. Untuk kuliner, Kota Bandung mempunyai beragam jenis, namun ada lima makanan khas Kota Bandung yang tak lekang oleh waktu dan menjadi favorit pecinta kuliner. Apa saja ya makanan khas itu?

***

Orangtua dan keluarga saya asli Bandung, saya begitu bangganya menjadi urang Sunda, tinggal dan besar di Kota Bandung ini. Bandung menjadi kota favorit para wisatawan lokal maupun asing. Tak dipungkiri setiap akhir pekan, kemacetan panjang terjadi di beberapa titik Kota Bandung. Titik kemacetan itu menuju pusat perbelanjaan dan pusat pariwisata.

Berbicara kuliner khas Kota Bandung rasanya tidak akan ada habisnya, karena kuliner kota ini semakin  berkembang dan beraneka ragam jenis. Penduduk Kota Bandung terus berkreasi menciptakan jajanan yang membuat para pecinta kuliner kembali datang lagi.

Nostalgia dengan Kuliner Tradisional Bandung

Kuliner Bandung seperti magnet bagi para wisatawan, bikin nagih. Banyak kafe yang menawarkan berbagai macam  kreasi kuliner khas Bandung, dengan lokasi dan desain kafe yang nyaman dan asyik, membuat wisatawan semakin betah di kota ini.

Berbagai macam makanan dan jajanan baru bermunculan di Kota Kembang ini, namun beberapa jenis makanan khas kota ini tetap terfavorit dan tak kalah bersaing dengan makanan/jajanan kreasi baru. Kuliner khas yang tetap hits dari dulu sampai saat ini. Ada sekitar lima makanan khas Kota Bandung yang tak lekang oleh waktu, menurut saya.

Inilah lima makanan khas Kota Bandung favorit :

1. Batagor

Makanan yang terdiri dari siomay dan tahu goreng lalu dicampur dengan bumbu kacang dan kecap ini, yang sangat diminati dari lima makanan khas Kota Bandung. Tak hanya dengan bumbu kacang, batagor Bandung juga bisa dengan kuah bening ditambah dengan bawang seledri dan sambal, wah mantap. Batagor sejak dulu sampai sekarang peminatnya tak pernah berkurang. Ini terlihat dari banyaknya pedangang batagor di kota Bandung, baik di pinggir jalan, kaki lima bahkan sampai kafe dan resto selalu tersedia menu ini. Ada beberapa nama brand batagor yang terkenal di Bandung, seperti; Batagor Ihsan, Batagor RiRi, atau Batagor Darto. Tentunya dengan ciri khas masing-masing yang berbada, apakah itu dari rasa, tekstur, bahkan bumbunya.

2. Baso Tahu

Lima Makanan Khas Kota Bandung

Tak jauh dengan batagor, menggunakan bumbu kacang dan kecap sebagai sausnya. Namun, baso tahu lebih beraneka ragam tidak hanya siomay dan tahu, ada kol, telur, tahu putih, tahu coklat, dan pare, proses pembuatannya dikukus. Baso tahu sejak dulu sampai sekarang pesonanya tidak pernah pudar dari para pecinta jajanan Bandung. Banyak ditemui pedangan baso tahu di sekitaran kota Bandung, jadi jangan takut nggak kebagian yaa, hihi.

3. Mie Kocok

Kalau kuliner yang satu ini kuahnya bikin nampol, seger-seger gimana gitu. Apalagi kalau dimakannya waktu cuaca sedang dingin, Bandung yang sudah sejuk diguyur, hujan makin mantap makan mie kocok ini. Mie kocok khas Bandung terdiri dari mie kuning, toge dan kikil, ditambah kuah dengan bumbu sederhana khas Bandung yang bikin nagih karena segar banget.

Lima Makanan Khas Kota Bandung

4. Seblak

Beberapa tahun terakhir, kuliner seblak Bandung mulai booming. Padahal makanan ini ada sejak dulu lho. Ada cerita singkat dari mama saya, bahwa dulu seblak itu adalah makanan yang memalukan. Pasalnya, makan seblak adalah pilihan terakhir ketika tidak ada makanan lagi atau sedang tidak punya uang. Karena seblak makanan murah, hanya kerupuk disayur. Dulu, makan seblak harus ngumpet-ngumpet karena malu. Jauh berbeda dengan zaman sekarang ya, makanan yang dulu katanya memalukan sekarang jadi makanan hits yang diincar para pecinta kuliner. Kini, berbagai macam kreasi dan jenis seblak dijual dengan harga yang tak terbilang murah. Sekarang, tidak ada orang yang malu makan seblak. Bahkan, seblak selalu eksis di media sosial.

5. Surabi

Siapa yang kenal dengan surabi? Makanan khas Bandung ini juga, dari dulu sampai sekarang masih eksis. Kini surabi sudah banyak dikreasikan dan mengikuti zaman, sehingga banyak macamnya. Dulu toping surabi hanya beberapa macam saja, diantaranya ; surabi oncom dan surabi polos dengan ditambah air gula merah sebagai pelengkap. Sekarang, ada berbagai macam surabi dengan topping surabi keju coklat, surabi duren, surabi greentea, surabi telor kornet, surabi sosis dan masih banyak lagi.

Lima Makanan Khas Kota Bandung

 

Nah, teman-teman pecinta kuliner dan berencana berwisata ke Kota Kembang, wajib mencicipi lima makanan khas Kota Bandung yang tak lekang oleh waktu ini ya.

***

Lima Makanan Khas Kota Bandung yang Tak Lekang oleh Waktu merupakan post trigger #KEBloggingCollab dari kelompok Dian Sastro yang ditulis oleh Hikmah Khaerunnisa.

Hikmah Khaerunnisa, emak blogger yang tinggal di Bandung dan penulis di blog www.hikmahnisa.wordpress.com
IG : @hikmah_nisa
Fb : Hikmah Khaerunnisa
Twitter : @hikmahnisa_